Bikin Kenyang, 5 Rekomendasi Minuman Es Jelly untuk Buka Puasa

Selasa, 12 April 2022 | 15:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bikin Kenyang, 5 Rekomendasi Minuman Es Jelly Untuk Buka Puasa

Ilustrasi es jelly. (Special)

Ladiestory.id - Di saat bulan puasa ini, saat berbuka pastinya Kamu ingin menyantap makanan dan minuman yang enak, bukan? Tujuannya agar Kamu bisa melepas rasa haus dan lapar setelah seharian menahannya.

Biasanya, Kamu akan memilih minum es yang segar. Hal itu karena seharian Kamu menahan rasa haus dan keringnya tenggorokan. Banyak sekali macam takjil minuman es yang dapat Kamu santap, seperti jus, es teh, es jeruk, ataupun es jelly.

Tahukah kamu, jelly ternyata juga bisa menjadi pengganjal rasa lapar Kamu. Ketika kamu meminum es jelly, tidak hanya rasa haus saja yang hilang, namun Kamu bisa merasa kenyang untuk beberapa saat.

Banyak rang yang sedang program diet saat puasa mengonsumsi es jelly. Karena ketika berbuka, ia tidak akan makan dengan porsi yang banyak. Bagi pejuang diet sehat, boleh nih pakai cara yang satu ini. Nah, kali ini Ladiestory.id akan membahas mengenai salah satu minuman terfavorit, yaitu es jelly. Simak terus artikel berikut ini.

Es Bandung

Ilustrasi es Bandung. (Special)

Minuman yang pertama ada es Bandung. Ternyata minuman es yang satu ini sangat populer di negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Orang Malaysia menyebut minuman yang satu ini sebagai air sirap Bandung.

Meskipun ada kata Bandungnya, namun minuman yang satu ini tidak ada kaitannya kota Bandung yang ada di Indonesia. Es Bandung terbuat dari campuran sirup rose, susu kental manis, dan juga cincau. Sirup rose ini menjadi ciri khas dari minuman yang satu ini.

Es Coconut Delight

Ilustrasi es Cocunut Delight. (Special)

Minuman yang kedua ada es coconut delight. Sesuai dengan Namanya, minuman ini memiliki bahan jelly kelapa muda dan juga bahan tambahan nata de coco. Langkah pertama yaitu siapkan jelly kelapa muda dan nata de coco.

Tidak perlu khawatir dengan cara pembuatannya, karena minuman yang satu ini cukup simple cara buatnya. Untuk kuahnya, Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan saja, seperti air kelapa dan susu rasa kelapa. Minuman yang satu ini sangat menyegarkan dan cocok diminum saat buka puasa.

Es Yakujell

Ilustrasi es Yakujell. (Special)

Setelah es coconut delight, minuman selanjutnya ada ss yakujell. Minuman yang satu ini memiliki bahan dasar yakult, jelly, dan juga susu cair full cream. Untuk jelly, Kamu bisa gunakan jelly nutrijel dengan rasa buah-buahan. Untuk bahan kuahnya, Kamu tidak perlu ribet mencari bahannya. Cukup gunakan yakult dan susu cair full cream saja.

Sekadar mengingatkan saja, jika Kamu ingin menyajikan es ini dalam jeda yang cukup lama. Disarankan untuk mencampurkan jelly dan kuahnya saat hendak dimakan saja. Hal ini karena jika jelly lama berada di air, maka jelly akan bertekstur lembek dan ketika disantap sudah tidak kenyal lagi.

Es Nona

Ilustrasi es Nona. (Special)

Kemudian ada es nona yang ternyata menjadi minuman legendaris khas daerah Pontianak, Kalimantan Barat. Es nona ini tampilannya memang mirip seperti es doger. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah dicari.

Bahannya adalah santan, agar-agar hijau, kacang merah, pewarna makanan rose, gula, tape singkong, cincau, nata de coco, dan susu kental manis. Santannya ini sebelum dimasak, sebaiknya di bekukan terlebih dahulu. Lalu untuk kacang merahnya, rendam selama semalam penuh baru bisa Kamu masak.

Es Bongko

Ilustrasi es Bongko. (Special)

 Yang terakhir adalah es bongko. Masih berasal dari daerah yang sama, ternyata Es Bongko ini berasal dari Pontianak juga. Bedanya, jika es bongko ini memiliki isian berupa adonan tepung hungkwe.

Es bongko ini tampilannya juga mirip seperti es cendol, tetapi isiannya tidak ada cendolnya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es bongko ini juga mudah di cari, bahannya ada tepung hungkwe, gula, garam, santan, pasta pandan, gula merah, cincau, dan nangka.