Polemik Hak CFW, "Created by The Poor, Stolen by The Rich" Trending

Senin, 25 Juli 2022 | 19:50:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Polemik Hak Cfw, "Created By The Poor, Stolen By The Rich" Trending

Citayam Fashion Week. (Special)

Ladiestory.id - Nama Baim Wong dan Paula Verhoeven tengah ramai menjadi perbincangan publik. Hal ini dikarenakan perusahaan milik Baim Wong, PT Tiger Wong, dikabarkan mendaftarkan hak paten Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). 

Tindakan Baim Wong itu menuai banyak reaksi dari masyarakat. Banyak yang tidak setuju dengan tindakan itu karena merasa bahwa Baim Wong tidak memiliki hak atas kegiatan tersebut.

Tak hanya masyarakat biasa, bahkan beberapa tokoh ikut menyuarakan keresahannya terhadap isu tersebut. Ernest Prakasa dan Ridwan Kamil diketahui telah menyampaikan pendapat mereka mengenai pendaftaran hak CFW di bawah perusahaan Baim Wong itu. Mereka berpendapat bahwa tidak seharusnya kegiatan itu dikomersilkan. 

Hal ini pun kemudian trending di Twitter. Warganet menggunakan slogan “Created by the poor, stolen by the rich (dibuat oleh si miskin, dicuri oleh si kaya)” untuk menggambarkan kondisi mengenai isu ini.

Pasalnya, fenomena CFW sedari awal dijadikan oleh komunitas remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) sebagai tempat berekspresi mereka. Bahkan, mereka tidak pernah membuat fenomena tersebut sebagai ajang untuk mencari uang. Mereka semata-mata hanya menyalurkan hobi dalam menunjukkan fashion jalanan.

Berikut beberapa cuitan warganet dalam menanggapi isu terhangat ini.

“definisi created by the poor, stolen by the rich ga sih. udah ga seru lagi kalo orang2 onoh pada latah buat ikutan,” tulis akun @lsngmyslf12.

Created by the poor. Stolen by the rich . Pesta rakyat kecil yang jadi panggung orang kaya. Apalagi jamannya ikut-ikutan konten viral,” tulis akun @Dii3733.

“Semua tentang uang dan bisnis, dasar kapitalisme. Created by the poor, stolen by the rich. Harusnya kamu malu!” tulis akun @adenoviyanto95.

Dari cuitan-cuitan tersebut, terlihat warganet mengecam tindakan yang dilakukan oleh Baim Wong tersebut. Namun, hingga kini masih belum ada kabar jika Baim Wong akan menarik pendaftaran hak paten CFW itu.