Cocok untuk Pecinta K-Pop, Resso Hadirkan Playlist Musik Korea Lintas Generasi

Rabu, 13 April 2022 | 22:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Cocok Untuk Pecinta K-Pop, Resso Hadirkan Playlist Musik Korea Lintas Generasi

BLACKPINK. (Special)

Ladiestory.id - Merebaknya budaya pop Korea Selatan atau 'Korean Wave' memengaruhi segala aspek, mulai dari gaya busana, produk kecantikan, makanan, hingga musik. Istilah K-Pop atau Korean Pop Music pun tak hanya mengacu pada genre musik, melainkan mencakup hal-hal yang dibawakan oleh para musisi atau artis Korea. 

Melihat fenomena ini, aplikasi streaming musik sosial Resso merilis daftar putar musik Korea bertajuk "Pengenalan Pertama Pada K-Pop" (P3K)". Daftar putar ini mengajak para pengguna dan K-Popers untuk menikmati lagu-lagu K-Pop unggulan lintas generasi sekaligus berinteraksi satu sama lain di Resso. 

Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead Resso Indonesia, mengungkapkan musik asal Korea membukan babak baru bagi industri musik dunia lewat musisi penuh bakat selama dua dekade terakhir.

“Tidak hanya itu, komunitas K-Popers juga dikenal memiliki rasa kebersamaan dan interaksi sosial yang luar biasa. Berangkat dari fenomena ini, Resso ingin memfasilitasi komunitas K-Popers untuk menikmati lagu dari artis atau grup musik favorit mereka sambil berinteraksi dengan penggemar K-Pop lainnya di Resso,” lanjutnya.

Resso telah mengurasi dan meluncurkan beberapa daftar putar yang menyoroti musik K-Pop melalui sejumlah artis lintas generasi pada April 2022 ini. Daftar putar "P3K" ini dirilis dalam dua tahap:

Tahap pertama 12-14 April 2022 

  • Gen 1-4 – Kilas balik ke perjalanan grup K-Pop Generasi pertama seperti Shinwa, BoA; Generasi kedua, Super Junior, Bigbang, Girl's Generations; Generasi ketiga, BTS, Blackpink, Twice; dan Generasi terkini seperti aespa, Stray Kids, Tomorrow x Together.
  • Rookie Spotlight – Menyoroti para debutan yang beraspirasi untuk menjadi the next big thing seperti NMIXX, P1Harmony, dan Ive.

Tahap kedua 24-26 April 2022 

  • K-Pop Boys Club – Daftar putar lagu yang dinyanyikan oleh boy-group seperti NCT Dream, TREASURE, serta Enhypen
  • K-Pop Girls Club – Daftar putar lagu yang didedikasikan bagi girl-group seperti (G)I-DLE, Red Velvet, dan ITZY
  • Top Tracks K-Pop – Daftar putar lagu-lagu yang paling banyak didengarkan pengguna di Resso, di antaranya TREASURE, Lisa, dan Secret Number
  • K-Pop Tiktok Hits - Daftar putar Best of K-Pop yang viral di Tiktok
  • Korean OST Hits - Kumpulan lagu-lagu soundtrack populer K-Drama

Sebagai aplikasi streaming musik sosial, Resso menyediakan berbagai kesempatan bagi para pengguna dan fan K-Pop untuk mengakses dan menggunakan lagu-lagu dalam daftar putar untuk kegiatan bersama, seperti mendengarkan lagu bersama sahabat, membuat Duo Daily Mix, atau berinteraksi dengan sesama fans melalui fitur Komentar. 

Untuk memperkaya pengalaman musik para penggemar K-Pop di Indonesia, Resso baru-baru ini mengadakan program Resso Talk, sebuah program wawancara eksklusif yang menyoroti musisi dunia, termasuk grup K-Pop TREASURE.