Rinso dan Anteraja Ajak Ciptakan Lingkungan Lebih Bersih Lewat Gerakan #GenerasiPilahSampah

Rabu, 16 Maret 2022 | 13:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Rinso Dan Anteraja Ajak Ciptakan Lingkungan Lebih Bersih Lewat Gerakan #Generasipilahsampah

Ilustrasi anak membuang sampah. (Special)

Ladiestory.id - Masalah sampah, khususnya sampah plastik masih menjadi pekerjaan rumah bersama untuk diatasi. Saat ini 4,8 juta ton per tahun sampah plastik tidak terkelola dengan baik, seperti dibakar di ruang terbuka (48 persen), tidak dikelola secara layak di tempat pembuangan sampah resmi (13 persen) dan sisanya mencemari saluran air dan laut.

Untuk itu Rinso, brand dari PT Unilever Indonesia, Tbk., menggandeng Anteraja untuk menyebarluaskan ajakan bagi masyarakat guna menjadi #GenerasiPilahPlastik; generasi yang lebih peduli lingkungan dan bijak menangani kemasan yang mereka gunakan, terutama kemasan plastik. Kerja sama ini memfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah mereka pilah ke Bank Sampah tanpa adanya pungutan biaya.

Rinso X Anteraja #GenerasiPilahSampah. (Spesial)

Sebagai brand yang telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama puluhan tahun, Erfan Hidayat, Head of Fabric Care Unilever Indonesia menerangkan, Rinso memiliki purpose atau tujuan mulia untuk membantu orang tua agar anak-anak dapat bermain di luar ruangan tanpa takut kotor. Namun permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, kerap kali membuat alam tempat bermain anak menjadi tidak nyaman. 

Untuk itu, sejalan dengan salah satu strategi ‘The Unilever Compass’ yaitu membangun planet yang lebih lestari, Rinso terus mengajak masyarakat menjaga alam Indonesia agar bersih dan tidak tercemari sampah sekaligus mendorong para orang tua agar mengedukasi anak sedari dini untuk berbuat kebaikan tanpa takut kotor. 

Pada kesempatan kali ini, Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan.

Rinso X Anteraja #GenerasiPilahSampah. (Spesial)

Bekerja sama dengan Anteraja sebagai salah satu penyedia jasa pengiriman online, Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja berupaya memberikan kebahagiaan bagi semua orang. Kami percaya bahwa bumi yang lestari akan membawa banyak kebahagiaan, dan berupaya mewujudkan hal tersebut melalui banyak cara. 

Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, bersama Rinso, Anteraja ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah.

Adapun kemudahan yang akan didapatkan konsumen dari kolaborasi Rinso dan Anteraja adalah:

Gratis ongkos kirim; SATRIA (kurir) akan melakukan penjemputan tanpa syarat untuk Paket Recycle (plastic waste) dan paket akan dijemput dan diantar ke Bank Sampah, tanpa minimum jumlah paket.

Rinso X Anteraja #GenerasiPilahSampah. (Spesial)

Program jemput sampah gratis yang mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara) ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.

Rinso X Anteraja #GenerasiPilahSampah. (Spesial)

Tujuan tersebut ternyata sejalan dengan harapan Tasya Kamila, artis sekaligus Duta Lingkungan Hidup, melalui program ini dirinya berharap agar kelak, anak cucunya bisa menikmati bumi yang lestari. Sampah plastik itu, walau dibuangnya sedikit, namun secara kolektif akan menjadi ancaman besar bagi planet bumi. Siapapun bisa menjadi bagian dari solusi, dengan ikutan program #GenerasiPilahPlastik sebagai awal dari komitmen menjadi konsumen yang lebih bijak!