R'Bonney Gabriel dari AS Jadi Miss Universe 2022

Minggu, 15 Januari 2023 | 16:30:00

R'bonney Gabriel Dari As Jadi Miss Universe 2022

Miss Universe 2022. (Special)

Ladiestory.id - Miss USA, R'Bonney Gabriel telah dinobatkan sebagai Miss Universe yang baru. Gabriel mendapat gelar Miss Universe 2022 dalam kontes kecantikan yang digelar di New Orleans, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/1/2022) malam waktu setempat.

Di tempat kedua ada Miss Venezuela Amanda Dudamel yang membawa gelar first runner up. Sedangkan, Andrenia Martinez asal Republik Dominika menjadi juara ketiga atau second runner up Miss Universe 2022.

Kontes paling bergengsi tersebut diikuti 84 negara dari seluruh penjuru dunia. Sayangnya, Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, gagal melangkah ke babak 16 Besar.

Gabriel adalah Miss USA pertama yang memenangkan Miss Universe dalam 10 tahun. Miss USA terakhir yang berhasil membawa mahkota adalah Olivia Culpo pada 2012. Dia juga merupakan keturunan Filipina-Amerika pertama yang memenangkan Miss USA.  

Miss Universe 2022. (Special)

Selama putaran pertanyaan terakhir, Gabriel ditanya bagaimana dia akan mendemonstrasikan Miss Universe sebagai organisasi yang memberdayakan dan progresif. 

"Saya akan menggunakannya untuk menjadi pemimpin transformasional," katanya. 

"Sebagai desainer yang sangat bersemangat, saya telah menjahit selama 13 tahun, saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan. Di industri saya, saya mengurangi polusi melalui bahan daur ulang saat membuat pakaian. Saya mengajar kelas menjahit untuk perempuan yang selamat dari perdagangan manusia dan kekerasan dalam rumah tangga," terangnya. 

R'Bonney Gabriel sendiri merupakan seorang model, perancang busana, dan instruktur menjahit dari Houston, Texas. Perempuan 28 tahun ini mengaku selalu mengutamakan lingkungan dalam pekerjaannya.