Tahun Baru Lebih Semangat, Intip Resolusi Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tahun Baru Lebih Semangat, Intip Resolusi Hidup Sehat Yang Bisa Diterapkan

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian besar orang, perayaan tahun baru kerap dijadikan momen untuk mengevaluasi perjalanan hidup selama setahun belakang dan membuka lembaran baru dengan penuh semangat. Meskipun setiap orang memiliki target dan keinginan yang berbeda-beda, namun salah satu resolusi tahun baru yang paling sering dibuat adalah meningkatkan kualitas hidup dengan membiasakan hidup lebih sehat.

Salah satu cara yang paling efektif untuk mempunyai tubuh yang lebih sehat adalah dengan mempunyai kesadaran penuh untuk mulai memperhatikan segala asupan nutrisi yang dikonsumsi dan mengontrol rutinitas maupun berbagai kebutuhan yang dibelanjakan setiap harinya. Nah, berikut resolusi hidup sehat yang bisa kamu terapkan agar tahun baru lebih bersemangat.

Bangun pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang tepat

Ilustrasi perempuan mengonsumsi makanan sehat. (Special)

Mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu langkah awal yang penting saat membangun kebiasaan hidup sehat. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat menerapkan pola makan sehat. Menyesuaikan jumlah makanan, mengatur jam makan, dan memperhatikan jenis makanan menjadi kunci utama mencapai gizi yang seimbang. 

Tidak perlu repot atau takut mahal, kamu bisa membeli dan menemukan bahan makanan sehat dan bergizi melalui platform online. Berbagai pilihan bahan makanan bisa kamu dapatkan dan dikreasikan menjadi menu yang bergizi dan menggugah selera.

Selain itu, juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih. Setidaknya, kamu harus minum 6 hingga 8 gelas setiap harinya untuk menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah dehidrasi.

Penuhi kebutuhan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh 

Ilustrasi minum vitamin (Special)

Untuk melengkapi gaya hidup sehat, kamu perlu memastikan kebutuhan vitamin harian selalu terpenuhi. Selain untuk menjaga imunitas tubuh sehat dan fit, vitamin juga dapat meningkatkan energi, mengatur metabolisme, hingga menjaga kesehatan kulit.

Ada banyak cara bagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin, seperti mengonsumsi sayur, buah, dan ikan secara teratur hingga berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain mendapatkan vitamin dan mineral secara alami dari makanan dan sinar matahari, kamu juga bisa menambah asupan vitamin dan mineral dari suplemen tambahan.

Tingkatkan energi dengan rajin berolahraga

Ilustrasi yoga. (Special)

Selain memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, kamu juga bisa mengimbanginya dengan mulai rajin dan konsisten berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat dan membantu mengontrol berat badan, berolahraga juga memiliki segudang manfaat, seperti membuatmu menjadi lebih berenergi sehingga kamu bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih bersemangat. 

Istirahat cukup dan tidur teratur

Ilustrasi tidur. (Special)

Setelah beraktivitas seharian, sangat penting untuk beristirahat dengan tidur yang cukup. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda. Namun, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya.

Untuk memastikan tidurmu berkualitas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti membuat kondisi kamar senyaman mungkin, buat jadwal tidur yang rutin, perhatikan makanan dan minum yang dikonsumsi sebelum tidur, dan membatasi penggunaan gadget saat sudah waktunya tidur.