Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Keuntungan Berpuasa di Rumah Saat Pendemik Covid-19

Rabu, 22 April 2020 | 14:56:21

Kartika Sari

Penulis : Kartika Sari

Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Keuntungan Berpuasa Di Rumah Saat Pendemik Covid-19

Keuntungan Berpuasa. Seperti yang kita tahu bahwa pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia tentu cukup mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Dari yang sebelumnya bisa bebas bepergian, kini kita harus benar-benar membatasi interaksi langsung serta menjaga jarak dengan orang lain.  Tak hanya itu saja, menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun ini pun pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk tidak mudik agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas ke daerah lain.

Meskipun tidak kemana mana di bulan puasa ini, namun sebenarnya hal ini bisa membawa keuntungan tersendiri. Apa saja sih keuntungan berpuasa di rumah saja selama masa pandemik ini? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

1. Jadi lebih hemat tenaga

Di tahun-tahun sebelumnya kita harus berpuasa sambil tetap bekerja di kantor. Namun kali ini dengan berpuasa di rumah, kita jadi lebih hemat tenaga karena tak perlu naik kendaraan umum atau stress karena harus menyetir di tengah kemacetan. Tak hanya hemat tenaga saja, kita juga bisa lebih hemat pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan, belum lagi harus buru-buru pulang jelang waktu berbuka puasa. Yah untung nya ditahun ini kita bisa skip dengan langsung berbuka puasa di rumah dan kumpul bersama keluarga.

 

2. Hemat biaya pengeluaran

Saat bulan Ramadhan tak hanya tradisi mudik, masyarakat juga punya tradisi bukber alias buka puasa bersama. Biasanya teman kantor, teman lama dari SD sampai kuliah, sering menggelar acara buka bersama. Momen silaturahmi ini tentu akan membuat pengeluaran kita jadi membengkak setiap tahun di bulan Ramadhan. Namun, untung nya dengan adanya pembatasan sosial berskala besar atau (PSBB) terkait pandemik ini, tahun ini kita bisa lebih berhemat. Mau buka puasa bareng? Tinggal sambungkan gadget ke google hangout atau Zoom saja, tentunya dari rumah masing-masing.

 

3. Sahur lebih tenang

Bagi kamu yang biasa terganggu dengan pawai sahur untuk membangunkan warga keliling kampung atau komplek perumahan, kali ini kamu bisa bernapas lega. Selain bisa pasang alarm sendiri tanpa bangun dengan kaget, sahur pun bisa menjadi lebih tenang. Awas jangan sampai kebablasan sampai ketinggalan waktu sahur yah.

 

4. Mendekatkan diri dengan keluarga

Selain himbauan untuk meniadakan buka puasa bersama, ibadah tarawih yang biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid pun diimbau pemerintah untuk dilakukan di rumah masing-masing. Dengan begitu kita pun jadi lebih dekat dengan keluarga karena bisa melakukan ibadah puasa bersama-sama di rumah, bukan hanya sahur dan berbuka puasa, melainkan juga sholat lima waktu dan sholat tarawih, yang ditutup dengan tadarusan bersama.

 

5. Punya alasan untuk mencoba resep baru

Banyak menghabiskan waktu di rumah berarti kita juga jadi harus pintar-pintar membuat menu makanan di rumah. Apalagi saat puasa biasanya kita cenderung ngidam makanan tertentu untuk disantap saat berbuka nanti. Inilah saatnya kita belajar keterampilan baru yaitu memasak. Tak perlu yang susah-susah, cukup dengan bumbu instan, kamu bisa meniru berbagai resep mudah yang ada di internet untuk menu sahur dan berbuka.

 

6. Punya alasan untuk rebahan di akhir pekan

kalau biasanya kita dibilang malas saat rebahan-rebahan saja di rumah saat akhir pekan, kini kamu punya alasan untuk melakukannya. Selain memang tidak perlu kemana-mana, puasa di rumah aja kali ini kamu bisa memanfaatkan hiburan rumahan seperti menonton film ataupun serial TV yang sudah antri untuk dihabisi.

Itulah beberapa keuntungan puasa di rumah tahun ini. Meski dimasa pandemik, bukan berarti kita tidak bisa bergerak atau melakukan sesuatu di bulan puasa, tapi kita juga harus tetap menjaga kebersihan dengan senantiasa mencuci tangan dan mengenakan masker ketika keluar rumah. Seperti orang bijak bilang, bahwa kebersihan sebagian dari iman. Jadi, mari rayakan bulan puasa di rumah aja dengan kegiatan positif.