Inisiasi Program UniLead, Unilever Indonesia Bekali 5 Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:33:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Inisiasi Program Unilead, Unilever Indonesia Bekali 5 Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Stevano Ryan Oliver Yap. (Special)

Ladiestory.id - Unilever Indonesia resmi menginisiasi UniLead, program beasiswa dan pemberdayaan bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Program ini diberikan pada lima mahasiswa penyandang disabilitas berprestasi sebagai salah satu upaya menuju terciptanya masyarakat Indonesia yang lebih setara, beragam dan inklusif.     

“Kami memiliki tiga pilar yang menjadi fokus bagi Unilever Indonesia dalam mengedepankan komitmen terhadap kesetaraan, keberagaman dan inklusivitas, yaitu: (1) Kesetaraan Gender, (2) Kesetaraan untuk Penyandang Disabilitas, dan (3) Penghapusan Diskriminasi dan Stigma,” ujar Willy Saelan, Direktur Human Resources sekaligus Anggota Board of Equity, Diversity and Inclusion Unilever Indonesia.

Beberapa bentuk dukungan yang diberikan melalui program ini adalah:

  1. Pemberian bantuan dana pendidikan (beasiswa).
  2. Penggalian potensi diri melalui modul kepemimpinan dan pengembangan untuk membentuk talenta yang siap memimpin di masa depan.
  3. Kesempatan mendapatkan exposure untuk mempelajari budaya kerja di Unilever Indonesia melalui program magang.

Program UniLead ditujukan bagi mahasiswa/i penyandang disabilitas yang sedang menekuni studi program S1 di tahun pertama atau kedua, dan akan berlangsung hingga mereka lulus perkuliahan. 

Untuk menciptakan kesetaraan, profil peserta yang tersaring di dalam proses rekrutmen disamakan dengan kriteria yang dipergunakan Unilever Indonesia saat merekrut fresh graduate. Antara lain dalam hal asal universitas, indeks prestasi, kualifikasi dalam pengalaman berorganisasi, keterampilan berkomunikasi, motivasi, kegigihan untuk belajar, hingga ketangguhan mereka dalam menghadapi tantangan. 

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, telah terpilih lima mahasiswa dan mahasiswi berprestasi yang berhak mendapatkan beasiswa dan mengikuti program ini, yaitu: 

  1. Aidan Azkafaro Deson – Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia
    Aidan Azkafaro Deson. (Special)
  2. Athif Zulfikar Adrain – Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia
    Athif Zulfikar Adrain. (Special)
  3. Raditya Arief Putrasetiawan – Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya, Universitas Indonesia
    Raditya Arief Putrasetiawan. (Special)
  4. Stevano Ryan Oliver Yap – Fakutas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia
    Stevano Ryan Oliver Yap. (Special)
  5. Agnia Fadillah Rahmadini – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya
    Agnia Fadillah Rahmadini. (Special)

Kelima penerima beasiswa ini akan didampingi oleh sederet mentor, yaitu para peserta yang sedang tergabung dalam Unilever Future Leaders Program atau UFLP (program fast-track untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Unilever melalui proyek dan peran yang menantang, diawasi oleh para profesional dari Unilever). 

Melalui kedekatan yang terbangun nanti, para mentor diharapkan dapat membantu memahami pengembangan apa saja yang dibutuhkan, tantangan yang dihadapi dalam perkuliahan maupun di dalam program, dan akhirnya berkontribusi dalam memberikan solusi.    

Kelima penerima beasiswa juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti beragam kegiatan pengembangan HR yang rutin dilakukan Unilever, seperti seminar dan rangkaian program magang di Unilever Indonesia sesuai dengan minat dan keahlian mereka. 

Selain itu, mereka pun akan diikutsertakan dalam Unilever Future Leaders’ League, yaitu kompetisi bisnis FMCG Unilever dimana selain berkompetisi, mereka akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai marketing, sales, HR, hingga supply chain sebagai salah satu keunggulan utama dari Unilever.  

“Keseluruhan kegiatan pendampingan dan pengembangan yang didapatkan oleh para penerima beasiswa akan bermuara pada kesempatan langsung untuk masuk ke dalam Assessment Center sebagai bagian dari rekrutmen program UFLP. Harapannya, nantinya mereka dapat menjadi bagian dari keluarga besar Unilever Indonesia, atau memiliki kemampuan dan rasa percaya diri untuk bergabung di perusahaan terkemuka lainnya,” tutup Willy.