"Sara" Siap World Premiere di Busan International Film Festival 2023

Rabu, 4 Oktober 2023 | 06:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

"Sara" Siap World Premiere Di Busan International Film Festival 2023

"Sara" Siap World Premiere di Busan International Film Festival 2023. (Special)

Ladiestory.id - Bosan Berisik Lab, Ruang Basbeth Bercerita, dan Visionari Capital Film Fund dengan bangga mengumumkan World Premiere film "Sara" akan digelar di Busan International Film Festival 2023, dalam dua program; Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema dan A Window on Asian Cinema.

Ini adalah pencapaian luar biasa bagi semua yang terlibat dalam pembuatan film ini. Film yang produksinya didukung oleh Pusbang Film - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini akan menyajikan cerita tentang perjalanan seorang transpuan bernama Sara.

Lewat jumpa pers yang diadakan pada Senin (2/10/2023) di Jakarta, para filmmaker yang ada di balik film "Sara", berbagi cerita tentang alasan pembuatan film, hingga harapan saat nanti film ini diputar di Busan International Film Festival 2023.

"Ingatan di dalam film ini tak selalu baik dan indah, sering kali juga buruk dan traumatik, keduanya adalah bagian dari peristiwa kehidupan yang membentuk manusia bernama Sara; yang berusaha menghidupi cerita yang dibuatnya sendiri, sesuai dengan keyakinan dan pemahamannya atas tubuhnya sendiri, atas identitasnya sendiri, untuk mempertahankan hidup dan martabatnya sendiri, termasuk ketika ia harus berhadapan dengan ingatan ibunya yang pudar beserta luka-luka yang dideritanya. Untuk itu saya ingin mengajak penonton untuk menyaksikan dan memahami luka-luka yang ada. Dan pemutaran di Busan International Film Festival nanti, semoga Sara bisa bertemu dengan penonton yang dapat menyambutnya dengan hangat," ujar Ismail Basbeth, penulis dan sutradara Sara.

Senada dengan yang diungkapkan sang sutradara, Charlie Meliala, selaku produser dari film Sara, juga menyampaikan harapannya terkait world premier Sara di Busan International Film Festival.

"Sebagai salah satu festival film terbesar di Asia, Busan International Film Festival diharapkan menjadi tempat ideal untuk film Sara bertemu dengan penonton dan para profesional film dunia seperti Festival Film lainnya, Sales Agent, Distributor, dan lain lain. Pemutaran ini menjadi hal baik untuk memperkenalkan film ini ke para pelaku film profesional tersebut,” ungkap Charlie Meliala.

Sara adalah sebuah karya yang dibintangi oleh aktris kenamaan seperti Asha Smara Darra, Christine Hakim, Mian Tiara, dan Jajang C. Noer. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Ismail Basbeth dan diproduseri oleh Charlie Meliala dan Lyza Anggraheni. Film ini menghadirkan cerita yang kuat dan mendalam, dengan latar belakang yang mengharukan.