Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Megawati Berduka

Selasa, 6 Juli 2021 | 15:11:33

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Megawati Berduka

Foto: Instagram.com/bestfm90.5

Tanah Air kembali diselimuti duka. Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu 3 Juli 2021.

Ketua Yayasan Pendidikan Bung Karno tersebut menghembuskan napas terakhirnya pukul 06.15 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Kabar duka terkait wafatnya Rachmawati Soekarnoputri pun sempat di cuit oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," tulis Sufmi pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Sebelum meninggal, Rachmawati sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit selama beberapa hari setelah dinyatakan positif Covid-19 pada 26 Juni 2021.

Sayangnya, Rachmawati tak mampu bertahan. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (3/7/2021) pukul 06.15 WIB di usia 70 tahun.

Jenazah Rachmawati Soekarnoputri dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 pada hari itu juga.

Foto: Instagram.com/sandiuno

Menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh, banyak tokoh publik, mulai dari tokoh politik maupun kalangan artis yang mengungkapkan rasa belasungkawa atas wafatnya politikus Partai gerindra tersebut.

Rachmawati Soekarnoputri merupakan putri Presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang juga terjun di dunia politik. Ia lahir di Jakarta, 27 September 1950. Ia juga merupakan saudari Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri.

Megawati Berduka

Kepergian Rachmawati Soekarnoputri tentu menyisakan duka mendalam bagi saudarinya, Megawati Soekarnoputri. Terlebih keduanya tumbuh dan besar bersama di Istana Negara saat masih kecil.

Sekertaris Jendreral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Megawati sangat berduka atas meninggalnya sang adik.

“Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka,” kata Hasto, Sabtu (3/7/2021).

Teringat Masa Kecil

Foto: Instagram.com/wikan.sugandhi

Megawati Soekarnoputri juga mengenang masa kecilnya bersama Rachmawati Soekarnoputri saat tinggal di Istana Negara.

“Ibu Rachmawati adalah adik beliau yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama, dan juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khatimah," tambah Hasto.

Berkomunikasi dengan Keluarga

Foto: Instagram.com/kabarsekayu

Di sela-sela suasana berakabung, Megawati telah berkomunikasi dengan putra sulung Rachmawati, Rommy Soekarnputro. Megawati menyampaikan ucapan duka cita secara langsung. Ia pun memberikan doa terbaik bagi almarhumah.

“Serta memberikan doa terbaik Ibu Rachmawati Soekarnoputri agar dilancarkan jalannya, diampuni dosa-dosanya, dan kepada keluarga yang ditinggal mendapatkan kekuatan," ujar Hasto.

Hasto pun menambahkan bahwa PDIP turut berduka cita dan memberikan penghormatan terbaik bagi mendiang Rahmawati Soekarnoputri.

Demikian ulasan tentang duka Megawati atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri. Semoga Rachmawati Soekarnoputri dapat beristirahat dengan tenang dan amal ibadahnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.