Persiapkan 6 Hal Ini untuk Sambut Liburan Akhir Tahun

Kamis, 17 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Persiapkan 6 Hal Ini Untuk Sambut Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi traveling ke luar negeri ( youmatter )

Ladiestory.id - Menyambut akhir tahun, tentunya kamu sudah mempersiapkan berbagai destinasi tujuan yang ingin dikunjungi bersama dengan oang-orang terkasih. Liburan di penghujung tahun ini tentunya harus dikemas dengan berbagai persiapan yang matang agar liburan terasa seru dan menyenangkan.

Tak ada salahnya jika kamu mempersiapkan segala keperluan liburan jauh-jauh hari agar hasilnya lebih matang. Ladies, supaya liburanmu aman dan nyaman, kamu pun bisa mempersiapkan 6 hal ini dari sekarang. Berikut di antaranya.

Siapkan List Destinasi Tujuan

Ilustrasi membuat to do list. (Special)

Kamu pasti memiliki destinasi tujuan impian yang sudah lama ingin dikunjung bersama sahabat, kerabat, keluarga, bahkan orang terkasih dalam hidupmu. Kamu bisa membuat list destinasi tujuan mulai dari tempat penginapan, tempat makan atau café, tempat berbelanja, tempat wisata, hingga mengunjungi spot-spot unik yang kamu inginkan.

Nah, agar semuanya tersusun sesuai dengan rencana, kamu juga bisa mencari tahu rekomendasi tempat yang akan dikunjungi melalui media sosial, agent travel, review akomodasi, YouTube Vlog, maupun google search yang bisa menjadi referensimu.

Pelajari Bahasa dan Budaya

Ilustrasi belajar. (Special)

Hal lain yang perlu kamu pahami ketika berkunjung ke negeri orang ialah dengan mempelajari bahasa dan budaya daerah setempat. Jangan sampai kamu membawa hal buruk yang bisa merusak citra dan representasi negaramu hanya karena tidak menghormati dan tidak memahami adat istiadat setempat.

Mulai dari sekarang, kamu bisa mempelajari bahasa dan budaya secara perlahan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami culture shock ketika mengunjungi tempat asing yang belum pernah kamu datangi sebelumnya.

Siapkan Dokumen Penting

Barang bawaan saat traveling. (Special)

Saat hendak pergi berlibur, hal penting yang bisa kamu persiapkan ialah dokumen-dokumen penting data diri, seperti passport, KTP, hingga visa. Ketika kamu berada di luar negeri, usahakan dokumen-dokumen penting ini tidak tercecer dan hilang karena akibatnya bisa saja fatal. Kamu pun bisa menyiapkan tempat khusus untuk dokumen-dokumen pentingmu agar dikemas lebih rapi dan aman.

Atur Budgeting

Ilustrasi Budget. (Special)

Hal penting selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan ialah mengatur budgeting. Kamu juga bisa mempersiapkan berapa lama kamu akan tinggal di negeri orang dan menyusun daftar keuangan selama berada di sana. Hal ini juga akan membantumu untuk menyesuaikan kebutuhan selama liburanmu nanti.

Mulai sekarang kamu bisa menyusun anggaran keuangan yang kamu miliki untuk memperkirakan semua biaya penginapan, transportasi, makan, hingga belanja. Kamu juga bisa memanfaatkan promo bank dan voucher-voucher belanja supaya dapat meminimalisir pengeluaran yang lebih besar ketika berlibur.

Perhatikan Perubahan Musim

Ilustrasi traveling. (Special)

Saat hendak pergi berlibur khususnya ke tempat destinasi yang jauh atau berkunjung ke belahan negara lain, kamu juga bisa memperhatikan kondisi cuaca ketika berlibur nanti.

Dengan cara ini, kamu pun akan lebih mudah menyesuaikan outfit yang harus kamu bawa saat berpergian dan mengunjungi destinasi tujuan. Pastinya, hal ini akan membuatmu jauh lebih aman dan nyaman menggunakannya.

Bawa Perlengkapan Secukupnya

Barang bawaan wajib saat travelling. (Special)

Ladies, agar liburanmu tetap nyaman dan anti ribet, kamu juga bisa membawa perlengkapan barang selama berlibur sesuai dengan kebutuhan dan secukupnya saja. Agar segala sesuatunya dapat dipersiapkan dengan baik, kamu juga bisa membuat list barang bawaan yang dapat disesuaikan dengan waktu liburanmu.

Supaya lebih minimalis, kamu juga bisa membawa barang-barang yang dikemas dengan travel size seperti skincare, alat mandi, dan parfum. Selain praktis dibawa, tentunya dapat menghemat bagasi transportasi dan space pada koper atau tas travelmu.

s