Rambah Dunia Musik, Dodit Mulyanto Mulai dari "Tau Diri"

Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:42:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Rambah Dunia Musik, Dodit Mulyanto Mulai Dari "Tau Diri"

Dodit Mulyanto. (Special)

Ladiestory.id - Selama ini publik mengenal Dodit Mulyanto sebagai seorang stand up comedian Indonesia. Tidak jarang aksi panggungnya dinilai unik, karena sering membawa biola untuk dijadikan gimik dalam berkomedi. Siapa yang sangka, bahwa selain sebagai komik, Dodit juga memiliki jiwa seni musik.

“Melakukan stand up comedy sambil bawa biola itu sebenarnya bukan cuma buat gimik semata. Tapi aku juga mau menyalurkan dan menampilkan sisi musikalitas yang ada di dalam diriku,” kata Dodit.

Dalam beberapa bulan belakangan, ternyata Dodit sedang sibuk mempersiapkan lagu-lagu untuk album perdananya. Salah satu lagu yang akan diperkenalkan Dodit berjudul ‘TAU DIRI’. Pada Kamis, 5 Oktober 2023 lalu, di BOX KOFFIES Ciledug, Dodit meluncurkan Digital Streaming Provider dan Video Clip untuk lagu TAU DIRI.

“Sebelum memutuskan untuk bikin lagu 'TAU DIRI', sebenarnya aku juga sudah beberapa kali punya lagu, tapi sifatnya collab dengan musisi lain. Nah lagu 'TAU DIRI' ini murni aku sendiri yang nyanyikan. Kepinginnya lagu 'TAU DIRI' menjadi single pembuka untuk lagu-lagu di album perdanaku nanti,” jelas Dodit.

Sebelum memutuskan membanting setir untuk serius di bidang musik, Dodit sudah memperkirakan akan banyak pertanyaan atau asumsi bahwa dirinya aji mumpung membuat lagu, sebab teman-teman komiknya yang lain pun sudah banyak yang mengeluarkan single.

“Kalau mau ditarik ke belakang, sebenarnya aku bukan aji mumpung. Seperti yang aku bilang, jiwa musisiku sudah ada sejak dulu. Apalagi sebelum jadi komik, aku ini adalah guru ekstrakurikuler musik di sebuah sekolah. Jadi bukan yang tiba-tiba ikut-ikutan pengin bikin lagu. Aku benar-benar serius mempersiapkan ini,” ungkap Dodit.

Inspirasi lagu 'TAU DIRI' sendiri, Dodit mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pribadinya. Ia mengatakan kalau dirinya pernah ‘ditikung’ saat dulu pernah menjalin hubungan. Ia ingin membuat lirik yang mengena di hati.

“Kalau dulu stand up comedy kan kita juga nulis materi, tapi harus ketemu lucunya. Nah kalau bikin lagu, sama-sama harus nulis, tapi tantangannya beda. Gimana caranya dari pengalaman yang pernah aku rasakan, aku bikin jadi lirik, dan mengena di hati orang-orang. Buatku gak gampang bikin kata-kata yang akhirnya bisa dirasakan sampai ke hati orang lain. Aku mau jadi musisi yang kayak gitu,” jelas Dodit.

Dodit sendiri pun sadar, pastinya tidak akan mudah untuk bersaing menjadi musisi di era digital seperti sekarang ini.

“Nantinya aku mau ada tour untuk single 'TAU DIRI'. Terus mau promo radio juga, mau promo di sosmed juga. Aku juga masih aktif belajar musik dan olah vokal. Banyak orang-orang hebat di belakangku, yang membantu prosesku untuk berkembang menjadi musisi. Ada coach vokalku, ada mentor gitarku juga. Semoga dengan usahaku ini, orang-orang juga bisa melihat gimana seriusnya aku ingin menjadi musisi,” ungkapnya.

Kedepannya, Dodit ingin dikenal masyarakat sebagai musisi.

“Setiap orang kan berhak menjajal hal baru dalam hidupnya. Walaupun sebenarnya jadi musisi bukan hal baru dalam hidupku, tapi untuk kedepannya aku pengen banget bisa dikenal sama orang-orang sebagai musisi. Tentunya tidak meninggalkan stand up comedy juga, karena tanpa dipungkiri, aku ini lahir ke dunia entertain ya lewat stand up comedy,” tutup Dodit.