5 Pertanyaan saat Kumpul Keluarga di Hari Raya Lebaran

Sabtu, 7 Mei 2022 | 10:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

5 Pertanyaan Saat Kumpul Keluarga Di Hari Raya Lebaran

Ilustrasi makan saat lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Ketika hari raya tiba, pasti banyak orang yang akan mudik atau pulang ke kampung halamannya. Tepat di hari raya, biasanya sanak saudara baik dekat maupun jauh akan berkumpul di salah satu rumah orang tua atau orang yang dituakan dalam keluarganya. Oleh karena itu, tidak heran apabila hari raya lebaran dianggap sebagai waktu spesial bagi umat muslim.

Namun setiap momen di hari raya, selalu terjadi interaksi yang bermacam-macam topiknya. Momen tersebut sebagai bentuk kepedulian antar saudara. Kamu akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari anggota keluarga lain mengenai apa saja yang bersangkutan dengan kehidupan pribadimu..

Saat menghadapi pertanyaan dari sanak saudara, Kamu bisa memberikan jawaban apa adanya sesuai keadaanmu. Meski seperti sedang di wawancara, Kamu dan sanak saudara akan menjadi lebih dekat. Jangan khawatir, sebab Kamu juga bisa memberikan beberapa pertanyaan kepada sanak saudara. dengan bergitu, silaturahmi yang terjalin akan menjadi lebih sempurna.

Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat kumpul bersama di hai raya, apa saja?

Mudik

Ilustrasi keluarga muslim rayakan lebaran. (Special)

Biasanya ketika hari raya lebaran, Kamu akan berkumpul bersama sanak saudara untuk acara bermaaf-maafan dan bersilaturahmi. Lalu pasti ada yang akan bertanya mengenai perjalanan mudik, seperti "Mudik naik apa?" hingga "Bagaimana perjalanan mudiknya?". Pertanyaan seperti itu pasti sering dilontarkan oleh sanak saudara, bukan?

Selain itu, pertanyaan tersebut tergolong sederhana. Kamu dapat bertanya atau menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah sebagai pembuka pembicaraan dengan sanak saudara. Dengan begitu, keakraban akan semakin erat satu sama lain.

Hari Libur

Ilustrasi hari lebaran. (Special)

Saat Kamu pulang kampung atau mudik, pasti akan bertanya atau ditanya "Mau di rumah berapa hari?", "Pulangnya kapan?" hingga "Liburnya sampai kapan?". Pertanyaan seperti itu pasti sudah sangat familiar di telinga Kamu. Apalagi ketika Kamu sedang berkumpul di acara keluarga saat hari raya lebaran.

Pasti sering sekali salah satu anggota keluarga yang bertanya seperti itu. Hal itu dikarenakan libur satu dengan yang lain berbeda-beda bergantung dengan kebijakan di mana Kamu dan sanak saudara bekerja.

Rencana Liburan

Ilustrasi komunitas perempuan muslim. (Special)

Berkaitan dengan hari libur, pertanyaan mengenai rencana liburan akan mengiringi. Setelah menjalankan acara keluarga saat hari raya lebaran, Kamu atau sanak saudara berkeinginan melakukan refreshing. Salah satu refreshing yang sering dilakukan oleh beberapa keluarga adalah liburan.

Ketika mudik, akan lebih seru jika mengajak keluarga besar berlibur bersama. Menghabiskan waktu dengan keluarga besar pasti akan menjadi momen yang paling berkesan dan berharga.

Jadi tidak ada salahnya jika salah satu anggota keluarga menanyakan rencana liburan. Siapa tahu Kamu atau sanak saudara memiliki ide untuk mengajak liburan bersama ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Kabar

Ilustrasi perempuan muslim berbelanja. (Special)

Sepertinya sangat aneh jika Kamu tidak mendapatkan pertanyaan mengenai kabar ketika sampai di kampung halaman. Hal ini termasuk satu dari sekalian pertanyaan yang sering dilontarkan oleh Kamu atau sanak saudara.

Bahkan ada yang beberapa menanyakan "bagaimana sekolahnya?" Atau "Bagaimana pekerjaannya?". Ini semua sebagai bentuk rasa peduli keluarga lain terhadap kamu. Jadi saat mendapatkan pertanyaan seperti itu jangan gugup, jawablah dengan tenang dan apa adanya. 

Kesibukan

Ilustrasi turis muslim di restoran Korea. (koreaherald.com)

Selain menanyakan kabar, Kamu juga akan mendapatkan pertanyaan mengenai kesibukan. Biasanya seseorang akan menanyakan hal seperti itu, karena ingin mengenal anggota keluarganya. Selain itu, dengan menanyakan pertanyaan tersebut, siapa tahu Kamu atau sanak saudara juga termotivasi melakukan hal yang sama.

Nah, ketika berkumpul saat hari raya lebaran, pertanyaan mengenai kesibukan pasti akan Kamu dapatkan. Ingatlah, pertanyaan tersebut tidak memiliki maksud lain, mereka yang menanyakan hanya ingin tahu saja. Siapa tahu jika Kamu mendapatkan masalah di tengah-tengah kesibukan, saudaramu dapat membrikan solusinya.

s