Resmi Dinobatkan Jadi Ratu, Begini Potret Camilla Saat Kenakan Jubah Negara

Senin, 8 Mei 2023 | 13:19:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Resmi Dinobatkan Jadi Ratu, Begini Potret Camilla Saat Kenakan Jubah Negara

Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Getty Images)

Ladiestory.id - Raja Charles III dan Ratu Camilla telah resmi dinobatkan menjadi Raja dan Ratu dari Britania Raya dan Alam Persemakmuran lainnya pada Sabtu (6/5/2023) lalu. Penobatan tersebut digelar di Gereja Westminster, London, Britania Raya, dan dihadiri oleh tamu-tamu undangan bangsawan.

Raja Charles III dinobatkan bersama dengan istrinya yang ia nikahi pada 2005, Camilla, dan kini ia resmi menyandang gelar Ratu Permaisuri Camilla.

Banyak hal yang menarik dan menjadi sorotan selama prosesi penobatan Raja Charles III, salah satunya adalah busana yang dikenakan oleh Ratu Camilla selama prosesi penobatan.

Kenakan Jubah Negara Milik Mendiang Ratu Elizabeth II

Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Getty Images)

Ratu Camilla tiba di Westminster Abbey dengan menggunakan Jubah Negara yang dirancang untuk mendiang Ratu Elizabeth pada tahun 1953 silam.

Selama kebaktian, Ratu Camilla juga dimahkotai dengan Mahkota Ratu Mary yang berkilauan, yang dihiasi sekitar 2.000 berlian Cullinan IV yang terkenal.

Detail Jubah Penobatan Ratu Camilla

Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Getty Images)

Ratu Camilla mengenakan Robe of State mendiang Ratu Elizabeth, yang awalnya dibuat untuk penobatannya sendiri pada tahun 1953. Jubah tersebut terbuat dari beludru merah tua dan telah dilestarikan dengan penyesuaian yang dilakukan oleh pembuat jubah di Ede & Ravenscroft sebelum penobatan.

Selain itu, Ratu Camilla juga mengenakan Robe of Estate, yang baru dirancang dan disulam dengan tangan oleh Royal School of Needlework khusus untuknya. Jubah itu sendiri dibuat oleh Ede & Ravenscroft.

Jubah itu terbuat dari beludru berwarna ungu, yang dipilih untuk mencocokkan jubah Raja Charles, dan telah dibordir oleh Royal School of Needlework menggunakan teknik 'Goldwork', dengan desain yang juga menggabungkan sandi Yang Mulia.

Jubah itu menampilkan banyak detail yang berarti. Ada Scabiosa, yang dikenal sebagai 'bunga bantalan', yang mengacu pada hubungan Royal School of Needlework dengan Ratu Camilla dan dukungan penuh dedikasinya saat ia menjadi Pelindung pada tahun 2017 sebagai The Duchess of Cornwall.

Untuk pertama kalinya, serangga termasuk lebah, kupu-kupu, kumbang, dan ulat ditampilkan di Coronation Robe, menggambarkan tema alam dan lingkungan serta mencerminkan kasih sayang Charles dan Camilla terhadap alam.

Ada juga total 24 tanaman yang ditampilkan di jubah, semuanya dipilih untuk asosiasi pribadi mereka. Ini termasuk Lily of the Valley, yang ditampilkan dalam buket pernikahan mereka dan merupakan bunga favorit Ratu Elizabeth II; Kemuning, yang melambangkan harapan; dan Delphinium, salah satu bunga favorit Raja dan bunga kelahiran Juli, bulan kelahiran Ratu Camilla.

Di jubah itu juga terdapat bunga hawthorn, yang mewakili bulan Mei saat Penobatan berlangsung dan daun oak untuk kekuatan dan umur panjang.

Alchemilla Mollis, yang dikenal sebagai Lady's Mantle, yang melambangkan cinta dan kenyamanan, Maidenhair Fern, yang melambangkan kesucian, dan juga bunga jagung, yang melambangkan cinta dan kelembutan.

Cornflower juga membantu menarik dan mendorong satwa liar seperti lebah dan kupu-kupu. Bunga liar berada di bagian bawah jubah, mengarah ke empat bunga lambang Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales di bagian atas.

Detail Gaun Ratu Camilla

Ratu Camilla. (Getty Images)

Gaun gading dibuat dari Peau de Soie, terbuat dari kain sutra dengan kilau kusam, dan ditenun oleh Stephen Walters di Suffolk, Inggris. Dengan palet warna gading, perak, dan emas, lengan panjang gelang, bahu yang kokoh, dan garis leher V yang lebar, gaun itu memberikan Camilla kesan yang anggun saat penobatan tersebut.

Menghiasi area ujung depan rok dalam dan ujung lengan adalah lambang bunga dari empat negara Inggris Raya, mawar, thistle, daffodil, dan shamrock.

Sebelumnya terungkap bahwa kerajaan telah menunjuk teman dekat dan couturier Bruce Oldfield untuk mendesain gaun penobatannya, meskipun detail gaun itu dirahasiakan.

Pasangan ini telah bekerja sama dalam perhiasan Permaisuri Camilla selama lebih dari satu dekade. Perancang berusia 72 tahun itu juga dikenal karena menciptakan beberapa gaun mendiang Putri Diana.