Profil Dorce Gamalama, Artis Indonesia yang Meninggal di Usia 58 Tahun

Rabu, 16 Februari 2022 | 17:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Profil Dorce Gamalama, Artis Indonesia Yang Meninggal Di Usia 58 Tahun

Dorce Gamalama. (Special)

Ladiestory.id - Dorce Gamalama atau yang akrab disapa Bunda Dorce menutup usia hari ini (16/2/2022). Mengembuskan napas terakhir di RS Pusat Pertamina, Simprug, Jakarta, pembawa acara kondang ini dikabarkan meninggal karena Covid-19.

Selain itu, seperti yang sudah diketahui bahwa Dorce Gamalama memang telah mengidap beberapa penyakit sebelumnya. Salah satunya diabetes yang diketahui pada Oktober 2021 silam. Penyakit tersebut akhirnya merusak organ lainnya seperti jantung, saraf, dan ginjal.

Untuk mengenang almarhum Bunda Dorce, yuk simak profil Dorce Gamalama.

Profil Dorce Gamalama yang Multitalenta

Dorce Gamalama. (Special)

Lahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi atau yang lebih kita kenal dengan Dorce Gamalama. Salah satu artis kawakan Indonesia ini lahir di Solok, Sumatera Barat, 21 Juli 1963.

Lahir dari pasangan Achmad dan Dalifah, Dorce tumbuh dan berhasil menjadi artis multitalenta. Terbukti Dorce Gamalama pernah menjadi peran utama di film Indonesia lawas.

"Akting juga main film Dorce Sok Akrab, Dorce Ketemu Jodoh," kata Dorce menyebutkan judul film tersebut, dilansir berbagai sumber

Tak hanya mahir dalam berakting, dirinya juga piawai dalam melantunkan lagu. Bahkan tak hanya menyanyikan satu genre musik saja. Hampir semua genre seperti cha-cha, jazz, rock, pop, bahkan dangdut disikat habis oleh Dorce.

Seorang Dorce Gamalama pun sudah mengeluarkan beberapa lagu hingga album. Single pertama yang dirilisnya bertajuk Cinta Kendur di Jalan.

Nah, lagu yang menjadi salah satu favoritnya adalah Dwi Tunggal Proklamator. Hal ini pun diakuinya secara pribadi dalam sebuah video pada channel YouTube milik Atta Halilintar.

"Lagu Bung Karno, Dwi Tunggal," kata Dorce Gamalama dikutip berbagai sumber.

Bahkan dirinya sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai MC pada tahun 1990 silam.

Asal Muasal Nama Dorce Gamalama

Dorce Gamalama. (Special)

Sepertinya bukan menjadi rahasia umum lagi jika Dorce lahir dengan jenis kelamin laki-laki. Namun pada 1983, dirinya resmi menjadi perempuan. Kala itu Dorce memutuskan untuk operasi ganti kelamin di Surabaya.

Namun tahu kah Kamu dari mana asal nama Dorce? Kala itu, Dorce memimpin tari waria di Fantastic Doll. Akhirnya sang teman yang bernama Myrna memanggil Dedi Yuliardi Ashadi dengan nama Dorce. Memang awalnya dia memakai nama Dorce Ashadi, namun akhirnya mengubah nama belakang menjadi Gamalama.

Gamalama diambil dari sebuah gunung di Ternate. Dorce pernah menggungkapkan jika nama belakangnya didapat dari ritual khusus. Bahkan nama tersebut harus direstui oleh Sultan Ternate.

"Dulu untuk bisa ke puncak Gamalama, kita harus masuk ke sana sebelum subuh dan mengambil air wudhu, untuk naik ke atas pun kita perlu ijin lebih dulu. Tidak sembarangan untuk bisa ke sana. Kalau kita tidak direstui kita tidak bisa ke sana. Dan di tengah-tengah itu ada air suci yang disebut Abdas. Kalau kita tidak dapat ridho air itu tidak bisa keluar. Ini ajaib," tutur Dorce, dilansir berbagai sumber.

Perjalanan Karier Dorce

Dorce Gamalama. (Special)

Siapa sangka nama Dorce membawa rezeki tersendiri bagi pribadi Dedi Yuliardi Ashadi. Pasalnya usai berganti jenis kelamin dan mengubah namanya menjadi Dorce Gamalama, artis multitalenta ini mulai kebanjiran job.

Dimulai dengan berkarier di dunia seni peran pada 1989 dan 1990. Dilanjut dengan berkarier di dunia tarik suara. Bahkan Dorce juga mahir menyanyikan lagu dari berbagai bahasa, seperti Inggris, Arab, China, hingga India.

Hingga pada akhirnya, kehidupan sebagai pembawa acara bisa dikatakan sebagai puncak kariernya. Sebab dirinya sempat memiliki sapaan Bunda Dorce.

Kala itu, nama Dorce pun dijadikan judul program acara yang dipandu oleh dirinya sendiri. Ya, salah satu acara yang ditayangkan di televisi swasta yakni Dorce Show pada 2005.

Orang-orang yang menonton tayangan tersebut pasti tidak asing dengan slogan 'Kekurangan milik manusia dan kesempurnaan hanya milik Allah'.

Akibat program acara ini, seorang Dorce Gamalama dijuluki sebagai Oprah Winfrey-nya Indonesia. Kemudian pada 2009, lagi-lagi namanya dijadikan program suatu acara yakni D'Show.

Aktif Kegiatan Sosial

Dorce Gamalama. (Special)

Di tengah kariernya yang memuncak, Dorce tidak sombong. Bisa dikatakan demikian, sebab dirinya aktif di kegiatan sosial. Bahkan dirinya mendirikan yayasan untuk yatim piatu bernama Yayasan Dorce Halimatussa'diyah.

Tak lepas tangan, Dorce sendirilah yang mengurus yayasan tersebut. Bahkan, ribuan anak yatim piatu yang telah disantuni. 

Tak hanya itu, Dorce juga mengadopsi tiga anak, yakni Rizky, Fatimah, dan Khadijah yang akhirnya dianggap seperti anak sendiri. Hingga akhir hayatnya pun Dorce masih mengurus yayasan yang dia dirikan.