Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Outdoor, Halaman Rumah Makin Asri!

Minggu, 12 Desember 2021 | 14:45:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Outdoor, Halaman Rumah Makin Asri!

Ilustrasi tanaman hias. (Ladiestory.id)

Ladiestory.id - Keberadaan tanaman hias untuk dekorasi luar rumah atau kebun bisa memberikan nuansa hidup alami. Rumah terbebas dari gersang dan polusi udara, terutama bagi kamu yang tinggal di pusat kota besar.

Bahkan tanaman hias dapat memberikan kamuflase pada desain arsitektur rumah yang kaku jadi lebih menarik. Pada umumnya, tanaman hias daun biasa dipakai untuk penyeimbang ekosistem dan mempercantik kebun bunga.

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Outdoor Mempercantik Halaman Rumah!

Tertarik untuk mengoleksi tanaman hias outdoor? Yuk ketahui rekomendasi jenis tanaman hias outdoor seperti di bawah ini.

1. Kaktus Koboi

tanaman hias outdoor
Ilustrasi tanaman kaktus. (Ladiestory.id)

Jenis tanaman hias outdoor yang pertama adalah kaktus koboi. Kaktus koboi sangat difavoritkan dan masih hits hingga sekarang karena banyak yang menanam serta membudidayakannya. Kaktus koboi bisa ditanam di dalam maupun luar ruangan sehingga cocok untuk tanaman hias daun outdoor.

Kaktus koboi memiliki tampilan yang besar dan terlihat kuat serta kokoh. Kaktus koboi bisa tumbuh hingga 10 meter dan akan tumbuh bercabang bila titik tunasnya rusak.

Tanaman ini tidak suka air sehingga Ladies cukup menyiram dengan sedikit air setiap harinya. Meski tak suka air, tapi kaktus koboi sangat suka cahaya matahari. Jadi usahakan untuk menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari.

2. Bunga Geranium (Tapak Dara)

tanaman hias outdoor
Ilustrasi bunga tapak dara. (Spesial)

Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya adalah bunga Geranium yang dikenal juga dengan nama Tapak Dara. Selain bunganya beraneka warna, bunga Geranium juga sering dimanfaatkan untuk bahan wewangian.

Tanaman ini sangat cocok di tanam di wilayah tropis karena dapat beradaptasi dengan baik dalam dengan cuaca panas. Selain itu, bunga Geranium juga dapat dijadikan tanaman hias pengusir nyamuk.

3. Bunga Tabebuya

Tanaman hias outdoor yang bakal membuat rumah kamu tampak indah salah satunya adalah bunga tabebuya. Tabebuya adalah sebuah pohon yang memiliki bunga yang mirip dengan bunga sakura jika dilihat dari kejauhan.

Layaknya sakura, bunga tabebuya juga akan memenuhi ranting pohon saat bersemi. Bunganya berbentuk terompet dan paling umum ditemui dengan warna pink.

Namun sebenarnya tak hanya pink, tabebuya juga memiliki warna bunga lain yang sangat mencolok dan terang, seperti, kuning, dan juga putih, sangat menarik dipandang mata. Mengingat pohonnya yang bisa tumbuh tinggi, bunga tabebuya cocok ditanam dikebun rumah yang cukup luas atau di depan rumah Kamu.

4. Sansevieria

Ilustrasi tanaman hias. (Spesial)

Sering juga disebut sebagai lidah mertua merupakan tanaman hias daun outdoor yang tahan di segala cuaca. Sansevieria dapat tumbuh subur meskipun di bawah sinar matahari maupun tempat yang teduh.

Tanaman hias daun outdoor ini diminati oleh banyak orang karena kaya akan manfaat. Sansevieria mampu menyaring kotoran, bau, dan gas polutan sehingga udara menjadi bersih.

Selain itu tanaman hias daun ini mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen secara maksimal pada malam hari, sehingga udara terasa segar saat pagi hari.

5. Paku Tanduk Rusa

tanaman hias outdoor
Ilustrasi tanaman hias. (Spesial)

Tumbuhan paku ini adalah memiliki bentuk khas bercabang dan menjuntai, mirip seperti tanduk rusa. Tanaman tanduk rusa ini tergolong dalam marga Platycerium. Paku tanduk rusa merupakan tanaman hias gantung yang biasanya menempel pada tanaman lain namun bukan sebagai parasit.

Untuk merawat paku tanduk rusa sangat mudah karena hanya butuh disiram air setidaknya 2-3 hari sekali saja. Uniknya, ketika menyiramnya, harus mencabut tanaman ini dulu dari media tanam dalam pot, lalu setelah disiram dan agak mengering, kembalikan lagi ke dalam pot.

6. Aglaonema

tanaman hias outdoor
Ilustrasi aglonema atau aglaonema. (Spesial)

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias daun outdoor yang di Indonesia disebut dengan nama tanaman sri rejeki. Tanaman ini dikenal punya ciri khas warna daun yang terlihat cantik. Biasanya ada dua gradasi warna. Bisa warna hijau dengan kuning atau orange dengan hijau atau merah dengan hijau.

Aglaonema sangat cocok di negara tropis seperti Indonesia karena tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di cuaca panas dan tidak memerlukan air yang banyak. Cukup menyiramnya 2-3 kali saja seminggu.

Inilah rekomendasi jenis tanaman hias outdoor. Yuk hiasi halaman rumah mu dengan tanaman hias ini!