Profil Lee Jung Jae “Squid Game”, Pemenang Best Actor di Blue Dragon Series Awards

Jumat, 22 Juli 2022 | 09:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Profil Lee Jung Jae “Squid Game”, Pemenang Best Actor Di Blue Dragon Series Awards

Lee Jung Jae. (Getty Images)

Ladiestory.id - Belum lama ini, ajang penghargaan Blue Dragon Series Awards pertama menjadi pembuktian bagi aktor Korea Selatan, Lee Jung Jae. Ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Actor untuk perannya dalam serial original Netflix yang berjudul "Squid Game".

Seperti diketahui, mengikuti popularitas “Squid Game” yang mendunia, serial bergenre crime dari Netflix tersebut membuat para aktor pendukungnya bak tertimpa durian jatuh, yang mana ikut menjadi populer. Salah satunya tentu saja sang pemeran utama, Lee Jung Jae. 

Sebelum bermain dalam serial “Squid Game”, Lee Jung Jae sebenarnya sudah pernah terlibat dalam beberapa proyek drama dan film yang juga viral. Untuk mengenal lebih jauh sosok Lee Jung Jae, berikut profil lengkapnya.                         

Awal Karier

Lee Jung Jae. (Pinterest)

Lee Jung Jae lahir pada 15 Desember 1972 di Seoul City, Korea Selatan. Dalam ranah pendidikan, ia pernah kuliah di Dongguk University dan meraih gelar master di bidang Seni Teater dan Film pada 2008.

Lee Jung Jae memulai debutnya di dunia hiburan sebagai model pada 1993, sambil bekerja paruh waktu di sebuah kafe. Tak lama kemudian, ia mengembangkan bakatnya ke dunia akting lewat serial pertamanya “Dinosaur Teacher”, masih di tahun yang sama.

Kerap didapuk sebagai pemeran utama dalam berbagai proyek, Lee Jung Jae seakan meraih kesuksesan dengan instan. Saat bermain dalam serial “Feeling” pada 1994, namanya mulai diperhitungkan sebagai aktor ternama. Bahkan, ia juga mendapat ulasan yang positif untuk penampilan pertamanya di layar lebar dalam tajuk “The Young Man" (1994).  

Masa Kejayaan

Lee Jung Jae. (Pinterest)

Kurun waktu 1998 hingga 2006 bisa dibilang sebagai tahun kejayaan dari Lee Jung Jae. Ia bermain dalam film “An Affair (1998)”, yang dinilai sebagai titik awal namanya menjadi jaminan kesuksesan sebuah karya. Hal ini itandai dengan keberhasilannya meraih penghargaan sebagai Best Actor dalam ajang Blue Dragon Film Awards lewat film “City of the Rising Sun” pada 1999.

Seolah mendapat kepercayaan sineas, sejak saat itu ia banyak membintangi film dan serial drama dengan genre yang berbeda-beda. Sebut saja seperti “Il Mare" (2000), “Last Witness" (2001), “Last Present" (2001), “Over the Rainbow" (2002), "Oh! Brothers" (2003) dan "Typhon" (2005).

Informasi menarik bahwa “Il Mare” merupakan film bergenre time travel yang diproduksi ulang oleh Warner Brothers menjadi film Amerika berjudul “The Lake House" yang rilis pada 2006. Untuk versi Amerika, tokoh utama yang diperankan Lee Jung Jae dimainkan oleh aktor populer, Keanu Reeves. “Il Mare” berasal dari bahasa Italia yang berarti “The Sea” yang mengacu pada sebuah rumah di pinggir laut yang menjadi latar tempat utama dari film tersebut.   

Masa Surut Karier

Lee Jung Jae. (Pinterest)

Layaknya roda, kehidupan manusia kadang di atas, kadang di bawah. Begitu pula karier Lee Jung Jae. Periode 2007 hingga 2009 dapat dikatakan menjadi tahun-tahun kemundurannya di dunia seni peran.

Ditandai dengan proyek-proyeknya yang tak lagi mendapatkan rating baik, seperti “Air City" (2007) dan “Triple" (2009). Meski demikian, secara pribadi Jung Jae tetap mengakui bahwa pada periode tersebut, ia juga memiliki karya yang memorable baginya karena berperan dalam film bergenre action comedy yang tak biasa ia ambil, yaitu dalam film sejarah “The Accidental Gangster and the Mistaken Courtesan" (2008).

Era Kebangkitan

Lee Jung Jae. (Special)

Kerap membintangi proyek-proyek penuh penghargaan, membuat kurun waktu sejak 2010 hingga tahun-tahun selanjutnya menjadi masa kebangkitan karier Lee Jung Jae.

Diawali dengan bermain dalam film berjudul “The Housemaid” yang sukses membuatnya dianugerahi Best Actor dalam ajang “Fantasporto Director’s Week”.

Karier akting Lee Jung Jae berlanjut dengan membintangi sederet judul film dan drama, seperti “The Thieves" (2012), “El Fin del Mundo (The End of the World)”, “New World" (2013), “The Face Reader" (2013), “Big March" (2014), “The Assassination" (2015), “Tik Tok" (2016), “Warriors of the Dawn" (2017), “Along with the Gods: The Two Worlds" (2019), “Svaha: The Sixth Finger" (2019), “Chief of Staff" (2019) dan “Deliver Us from Evil" (2020).

Menariknya, sebelum “Squid Game”, Lee Jung Jae kerap meraih penghargaan di lebih dari satu ajang untuk proyek yang sama. Sebut saja lewat “The Face Reader”, membuatnya meraih gelar Best Supporting Actor di 2 ajang bergengsi berbeda, yaitu Blue Dragon Film Awards 2013 dan Baeksang Arts Awards 2014.

Kemudian, pada film “The Assassination" (2015), ia juga meraih predikat sebagai Best Actor pada ajang Buil Film Awards ke-24 dan penghargaan Actor of the Year pada ajang Marie Claire Asia Star Awards ke-3.      

Era “Squid Game” yang Fenomenal

Lee Jung Jae. (Netflix)

Seperti terlahir kembali, sejak membintangi crime survival seriesSquid Game” yang viral, aktor Lee Jung Jae di usianya yang tak muda lagi, kembali memperoleh ketenaran. Tak hanya secara lokal saja, tetapi juga secara global.

Saking viralnya, hanya untuk satu judul serial tersebut, ia banyak mendapatkan penghargaan dan nominasi dalam ajang-ajang bergengsi, baik di Korea maupun internasional.

Ajang-ajang dimana ia mendapat penghargaan, antara lain Asia Artist Awards, Critics’ Choice Television Awards, Independent Spirit Awards, Screen Actors Guild Awards dan tentunya yang paling baru Blue Dragon Series Awards ke-1.

Selain pada events yang sudah selesai dilaksanakan, Lee Jung Jae juga telah masuk sebagai nominasi di ajang penghargaan Primetime Emmy Awards ke-74, yang baru saja menyelesaikan periode penilaiannya pada Mei 2022 lalu. Pelaksanaan ceremony-nya dijadwalkan akan berlangsung pada September 2022 mendatang.

Pada sebuah kesempatan, Lee Jung Jae  pernah mengatakan bahwa sama halnya dengan pecinta “Squid Game”, ia juga sebenarnya tak menduga serial orisinal Netflix ini bakal sukses besar.

Namun, ia meyakini bahwa para penggemarnya senang melihat sisi lain Lee Jung Jae yang tampil comedic, meski tokoh Ki Hoon yang ia mainkan memiliki masalah hidup yang serius.        

Mengikuti kesuksesan “Squid Game”, Lee Jung Jae bahkan telah dilirik luxury brand Gucci sebagai global ambassador-nya pada November 2021. Hal ini seperti mengingatkan publik akan awal karier sang aktor ketika memasuki dunia entertainment.

Sisi Lain Lee Jung Jae

Lee Jung Jae (pinterest.com)

Bertolak belakang dengan tokoh Ki Hoon yang ia perankan dalam serial “Squid Game” yang memiliki latar kehidupan berantakan, di kehidupan nyatanya, Lee Jung Jae diketahui sebagai pria yang sukses.

Tak hanya fokus di karier akting dan dunia model, di luar panggung hiburan ia juga merupakan seorang pengusaha. Lee Jung Jae diketahui memiliki jaringan bisnis restoran Italia di kota Seoul yang diberi nama salah satu judul filmnya “Il Mare”.

Berkat pendidikannya di desain interior, ia juga melebarkan bisnisnya dengan membangun Seorim C&D, sebuah perusahaan pengembang real estate. Seakan tak puas, ia bersama rekan aktornya, Jung Woo Sung, juga mendirikan agency bernama “Artist Company”.

 

Itulah profil dari aktor “Squid Game”, Lee Jung Jae. Seperti dirinya yang berhasil mengangkat kembali karier dan kehidupannya, semoga begitu pula dengan Ladies ya. Semoga bermanfaat!