5 Pesan Moral dari Film "Balada Si Roy"

Selasa, 31 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Pesan Moral Dari Film "Balada Si Roy"

Balada Si Roy. (Special)

Ladiestory.id - Film "Balada Si Roy" akhirnya resmi ditayangkan di bioskop Indonesia pada 19 Januari 2023. Film yang dibintangi oleh Abidzar Al-Ghifari ini merupakan film yang diadaptasi dari novel legendaris karya Gol A Gong. Film ini bukan hanya bercerita tentang kisah cinta seorang remaja saja, namun ada banyak aspek kehidupan yang diceritakan dalam film ini.

Ada banyak konflik yang muncul dalam film ini, seperti konflik personal, keluarga, bahkan konflik sosial yang terjadi sekitar 1980-an. Nah, dari konflik yang terjadi tersebut, ada pesan moral yang disampaikan oleh film ini yang bisa kamu jadikan pelajaran. Ladiestory.id telah merangkum lima pesan moral dari film "Balada Si Roy".

Menyayangi Orang Tua

Balada Si Roy. (Special)

Film yang diproduksi oleh IDN Pictures ini punya banyak pesan moral, salah satunya adalah menyayangi orang tua. Sudah sepantasnya hal tersebut dilakukan oleh seorang anak kepada orang tuanya. Karena orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan sang anak. 

Orang tua yang mengajari sang anak tentang banyak hal, termasuk belajar berjalan, berkomunikasi, dan belajar beretika. Tak hanya itu, orang tua juga rela melakukan pengorbanan bagi anak-anaknya. 

Jadi, menyayangi orang tua adalah hal yang wajib dilakukan. Sama halnya yang dilakukan oleh tokoh Roy yang begitu menyayangi orang tuanya. 

Jangan Kecewakan Orang Tua

Balada Si Roy. (Special)

Pesan moral selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari film "Balada Si Roy" ini adalah jangan membuat orang tua kecewa. Orang tua telah memberikan banyak cinta dan pengorbanan pada sang anak. Maka, anak juga wajib untuk membahagiakan dan menyayangi orang tua.

Namun terkadang tanpa disadari, seorang anak melakukan tindakan yang justru melukai perasaan dan menimbulkan kekecewaan bagi orang tua. 

Nah, setelah menonton film "Balada Si Roy", kamu akan mendapatkan banyak pelajaran berharga. Kamu akan merasa lebih menyayangi orang tua dan tidak akan berani membuat mereka kecewa. 

Pertengkaran Tidak Menyelesaikan Masalah

Balada Si Roy. (Special)

Selain konflik dalam keluarga, film ini juga menghadirkan konflik yang terjadi antara Roy dengan lingkungan sekitarnya. Banyak hal yang menyebabkan konflik tersebut dapat terjadi. Mulai dari adanya kesalahpahaman dan muncul ketidaksukaan dengan sikap orang lain.

Untuk menyelesaikan setiap konflik yang terjadi, pertengkaran bukanlah pilihan yang tepat. Belajar dari film ini, pertengkaran bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah namun justru akan membuat masalah menjadi lebih rumit. 

Belajar Menerima Penolakan

Balada Si Roy. (Special)

Dalam kehidupan, kamu tentu akan berinteraksi dengan banyak orang. Namun, tidak semua interaksi yang kamu lakukan dapat berjalan mulus tanpa hambatan. Terkadang, terjadi juga penolakan dari lingkungan sekitar. Cara menyikapi penolakan tersebut adalah dengan menerimanya secara lapang dada.

Tak perlu menyimpan dendam atas penolakan tersebut yang dapat mengakibatkan keinginan untuk balas dendam. Jika kamu menonton film "Balada Si Roy" ini secara detail, maka kamu akan mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga yaitu tentang belajar menerima penolakan dari lingkungan sekitar. 

Berani Bersuara

Balada Si Roy. (Special)

Tokoh Roy yang ada dalam film "Balada Si Roy" ini memberikan pelajaran kehidupan yang sangat berharga. Roy merupakan seorang pemuda yang berani bersuara dan membela orang yang tertindas. Setelah menonton film ini, kamu juga bisa mengikuti jejak si Roy untuk membela orang yang ditindas di lingkungan sekitarmu.

Kamu bisa memberikan pertolongan kepada orang tersebut, dan jangan biarkan orang tersebut terus menerus terkurung dalam rasa ketakutan. 

Ladies, itulah lima pesan moral dari film "Balada Si Roy". Jadi, film ini bukan hanya film cinta remaja saja, namun ada banyak pesan moral yang bisa kamu jadikan pelajaran dalam hidup. Tertarik untuk menontonnya?