Profil Rudy Salam, Artis Senior Kakak Roy Marten Tutup Usia

Jumat, 18 November 2022 | 12:06:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Profil Rudy Salam, Artis Senior Kakak Roy Marten Tutup Usia

Rudy Salam. (Special)

Ladiestory.id - Dunia hiburan tanah air tengah berduka, lantaran kehilangan sosok artis senior, Rudy Salam. Kakak kandung Roy Marten tersebut meninggal dunia hari ini, Jumat (18/11/2022), pada usia 73 tahun.

Rudy Salam sendiri merupakan salah satu aktor senior yang populer pada era 80-an. Ia pun telah berkiprah di industri hiburan tanah air sejak lama. Nah, berikut Ladiestory.id merangkum profil Rudy Salam.

Profil Rudy Salam

Rudy Salam. (Special)

Rudy Salam lahir pada 3 Desember 1948 di Salatiga, Jawa Tengah. Pemilik nama lengkap Rudy Sutantio Abdul Salam ini merupakan kakak kandung Roy Marten dan Chris Salam.

Rudy Salam mengawali kariernya sebagai aktor pada 1970-an.  Kala itu ia membintangi film bertajuk “Jakarta Jakarta” yang dirilis pada 1977. Sejak awal kariernya, Rudy Salam telah aktif bintangi deretan judul film. Tercatat, ia telah membintangi tujuh judul film pada tahun yang sama.

Pada tahun-tahun selanjutnya, Rudy Salam kian eksis di dunia perfilman. Sejumlah film populer pada masanya pernah dibintanginya, seperti “Serigala”, “Goyang Dangdut”, “Kisah Cinta Nyi Blorong”, hingga “Garis-Garis Hidup”.

Rudy Salam pun tetap aktif berakting di dunia perfilman pada era 2010-an. Tercatat, ia pernah membintangi film “Mama Cake”, “Garuda Superhero”, hingga “2014: Siapa di Atas Presiden?”.

Selain berkiprah di dunia perfilman, Rudy Salam juga terkenal sebagai bintang sinetron. Karakter yang diperankannya dalam sejumlah sinetron juga dinilai cukup strategis. Adapun sinetron yang pernah dibintangi oleh Rudy antara lain “Ada-Ada Saja”, “Pernikahan Dini”, “Namaku Mentari”, hingga “Kau yang Berasal dari Bintang”.

Rupanya, Rudy Salam juga sempat terjun menjadi pengacara. Ia pun ditunjuk sebagai pengacara Roy Marten dalam kasus narkoba.

Meninggal Dunia

Rudy Salam meninggal dunia di Rumah Sakit Harum, Jakarta Timur hari ini, Jumat (18/11/2022) pukul 06.04 WIB. Kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh Roy Marten dan Gading Marten lewat media sosial.

Ungggahan Roy Marten. (instagram.com/roymarten5213)

"Tuhan yang memberi Tuhan pula yang mengambil telah berpulang kerumah Bapa disurga tertidur dalam keabadian ditempat dimana tdk ada lagi penderitaan dan kesedihan kakakku yang tercinta Rudy salam kekallah kenanganmu,” tulis Roy Marten di Instagram.

s