Ingin Nobar Saat HUT RI? Ini 5 Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:00:00

Ingin Nobar Saat Hut Ri? Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia

Soekarno. (Special)

Ladiestory.id - Jelang HUT Republik Indonesia, sejumlah orang sudah mulai menyiapkan perayaan atau aktivitas yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan saat perayaan HUT RI adalah nonton bareng atau nobar film tentang kemerdekaan Indonesia.

Lalu, apa saja film tentang kemerdekaan Indonesia? Ladiestory.id merangkum daftar film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton.

Kartini (2017)

Kartini. (Special)

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang kehidupan Kartini (Dian Sastrowardoyo). Sejak kecil, ia sering melihat ibunya, Ngasirah (Christine Hakim), menjadi seorang yang terbuang di rumahnya sendiri akibat kelas sosial. Hal ini karena sang ibu tidak memiliki darah ningrat.

Sang ayah, Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo), pun tak bisa melakukan apa-apa karena sudah menjadi tradisinya. Karena hal itu, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak semua orang tanpa melihat kelas sosial. Ia bekerja sama dengan dua saudrinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita).

Film tentang perjuangan Kartini ini sayang untuk kamu lewatkan. Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar, setelah Biografi "R.A Kartini" (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini "Surat Cinta untuk Kartini" (2016).

Soekarno (2013)

Soekarno. (Special)

Film yang dirilis pada 2013 ini menceritakan perjuangan presiden pertama Indonesia, Soekarno, dalam memerdekakan Indonesia. Dalam film ini, terlihat berbagai rintangan yang harus dihadapi Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia. Ia sempat mendapat tuduhan yang mengakibat harus diasingkan.

Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman. (Special)

Film yang diperankan oleh Adipati Dolken ini dirilis pada 2015. Film ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman untuk mempertahankan Kedaulatan RI.

Dalam film ini, terlihat perjuangan Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya, yang berlangsung selama tujuh bulan. Perang ini mengakibatkan Belanda kehabisan logistik dan waktu.

Bersama dengan TNI, Jenderal Soedirman terus melawan Belanda dan menyiarkan bahwa Republik Indonesia masih ada. Perang ini diakhiri dengan tanda tangan perjanjian Roem-Royen, yang menyatakan bahwa Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia.

Merah Putih (2009)

Merah Putih. (Special)

Film "Merah Putih" mengambil latar cerita berdasarkan sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada 1947. Kala itu, terjadi peristiwa Agresi Militer Belanda I. Cerita dalam film ini menggambarkan sekelompok orang yang menjalin persahabatan untuk selamat dari serangan Belanda. 

Sang Kiai (2013)

Sang Kiai. (Special)

Film yang dirilis pada 2013 ini juga diperankan oleh Adipati Dolken. Film ini diangkat dari kisah perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama dalam memerdekaan Indonesia. Selain Adipati Dolken, film ini juga dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, hingga Agus Kuncoro.