?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » CARA TEPAT AGAR TUBUH TIDAK DEHIDRASI SAAT BERPUASA

Cara Tepat agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 14 Mei 2020 | 08:09:56
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Dibaca: 11 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Tepat agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa

Selamat menyambut bulan suci Ramadan, ladies. Mari sambut bulan suci ini dengan sukacita dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Selama bulan Ramadan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Sebagaimana diketahui puasa adalah rukun islam ke-3 yang merupakan kewajiban serta melatih manusia untuk menjadi saleh baik badani maupun secara sosial. Agar kesehatanmu tetap terjaga selama ibadah puasa, sebaiknya kamu berhenti merokok, berbuka dengan yang manis, minum 8 gelas air per hari dan melakukan aktivitas fisik ringan.

Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berpuasa?

Saat tubuh seseorang berpuasa, kandungan air di dalam tubuh seseorang berkisar di antara 60 hingga 70 persen. Setiap terjadinya pengurangan cairan pada tubuh, sel-sel dan saraf pada tubuh dapat terpengaruh karena hal tersebut. Selain itu, kekurangan asupan air putih dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti sakit kepala, sembelit, kelelahan, hingga kulit yang kering.

Jika dehidrasi yang terjadi sudah terbilang parah, kamu mungkin mengalami komplikasi yang lebih serius, seperti gangguan pada ginjal dan kejang. Maka dari itu, sangat penting untuk mengatur cara minum air putih saat bulan puasa. Dengan begitu, tubuh tidak terdehidrasi dan aktivitas yang dilakukan setiap hari tidak terganggu. Jangan lupa untuk minum 8 gelas air per hari saat #puasa.

Baca juga: Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

Bagaimana agar Tidak Dehidrasi Selama Puasa?

Ada yang tahu gimana caranya agar tubuh tidak terhindar dari dehidrasi selama berpuasa? Sama seperti hari biasa, asupan cairan saat berpuasa dianjurkan tidak kurang dari 2 liter dalam sehari. Volume tersebut kurang lebih setara dengan 8 gelas air putih. Jika melakukan aktivitas yang banyak menguras keringat, maka kebutuhan cairan bisa lebih tinggi. Bagaimana asupan cairan yang tepat saat berpuasa? Asupan cairan yang tepat di bulan puasa yaitu:

  • 1 gelas setelah bangun sahur
  • 1 gelas selepas sahur
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah sholat maghrib
  • 1 gelas setelah makan malam
  • 1 gelas setelah sholat isya
  • 1 gelas setelah sholat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur

Selain itu, konsumsi kopi dan teh sebaiknya juga dibatasi. Selain memiliki sifat asam yang bisa memicu perasaan tidak nyaman di perut bagi yang sensitif terhadap kafein, efek diuretik pada minuman tersebut juga menyebabkan seseorang jadi beser atau sering buang air kecil.

Agar tercukupinya kebutuhan air pada tubuh selama puasa, kamu juga harus tetap  mengadopsi gaya hidup seimbang dalam hal makan dan aktivitas fisik. Istirahat cukup dan mengonsumsi vitamin apabila diperlukan. Sementara beberapa hal lain yang bisa dilakukan adalah aktivitas fisik rutin atau bekerja, ibadah dan olahraga. Sehingga tidak ada alasan tidak melakukan apa-apa saat berpuasa.

Jadi pasti tubuh tetap terjaga dan terhidrasi dengan baik ya, Ladies

Sumber foto utama: Rawpixel.com

Baca juga: Catat! Cara Menjaga Imunitas Tubuh Keluarga selama


tips sehat saat puasa tips puasa ramadhan tips sehat saat puasa agat tidak dehidrasi saat puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

yhanthy -
yhanthy -
jangan lupa minum sebelum imsak dan segelas setelah berbuka
kiki ikik
kiki ikik
waaah bagus yak itu artikelnya mari kita coba tips ini sekarang.. www.ceritabangdoel.com

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH