Resep Haisom, Chinese Food yang Jadi Makanan Khas Imlek

Selasa, 7 September 2021 | 03:24:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Resep Haisom, Chinese Food Yang Jadi Makanan Khas Imlek

Foto: Shutterstock

Masakan Tionghoa atau Chinese Food adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang Tionghoa, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia.

Istilah masakan Tionghoa di Tiongkok daratan juga mengacu kepada variasi dari seluruh suku bangsa, agama dan tradisi yang berkembang di negara tersebut.

Penyiapan Chinese Food untuk sehari-hari dapat dilakukan dengan singkat dan mudah. Namun, untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah. Filosofi Chinese Food adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, meskipun sederhana bahan-bahannya.

Haisom, Makanan Cina Khas Imlek

Ketika mendengar tentang Chinese Food, apa yang pertama kali terlintas pada ingatan? Biasanya akan kebanyakan dari mereka akan menjawab capcay, fu yung hai, ayam cah jamur dan variasinya, udang asam manis dan sebangsanya, tim ayam, dan semacamnya.

Namun rupanya ada salah satu Chinese Food yang unik dan nikmat yakni angsio haisom. Haisom atau teripang merupakan menu makanan laut yang berbentuk panjang, berbadan bulat. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan menggunggah selera makan.

Kandungan Nutrisi Teripang

Resep Haisom
Foto: merdeka

Manfaat teripang tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di dalam 100 gram teripang, terdapat 60 kalori dan beragam nutrisi lain, meliputi:

  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Kalsium
  • Magnesium

Selain itu, teripang juga diketahui bersifat antikoagulan, antitumor, antijamur, dan antioksidan. Makanya tidak heran jika teripang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya dapat mengatasi penyakit arthritis, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung serta pembuluh dara, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan menjaga kesehatan fungsi hati.

Cara Tepat Mengolah Teripang

Kamu bisa membeli teripang segar dari pasar ikan atau dalam bentuk kering yang dijual bebas. Namun, apabila kamu membeli teripang kering, sebaiknya beli di toko yang terpercaya untuk memastikan keamanan dan kesegarannya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengolah teripang yang dapat bisa kamu lakukan:

  1. Sebelum diolah, rendam teripang dalam air selama 2 hari dan ganti airnya sekali sehari.
  2. Setelah direndam, rebus teripang selama 30 menit.
  3. Selanjutnya, bersihkan teripang dengan mengeluarkan organ dalam teripang hingga benar-benar bersih.

Setelah ketiga langkah tersebut dilakukan, kamu bisa lanjut mengolah teripang ini menjadi hidangan Chinese food angsio haisom.

Resep Angsio Haisom

Resep Haisom
Foto: fimela

Pada dasarnya menu ini menjadi makanan yang sering ditemukan saat tahun baru Imlek. Penasaran dengan Chinese Food yang satu ini? Yuk icipi dengan resep haisom yang patut kamu coba

Bahan-bahan angsio haisom:

  • 2 ekor teripang
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 200 ml air kaldu/bisa menggunakan bubuk kaldu ayam
  • gula pasir secukupnya
    Resep Haisom
    Foto: Shutterstock

Cara membuat angsio haisom

  1. Bersihkan teripang, buang isi perutnya dan rebus hingga matang. Kerok bagian punggungnya untuk menghilangkan kotran dan pasir pada teripang. Tiriskan dan iris tipis.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan sedikit garam. Aduk rata.
  3. Masukkan teripang dan tumis sebentar, masukkan bumbu saus tiram, kecap asin, dan kecap manis. Aduk rata.
  4. Tuang air kaldu dan masak hingga bumbu meresap. Aduk-aduk terus hingga mengental dan kuah berkurang.
  5. Angkat dan siap sajikan.

Inilah resep haisom yang menjadi hidangan khas tahun baru Imlek. Selamat mencoba!