Siapkan Sejak Dini! Ini 5 Cara Mengelola Uang Sebelum Usia 30-an

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Siapkan Sejak Dini! Ini 5 Cara Mengelola Uang Sebelum Usia 30-An

Ilustrasi Mengatur Keuangan (pinterest)

Ladiestory.id - Quarter life crisis, keinginan untuk memiliki pekerjaan yang terjamin di usia muda, ingin memiliki rumah, menikah dan lain sebagainya adalah beberapa fase kehidupan yang sedang dihadapi banyak orang.

Tentunya impian itu pun tak luput dari bagaimana caramu dalam mengelola keuangan sebelum memasuki usia 30-an. Akan ada masa dimana kamu ingin menikmati masa-masa tuamu dengan hasil jerih payah yang telah kamu miliki tanpa harus menunggu hasil pemberian dari orang tua. Supaya tidak menyesal kemudian, coba lakukan 5 cara mengelola keuangan ini sebelum memasuki usia 30-an.

Rutin Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Rutin Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran (pinterest)

 

Jangan malas membuat catatan rutin harian keuangan, baik itu sebagai pemasukan maupun pengeluaranmu. Tentunya, kebiasaan baik ini sangat membantumu untuk mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran rutin yang kamu lakukan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu dapat memangkas pengeluaran yang tidak sepenuhnya kamu butuhkan. Kamu bisa simpan sebagai dana asuransi kesehatan, tabungan, dana untuk berkunjung ke tempat liburan impian, bahkan dana darurat tak terduga.

Siapkan Dana Darurat Sejak Dini

Siapkan Dana Darurat Sejak Dini (pinterest)

 

Yup, enggak akan ada habisnya jika selalu membicarakan dana darurat. Jika ditanya apakah dana darurat itu penting? Tentu, jawabannya adalah sangat penting. Jika biasanya kamu hanya mengandalkan gaji untuk memenuhi segala kebutuhan hidupmu, maka sejak dini kamu harus bisa menerapkan pos-pos keuangan supaya enggak kebablasan.

Jangan sampai uangmu justru selalu habis sebelum akhir bulan. Pasalnya, kita enggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Dana darurat tentunya dapat digunakan sebagai backup tabungan, bahkan sebagai dana mendesak yang enggak bisa diprediksi sebelumnya. Bisa saja kamu mengalami PHK, sakit, kecelakaan, terlilit hutang atau masih banyak hal tak terduga lainnya. Maka dari itu, selalu sisihkan gajimu serta pisahkan dana darurat ke dalam rekening khusus.

Siapkan Asuransi dan Investasi

Siapkan Asuransi dan Investasi (pinterest)

 

Asuransi dan investasi ibarat sebuah kendaraan yang akan membantu seseorang untuk mencapai tujuan keuangan. Contoh tujuan keuangan seperti mempersiapkan dana kesehatan, dana pendidikan anak, pembelian rumah atau dana untuk berlibur. Maka dari itu, perlunya untuk melek asuransi dan investasi untuk jangka panjang yang pastinya sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan ketika memasuki usia 30-an.

Siapkan Dana Pensiun

Siapkan Dana Pensiun (pinterest)

 

Selain tabungan, kamu juga harus menyiapkan dana pensiun sejak dini. Enggak perlu harus menunggu usia 30-an, sejak dini pun kamu bisa menyiapkannya, lho. Selalu sisihkan setiap gajimu per bulannya, baik itu 10 persennya saja. Lama-kelamaan, tanpa kamu sadari, dana pensiunmu pun akan meningkat.

Miliki Dana untuk Donasi

Miliki Dana untuk Donasi (pinterest)

 

Hidup ini tak segalanya untuk mengejar dunia. Kamu juga bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Percayalah, dengan berbagi ataupun bersedekah, uangmu enggak akan habis kok! Justru hal itu akan menjadi keberkahan bagimu, bahkan akan digantikan lebih dari Yang Maha Kuasa.

Selain itu, donasi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah. Misalnya dengan berbagi makanan dan rezeki yang kamu miliki kepada tetangga, keluarga bahkan orang-orang di luar sana yang kurang beruntung. Saat ini pun, sudah banyak platform digital yang memudahkan untuk berbagi sumbangan dan donasi supaya lebih tepat sasaran. Kamu pun bisa mencobanya dengan mudah.

Nah, itu dia 5 cara mengelola keuangan sebelum memasuki usia 30-an yang bisa kamu lakukan sejak sekarang. Semoga bermanfaat!

s