Rayakan Hari Jadi Ke-24 Tahu, demajors Terus Berupaya Kembangkan Ekosistem Musik Indonesia

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:49:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Rayakan Hari Jadi Ke-24 Tahu, Demajors Terus Berupaya Kembangkan Ekosistem Musik Indonesia

Perayaan 24 Tahun demajors. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - demajors Independent Music Industry, yang merupakan sebuah label rekaman musik, akan merayakan hari jadinya yang ke-24 tahun pada 30 Maret 2024 mendatang.

24 tahun berdiri, demajors akan terus konsisten untuk mengembangkan ekosistem musik Indonesia, salah satunya dengan terus memproduksi rilisan fisik dari musisi Tanah Air, di tengah era digital saat ini.

Dengan produk utamanya yang berbentuk cakram pada digital dan piringan hitam, demajors terus berupaya meningkatkan pelayanan distribusi musik Indonesia bersama jaringan edar resminya, yakni [at]demajors, yang sudah ada sebanyak 21 outlet dan tersebar di seluruh Indonesia, hingga ke Malaysia.

Hal ini sesuai dengan visi demajors yang ingin menjadi sebuah pengarsipan atau pustaka musik Indonesia dari segala macam genre.

Bukan tanpa alasan, visi itu pun selaras dengan kepercayaan dari founder demajors, David Karto, yang dengan tegas meyakinkan bahwa musik Indonesia harus dilestarikan.

Perayaan 24 Tahun demajors. (Spesial)

Kendati demikian, David Karto menyebut bahwa perjalanan demajors selama dua dekade ini adalah sebuah pembelajaran yang masih harus terus diasah serta ditambah lagi ilmu terkait musik-musik Indonesia.

“Di usia dewasa 24 tahun ini, demajors masih terus belajar untuk menjaga keberlangsungan ekosistem musik Indonesia kedepannya,” ujar David Karto, founders demajors Records.

Pencapaian keberhasilan dari demajors dalam melestarikan dan mengembangkan ekosistem musik Indonesia pun terlihat selama 24 tahun ini, khususnya dalam enam bulan terakhir.

Dimana, dua album yang diproduksi oleh demajors berhasil meraih penghargaan dalam AMI Awards 2023. Dua di antaranya adalah album ‘Do The Math’ milik Indra Lesmana yang meraih penghargaan ‘Artis Jazz Terbaik’, dan album ‘Banal Semakin Binal’ milik The Jansen yang meraih penghargaan ‘Album Rock Terbaik’.

Selain itu, pencapaian keberhasilan demajors dalam mengembbangkan ekosistem musik juga terlihat dari banyaknya respon positif pada masa pre-order piringan hitam beberapa bulan lalu.

Selain itu, demajors juga berupaya merangkul musisi-musisi daerah yang ingin menunjukan bakat dan kebolehannya dalam industri musik.

Melalui label rekaman turunan bernama Bahasa Ibu Records (BIR) pada 21 April 2023, yang berfokus pada pada karya musik populer dengan narasi tradisi lokal Indonesia. demajors dan BIR berdedikasi untuk melestarikan kekayaan musik tradisional Indonesia.

Perayaan 24 Tahun demajors. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Seluruh pencapaian dan prestasi yang sudah diraih, serta rencana perkembangan musik Indonesia kedepannya tentu tidak luput dari dukungan seluruh ekosistem musik Indonesia.

Oleh karenanya, demajors menyampaikan terima kasihnya kepada para musisi, manajemen artis, promotor musik, media massa, mitra kerja dan sponsor, toko rekaman juga outlet, serta seluruh pendengar musik Indonesia.