Program “Easy Green” Ajak Konsumen Belanja Produk yang Baik untuk Lingkungan

Senin, 25 April 2022 | 20:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Program “Easy Green” Ajak Konsumen Belanja Produk Yang Baik Untuk Lingkungan

Foto: Dinas lingkungan

Ladiestory.id - Memperingati Hari Bumi yang dirayakan setiap 22 April, Unilever dan Lazada memperkenalkan program Easy Green. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar dapat lebih cermat dalam membeli suatu produk, dengan memperhatikan upaya-upaya pelestarian alam yang diusung.

Sejalan dengan purpose Unilever untuk menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah, kemitraan ini menjadi salah satu bentuk upaya Perusahaan untuk menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya peran serta konsumen dalam membantu mengatasi permasalahan lingkungan, dimulai dari diri sendiri, dari kegiatan sehari-hari yang sangat sederhana seperti berbelanja.

Unilever X Lazada. (Spesial)

Pada 2021 lalu, Unilever berdiskusi dengan sejumlah digital eco-friendly shoppers di Asia Tenggara yang memiliki kepedulian lebih terhadap lingkungan. Salah satu kekhawatiran mereka ketika berbelanja online adalah tidak tersedianya ‘label hijau’ yang memadai bagi produk-produk yang lebih ramah lingkungan, misalkan yang menggunakan lebih sedikit plastik. 

Berangkat dari hal tersebut, Unilever menginisiasi penggunaan label “Easy Green” untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk yang lebih ramah lingkungan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup konsumen. 

“Inisiatif dalam hal mengedukasi konsumen untuk lebih cermat memiih produk bukan pertama kalinya dilakukan Unilever. Kali ini, bersama Lazada kami menyelenggarakan program ‘Easy Green’ untuk memudahkan konsumen mengenal produk serta upaya kami  terkait pelestarian lingkungan, yang sejalan dengan cita-cita kami untuk menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari’ (Clean Future)”. Ujar Kevin Stefano, Head of Homecare E-Commerce Unilever Indonesia.

Unilever X Lazada. (Spesial)

Untuk mewujudkan ambisi besar tersebut, Unilever bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan e-commerce yaitu Lazada.  Unilever berharap konsumen Lazada di berbagai negara di Asia Tenggara bisa lebih cermat dalam memilih produk dan akhirnya bisa memiliki visi yang sama dengan untuk membantu mengatasi permasalahan lingkungan dan menciptakan masa depan yang bersih untuk kita semua

“Lazada sangat bangga mengumumkan kolaborasi dengan Unilever yang juga memiliki semangat kuat dalam mengambil tindakan nyata untuk melindungi planet tercinta kita, di tengah rangkaian kampanye LazEarth yang menyoroti upaya berkelanjutan partner setia kami di LazMall ini," ujar James Chang, Chief Business Officer, Lazada Group.

"Komitmen utama Lazada adalah ‘customers first’, oleh karenanya dengan semakin beragamnya produk dan pilihan yang tersedia secara online, kami berharap para konsumen cerdas dapat lebih mudah mengidentifikasi dan berbelanja produk ramah lingkungan yang juga terbuka mengenai siklus hidup dari produknya. Kemitraan ‘Easy Green’ adalah langkah yang signifikan menuju tujuan kolektif jangka panjang kami dalam menyediakan pengalaman belanja online yang lebih komprehensif bagi pembeli Lazada,” tutupnya.