6 Perubahan Drastis Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang

Senin, 25 April 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

6 Perubahan Drastis Kerusakan Bumi Dulu Dan Sekarang

Ilustrasi hari bumi (Special)

Ladiestory.id - Tagar #LettheEarthBreath banyak menghiasi media sosial akhir minggu lalu. Langkah kecil untuk menjadikan Bumi lebih sehat sudah mulai diserukan oleh sejumlah akun.

Salah satu upaya yang sempat viral beberapa waktu lalu adalah ajakan untuk mulai menghapus email yang memenuhi kotak masuk. Padahal, belum ada riset lebih lanjut terkait hubungan menghapus email dengan menjaga Bumi hingga sekarang.

Cuitan #LettheEarthBreath tersebut adalah peringatan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April tiap tahunnya. Tidak hanya tagar tersebut, Google juga merilis foto perbandingan Bumi saat ini dengan 20 tahun yang lalu pada peringatan Hari Bumi. Hasil yang menunjukkan perbedaan drastis Bumi dalam waktu dua dekade berhasil membuat publik merasa miris.

Sebetulnya, tidak hanya Google yang merilis foto tersebut, tapi internet pun sudah banyak menyebar potret dari perbedaan signifikan yang dialami Bumi. Dengan adanya potret tersebut, setidaknya manusia dapat mendapatkan pengingat jika ia harus dapat selalu menjaga Bumi dari kerusakan.

Berikut bebebrapa tempat yang dapat Kamu lihat perbedaannya antara bumi dahulu kala dengan keadaan bumi sekarang ini. Parahnya, bumi dengan dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Pedersen Glacier, Alaska

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Pada 1917 dan 2005 lah kondisi kedua foto di atas diambil. Foto tersebut diambil di Pedersen Glacier, Alaska. Diketahui jika Pedersen Glacier, Alaska masih diselimuti es tebal di awal 1900-an. Tidak hanya itu, permukaannya pun juga tampak ditutupi oleh bukit es. Tapi, Pedersen Glacier, Alaska sudah berubah menjadi padang rumput karena hampir seluruh esnya mencair pada 2005.

Danau Oroville, California

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Perubahan drastis pada Danau Oroville, California terjadi dalam kurung waktu kurang dari sepuluh tahun. Pada Juli 2010, foto di sebelah kiri diambil dan pada Agustus 2016, foto di sebelah kanan diambil.  Danau tersebut berubah menjadi sangat kering dengan aliran air yang tidak banyak dalam kurun waktu 6 tahun.

Kabar baiknya, Danau Oroville sudah kembali terisi pada Januari 2022. Meskipun pernah mengalami kekeringan yang parah, danau ini kembali mempunyai debit air yang cukup sampai dapat menjalankan PLTA di sana pada awal 2022.

Carroll Glacier, Alaska

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Foto ini diambil di Carroll Glacier, Alaska. Foto kiri diabadikan pada Agustus 1906 sedangkan foto kanan diabadikan pada September 2003. Carrol Glacier yang tertutup air dan es perlahan mulai mengering dan mencari dalam kurun waktu hampir 100 tahun. Saat ini, Carroll Glacier sudah kehilangan esnya sama sekali dan hanya memiliki sedikit air.

Danau Powell, Arizona

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Danau Powell, Arizona tampak lebih gelap dengan aliran air yang tidak cukup banyak pada Maret 1999. Bahkan, Kamu dapat melihat aliran air yang berkelok ketika memperhatikannya dari udara. Akan tetapi, air sungai di sekitar danau tersebut perlahan-lahan mulai mengering di bulan Mei 2014.

Bear Glacier, Alaska

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Bear Glacier, Alaska masih ditutupi oleh salju yang lebat pada Juli 1909. Tidak hanya itu, tidak ada satupun tanaman yang bisa hidup di sini. Tapi, semua es jadi mencair pada Agustus 2005. Setelahnya, danau disitu menjadi kering dan banyak ditumbuhi oleh pepohonan.

McCarty Glacier, Alaska

Perbedaan Kerusakan Bumi Dulu dan Sekarang (Special)

Perbukitan McCarty Glacier, Alaska diselimuti masih diselimuti es yang sangat tebal pada Juli, 1999. Yang mengejutkan, perbukitan lain yang terletak dibelakangnya menjadi tidak dapat terlihat karena dihalangi oleh es. Seluruh es diberitakan mencair pada Agustus 2004. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kenaikan debit air dan pegunungan berubah warna menjadi hijau.