Sangat Mudah, Ini Cara Melacak HP Hilang Lewat WA

Jumat, 10 Desember 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Sangat Mudah, Ini Cara Melacak Hp Hilang Lewat Wa

Ilustrasi melacak handphone. (Spesial)

Ladiestory.id - Handphone saat ini menjadi piranti yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Bahkan sebagian orang mengaku, jika lebih baik kehilangan uang dibandingkan kehilangan handphone (hp).

Hal ini lantaran di dalam hp biasanya berisi hal-hal pribadi dan penting. Entah itu foto, video, file, aplikasi penting, kontak orang-orang yang dikenal dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran jika seseorang akan lebih heboh saat kehilangan handphone yang dimilikinya.

Cara Melacak Hp Hilang Lewat WA

Ilustrasi mecak hp yang hilang. (Spesial)

 

Dengan hidup yang setiap harinya mengandalkan hp, entah untuk berkirim pesan, mendapatkan hiburan, untuk bekerja, untuk berbelanja, untuk pesan ojek online, dll, tentunya akan sangat merasa sedih dan kecewa jika suatu hari hp hilang dari genggaman. Entah hilang karena keselip, jatuh atau dicuri seseorang.

Untuk mengetahui dimana keberadaan hp yang hilang, kamu bisa coba melacaknya lewat WhatsApp (WA). Aplikasi perpesanan yang cukup populer di Indonesia ini memiliki fitur “Share Live Location” yang memungkinkan penggunanya untuk berbagai lokasi secara realtime. Dengan fitur ini, kamu bisa mencoba melacak keberadaan hp yang hilang.

Agar bisa menggunakan fitur ini, syarat utama adalah kedua hp harus sama-sama terpasang aplikasi WhatsApp. Untuk caranya bisa disimak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi WhatsApp Seperti Biasa

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp di handphone terlebuh dahulu. Carilah kontak teman atau saudara yang ingin dilacak keberadaan handphone-nya.

2. Masuk ke Bagian Percakapan dengan Kontak yang Sudah Dicari

Jika bagian percakapan dengan kontak tadi sudah terbuka, maka langkah selanjutkan klik ikon Lampiran/Attach (gambar penjepit kertas).

3. Bagikan Lokasi Terkini

Jika sudah mengklik ikon lampiran, nantinya akan muncul pilihan jenis file atau data yang ingin dilampirkan. Mulai dari Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Lokasi, dan Kontak. Kamu bisa memilih ikon Lokasi (yang gambarnya berupa simbol Google Maps) sebagai media unctuk melakukan pelacakan handphone lewat WA.

Akan muncul peta buta yang memuat lokasimu terkini. Pastikan jika posisimu di peta tersebut sudah benar. Jika sudah benar, maka bisa klik pilihan Berbagi Lokasi Terkini.

Ilustrasi mecak hp yang hilang. (Spesial)

4. Setelah Berbagi Lokasi Terkini, Pilih Opsi Lanjut Pada Kotak Informasi yang Tampil

Setelah menekan opsi Berbagi Lokasi Terkini, maka akan muncul kotak informasi lanjutan. Kotak informasi ini berupa pemberitahuan bahwa penerima akan mendapatkan lokasi yang kamu bagikan tadi. Akan muncul opsi Batal dan Lanjut, maka pilihlah yang opsi Lanjut.

5. Lakukan Pengaturan Jangka Waktu Berlakunya Lokasi

Karena bertujuan untuk membantu melacak hp yang hilang, maka sebaiknya pilih jangka waktu yang paling lama dari yang ditawarkan pada opsi, yaitu 8 jam. Kemudian kamu bisa menekan ikon Selanjutnya (simbol pesawat segitiga).

6. Akan Muncul Tampilan Maps pada Percakapan dengan Kontak yang Dipilih

Setelah semua langkah tadi dilakukan, nanti pada bagian percakapan akan muncul tampilan lokasi yang sudah dibagikan. Kamu bisa kembali ke bagian percakapan biasa dan nantinya kotak percakapan di penerima akan muncul lokasi yang sudah dibagikan tadi. 

7. Klik Lokasi yang Sudah Dibagikan

Pada kotak opsi, ada pilihan Lihat Lokasi Terkini. Jika Anda klik, maka lokasi yang sudah dikirimkan tadi akan terlihat di handphone si penerima. Sehingga secara otomatis si penerima akan tahu dimana lokasi terkini tempatmu berada.

Itu tadi sedikit informasi singkat untuk cara melacak hp hilang lewat WA. Untuk mengantisipasi dari hal buruk yang mungkin terjadi pada hp kita, sebaiknya berbagai cara di atas kamu terapkan sebagai bentuk waspada. Semoga bermanfaat Ladies !.