LADIESTORY.ID | HEALTH | PENTING NIH, 6 GEJALA GANGGUAN JANTUNG YANG MESTI KAMU SADARI SEDARI DINI

Penting Nih, 6 Gejala Gangguan Jantung yang Mesti Kamu Sadari Sedari Dini

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 3 menit, 25 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Penting Nih, 6 Gejala Gangguan Jantung yang Mesti Kamu Sadari Sedari Dini

Beberapa hari terakhir ini kita mendapat kabar berita kematian dua seniman layar tersohor seperti Djaduk Ferianto dan Cecep Reza yang meninggal akibat masalah pada jantung. Dalam tubuh manusia, jantung memiliki peranan yang sangat penting, yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung berhenti bekerja terlalu lama dan terjadi komplikasi yang tak diinginkan, maka selesailah sudah. Darah tak bisa membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh organ di dalam tubuh, lantas menjadikan aktivitas di dalam tubuh juga terganggu dan menyebabkan sesak napas. Sebab itulah, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang berisiko kematian dan perlu diwaspadai kehadirannya, Ladies. Agar kamu bisa segera menangani gangguan jantung yang mungkin saja kelak kamu derita, baca dulu yuk, 6 gejala gangguan jantung yang mesti kamu sadari sedari dini berikut ini.

1. Ada yang bengkak di bagian kaki dan perutmu

Ada yang bengkak di bagian kaki dan perutmu
sumber: freepik.com

Jika kamu merasa kesulitan ketika memasukkan kaki ke dalam sepatu atau sandal yang biasanya mudah kamu kenakan, kamu perlu mengecek keadaan telapak kakimu itu, Ladies. Apabila terjadi bengkak di area kaki, bisa jadi itu gejala gangguan jantung yang mesti kamu waspadai. Begitu pula jika kamu menemukan bengkak di daerah perut. Hal itu bisa terjadi sebab ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan baik, maka pembuluh darah akan dicadangkan dan akhirnya mendorong cairan berlebih ke jaringan tubuh dan menjadikan bengkak di bagian kaki serta perut. Sebaiknya kamu segera periksakan bengkak tersebut ke dokter sebelum terlambat.

2. Angina

Angina
sumber: freepik.com

Gejala gangguan jantung yang satu ini biasanya hanya terjadi pada wanita. Angina adalah keadaan ketika dada terasa sesak seperti ditekan yang rasa sakitnya bisa menyebar hingga ke bahu dan rahang, lalu bisa juga muncul sensasi seperti dibakar di area punggung, bahu, lengan, atau rahang ketika disentuh. Biasanya, hal ini terjadi karena berkurangnya aliran darah ke jantung yang disebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh. Jika nyeri dada yang kamu rasakan mirip dengan gejala ini, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter ya, Ladies.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru: Perkuat Jantung dengan 5 Cara Ini Supaya Sehat Terus

3. Sesak napas yang tak seperti biasanya

Sesak napas yang tak seperti biasanya
sumber: freepik.com

Kamu bisa mengetes kesehatan jantungmu dengan mencoba berlari selama 20 menit atau menaiki tangga kantor atau rumahmu selama beberapa kali. Perhatikan, jika kamu merasakan ada sesuatu yang ganjil di dalam tubuhmu, misalnya rasa yang sungguh tidak mengenakkan terutama di bagian dada dan menyebabkan sesak napas, ada baiknya kamu segera mengunjungi dokter, Ladies. Sebab, seperti yang pernah diungkapkan Dr. Phillips pada situs The Healthy, “Mereka harus tahu apa yang normal untuk mereka, sehingga mereka bisa tahu ketika ada sesuatu yang berbeda dari normal yang biasanya mereka rasakan,” jelasnya.

4. Gusi yang mudah bengkak

Gusi yang mudah bengkak
sumber: freepik.com

Jika kamu kerap mengalami pembengkakan pada gusi, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter. Sebab, gusi yang bengkak biasanya disebabkan oleh peradangan yang terjadi di dalam mulut. Nah, peradangan yang terjadi di dalam tubuh seringkali bisa meningkatkan risiko serangan jantung, karena peradangan akan memicu munculnya peradangan lain di seluruh tubuh. Beware, Ladies!

5. Mudah mengalami kelelahan

Mudah mengalami kelelahan
sumber: freepik.com

Kalau kamu biasanya adalah pribadi aktif yang punya segudang kesibukan tanpa sering merasa lelah meski sudah melalukan banyak kegiatan, lalu tiba-tiba kamu merasa kelelahan hanya karena berjalan atau berlari sejauh 2 meter setiap harinya, bisa saja itu sebuah gejala gangguan jantung yang mesti diawasi, Ladies. Diungkapkan oleh Associate Professor of Medicine and Epidemiology and Associate Director of Cardiology Preventive di Johns Hopkins School of Medicine Maryland, Erin Michos, MD, bahwa “Kegiatan yang dulunya mudah dan tiba-tiba sekarang menjadi sulit, bisa menjadi tanda bahawa bahwa ada sesuatu yang salah (di dalam tubuh),” katanya.

6. Sulit bernapas ketika terbangun saat tidur

Sulit bernapas ketika terbangun saat tidur
sumber: freepik.com

Kondisi apnea tidur obstruktif atau keadaan ketika kamu tiba-tiba terbangun di malam hari dengan napas yang terengah-enghah seperti orang sehabis berlari, kerap dikaitkan dengan risiko serangan jantung. Sebab, ketika orang yang mengalami sleep apnea tertidur, kadar oksigen di dalam tubuh mereka akan turun dan tubuh menjadi panik, lantas mengirim pesan ke pembuluh darah untuk mengencang dan meningkatkan aliran oksigen ke jantung dan otak. Proses itulah yang membuat mereka sesak napas. Jika kamu sering mengalami kondisi serupa, yuk segera kunjungi dokter!

Itulah keenam gejala gangguan jantung yang mesti kamu sadari sedari dini, Ladies. Tak ada salahnya jika kamu rutin memeriksakan kesehatanmu demi menjaga kebugaran tubuh dan kondisi jantung yang normal.

health kesehatan jantung gejala gangguan jantung gangguan jantung gejala penyakit penyakit jantung serangan jantung jantung berhenti berdenyut

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Resolusi Tahun Baru: Perkuat Jantung dengan 5 Cara Ini Supaya Sehat Terus

Siapa bilang menjaga kekuatan jantung harus menunggu tua terlebih dulu? Bagaimanapun, kita harus menjaga kekuatan jantung dimulai dari…

Trending On Health