Sarana Edukasi Astronomi Planetarium Resmi Pindah dari Taman Ismail Marzuki ke Ancol

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Sarana Edukasi Astronomi Planetarium Resmi Pindah Dari Taman Ismail Marzuki Ke Ancol

Ilustrasi Pengunjung Planetarium dan Obsevatorium Jakarta. (Instagram.com/planetarium)

Ladiestory.id - Kabar terbaru datang dari salah satu sarana edukasi masyarakat, yaitu Planetarium dan Observatorium (POJ) Jakarta. Setelah berdiri di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat selama 58 tahun, seluruh sarana edukasi astronomi dikabarkan telah resmi pindah ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Mengenai alasan pemindahan ini, Muhammad Raihan selaku Penceramah Astronomi pun menyampaikan jika keputusan ini diambil terkait akses pandangan yang mulai terbatas di daerah Taman Ismail Marzuki, lantaran banyaknya gedung tinggi yang kini hadir di sekitar Jakarta Pusat. Akhirnya, Ancol dipilih karena akses penglihatan luas dan memudahkan untuk melihat bulan baru terbit.

"Karena bangunan di pusat kota, Cikini sana, sangat tinggi sekali. Itu salah satu sebabnya kenapa kami mengadakan kegiatan di Ancol ini, kami membutuhkan akses timur yang luas, sehingga bulan yang baru terbit akan terlihat," kata Raihan, Rabu (15/6/2022) kemarin.

Terkait Planetarium, Raihan menyampaikan jika pihaknya memiliki tugas untuk memperkenalkan astronomi kepada masyarakat, khususnya warga Jakarta. Ia turut menambahkan, banyak sekali fenomena astronomi yang menarik untuk diperkenalkan kepada masyarakat setiap tahunnya, yang bisa menjadi bahan edukasi untuk anak-anak dan masyarakat umum.

Oleh karena itu, setiap bulan, POJ memiliki banyak pengamatan bulan purnama. Ada saatnya bulan purnama lebih rendah, lebih menarik, dan secara saintifik bisa memberikan sejumlah masukan, misalnya fenomena pasang maksimum air laut. 

Sarana-sarana yang bisa digunakan masyarakat ada enam teleskop yang disiapkan POJ untuk memfasilitasi keingintahuan publik, satu teleskop untuk kebutuhan tayangan langsung (live streaming) di Youtube, dua teleskop lagi dapat digunakan bebas oleh peserta Piknik Malam yang ada di Taman Impian Jaya Ancol.

s