5 Rekomendasi Film Dokumenter Terapik dari Netflix

Jumat, 1 April 2022 | 14:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

5 Rekomendasi Film Dokumenter Terapik Dari Netflix

Film Documenter Netflix (Special)

Ladiestory.id - Netflix saat ini menjadi salah satu platform streaming online yang menawarkan banyak sekali tontonan menarik. Tidak hanya menyajikan berbagai pilihan film dan drama saja, Netflix  juga memiliki tayangan yang berbeda dari plaform streaming lainnya. Salah satunya adalah dengan menyajikan series atau film dokumenter.

Film dokumenter adalah jenis film yang isi di dalamnya disajikan dalam bentuk fakta dan data. Sehingga bisa dikatakan apa yang ada dalam film dokumenter adalah suatu kenyataan atau bukan cerita fiktif.

Saat ini Netflix sudah pernah menayangkan berbagai film dokumenter dengan membahas isu-isu penting yang sangat jarang dikupas secara mendalam. Tak perlu khawatir film dokumenter Netflix akan membuat Kamu bosan atau mengantuk saat menontonnya, karena Netflix sudah mengemas film dokumenternya dengan cara yang menarik.

Nah, jika Kamu sedang bosan menonton film atau drama, coba rekomendasi 5 film dokumenter Netflix berikut ini. Dijamin menghibur dan tak akan membuatmu menyesal saat menontonnya. Justru wawasan Kamu juga ikut bertambah loh Ladies.

The Social Dilemma (2020)

Film Documenter Netflix (Special)

Menonton film dokumenter yang satu ini akan membuatmu berpikir jika jalan ceritanya cukup relate dengan kehidupan sehari-hari. Karena film ini membahas kondisi masyarakat saat ini hampir rata-rata menggunakan produk digital seperti aplikasi sosial media.

Kamu akan disuguhkan dengan tontonan mengenai pentingnya sosial media dengan pemaparan sisi baik dan buruknya. Sesuai dengan judulnya, Kamu akan dibuat dilema saat menontonnya karena memuat berbagai isu, mulai dari kesehatan mental hingga politik.

Operation Varsity Blues: The College Admissions Scandal (2021)

Film Documenter Netflix (Special)

Kasus yang diangkat dalam film dokumenter satu ini adalah tentang skandal penerimaan mahasiswa di universitas terbesar yang ada di Amerika Serikat. Film ini mengungkap mengenai kasus suap ujian masuk universitas elite pada Maret 2019 lalu yang diketahui ada 50 orang terlibat di dalamnya.

Mulai dari pihak penyelenggara, administrator, hingga orang tua mahasiswa. Kecurangan ini menjadi skandal besar dalam sejarah Amerika Serikat. Dari film dokumenter ini, diketahui ada dua artis Hollywood yaitu Lori Loghin dan Felicity Huffman yang terlibat di dalamnya.

Fyre: The Greatest Party That Never Happened (2019)

Film Documenter Netflix (Special)

"Fyre" merupakan film dokumenter Netflix yang membahas mengenai festival fiktif yang cukup heboh dibicarakan pada 2017 lalu. Berkisah tentang Fyre Festival yang digelar di pulau Bahama dan digadang-gadang akan menjadi festival termewah dengan adanya private jet, villa mewah, kapal pesiar, hingga supermodel yang menjadi daya tariknya.

Iming-iming ini cukup sukses menarik atensi masyarakat dunia. Terbukti dengan penjualan tiket festival yang ludes tanpa sisa. Sayangnya penonton konser dibuat kecewa dengan iming-iming promosi festival yang tidak sesuai dengan aktualnya.

Jangankan menyaksikan konser dengan suasana mewah, mereka justru disuguhi dengan tenda tipis, acara yang tidak terorganisasi dengan baik, makanan dalam kotak, hingga kekecewaan lainnya.

Ternyata orang yang ada dibalik kejadian mengecewakan ini tak lain adalah Billy McFarland, pendiri Fyre Media yang hanya ingin mendapatkan keuntungan tanpa melakukan persiapan secara matang seperti yang seharusnya.

Street Food (2019)

Film Documenter Netflix (Special)

Bagi Kamu yang menyukai tontonan berbau kuliner, maka film dokumenter yang satu ini sangat recommended untuk disaksikan. Sesuai dengan judulnya, "Street Food" membahas seputar kuliner jalanan yang ada di sembilan negara Asia, tak terkecuali Indonesia.

Tiap episodenya akan membahas seputar kuliner jalanan yang ada di negara berbeda. Untuk kuliner jalanan Indonesia, Kamu akan disuguhi cerita tentang kisah Mbah Lindu, seorang penjual gudeg dan Mbah Satinem yang terkenal dengan jajanan pasar berupa lupis yang cukup legendaris.

The Tindler Swindler (2022)

Film Documenter Netflix (Special)

Film dokumenter Netflix yang satu ini mungkin masih terbilang baru. "The Tinder Swindler" cukup booming beberapa waktu lalu karena menguak kasus penipuan pada aplikasi kencan online yang dilakukan oleh seorang pemuda tampan bernama Shimon Leviev.

Shimon Leviev yang memiliki nama asli Shimon Hayut ini menipu dengan menyamar sebagai pria kaya tampan dan menjebak korbannya lewat aplikasi Tinder. Pria yang diketahui berasal dari Israel ini dikabarkan sudah melakukan aksi kejahatannya di berbagai negara. Selain menghibur, menonton film dokumenter yang satu ini bisa membuatmu lebih waspada dan bijak saat menggunakan aplikasi kencan online.