Ramai Diperbincangkan, Ketahui Dampak Jangka Panjang dari Perselingkuhan

Selasa, 2 Januari 2024 | 18:28:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ramai Diperbincangkan, Ketahui Dampak Jangka Panjang Dari Perselingkuhan

Ilustrasi jangka panjang perselingkuhan. (Pexels.com/RDNE Stock Project)

Ladiestory.id - Di media sosial saat ini tengah ramai isu perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang pria yang berprofesi sebagai pilot, bernama Elmer, dengan rekan sejawatnya yang merupakan seorang pramugari, bernama Bella. Bukti perselingkuhan keduanya disebarluaskan oleh istri sah dari sang pilot, Ira Nandha, di laman media sosial pribadinya.

Kabar perselingkuhan dalam satu profesi itu pun lantas menjadi perbincangan oleh netizen di media sosial. Hal itu karena perselingkuhan tersebut sudah berlangsung selama empat tahun lamanya.

Bahkan, Elmer diketahui sudah melakukan perselingkuhan sebanyak enam kali. Hal itu pun membuat banyak netizen bersimpati dan merasa iba kepada istri sah.

Melansir dari Hello Prenup Online, pengalaman diselingkuhi dapat memberikan dampak merugikan bagi kesehatan mental korban, seperti menurunnya kepercayaan diri dalam urusan seksual dan penurunan harga diri. Berikut beberapa dampak jangka panjang yang dirasakan oleh korban perselingkuhan.

Masalah Kepercayaan

Ilustrasi masalah kepercayaan. (Pexels.com/Liza Summer)

Salah satu dampak jangka panjang yang paling umum dari perselingkuhan adalah terkikisnya kepercayaan dalam hubungan. Pasangan yang diselingkuhi mungkin akan sulit mempercayai pasangannya lagi.

Kurangnya kepercayaan ini dapat menyebabkan masalah berkelanjutan dalam hubungan, meskipun pasangan yang selingkuh sangat menyesal.

Masalah Keintiman

Ilustrasi masalah keintiman. (Pexels.com/Liza Summer)

Selingkuh juga bisa menyebabkan masalah keintiman. Pasangan yang diselingkuhi mungkin mengalami kesulitan untuk berhubungan intim dengan pasangannya, baik secara fisik maupun emosional.

Mungkin sulit untuk meruntuhkan kembali tembok mereka kepada seseorang yang telah sangat menyakiti mereka. Tidak hanya itu, pasangan yang ditipu mungkin mengalami masalah disfungsi seksual atau masalah lain yang berkaitan dengan harga dirinya.

Ketidakpuasan dalam Hubungan

Ilustrasi ketidak puasan dalam hubungan. (Pexels.com/Alex Green)

Selingkuh juga bisa menyebabkan ketidakpuasan jangka panjang dalam hubungan. Pasangan yang diselingkuhi mungkin merasa kebutuhan emosional atau fisiknya tidak terpenuhi, hal tersebut juga dapat menyebabkan kebencian dan frustrasi yang berkelanjutan dalam hubungan.

Efek pada Teman Dekat dan Keluarga

Ilustrasi efek perselingkuhan kepada teman dan keluarga. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Untuk hubungan jangka panjang, perselingkuhan juga memengaruhi hubungan dengan keluarga juga teman dekat pasangan. Kabar perselingkuhan mungkin tidak hanya berdampak pada pasangannya, tapi juga teman dan keluarga di sekitarnya yang juga ikut merasakan kehancuran juga kesedihan.

Mungkin sulit bagi orang-orang di sekitar pasangan untuk menerima kenyataan baru dan tindakan yang mereka pilih. Bahkan beberapa teman dan keluarga mungkin akan mencari terapi untuk mempelajari cara mengatasinya.