Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | SARAPAN GRANOLA YANG TERNYATA PUNYA BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Sarapan Granola Yang Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 27 Januari 2021 | 02:44:41
Durasi baca: 2 menit, 17 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Sarapan Granola Yang Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Granola terdiri dari rolled oats (biji gandum yang sudah digiling jadi pipih), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang sampai jadi garing. Ada juga beberapa macam granola yang dicampur dengan kismis, buah kering, kurma, kacang almond, dan lain-lain.

Kebanyakan orang mengonsumsi granola dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, ada juga yang mengonsumsi granola dengan yogurt, madu, stroberi, pisang, dan buah-buah lain. Granola bisa juga dicampur dengan sereal untuk menambah nilai nutrisinya.

Memberikan tambahan energi untuk beraktivitas

Sarapan adalah asupan penting untuk tubuh yang sebaiknya tidak dilewatkan. Pasalnya, sarapan berguna untuk memberikan tambahan energi yang kamu butuhkan untuk beraktivitas seharian. Granola adalah salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Olahan gandum ini memiliki kandungan energi yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan yogurt dan potongan buah dalam semangkuk granola.

Baca juga: Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kaya akan protein nabati

Granola memiliki komposisi yang terdiri dari kacang-kacangan dan bahan lain yang bersumber dari tanaman, sehingga bersifat nabati. Perpaduan gandum dan kacang-kacangan pada granola menjadikannya sebagai makanan yang kaya akan protein nabati. Manfaat granola ini sangat berguna bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi makanan dengan protein hewani.

Baik untuk sistem pencernaan

Memiliki bahan utama gandum, granola tentu sangat kaya serat. Kandungan serat pada granola sangat baik untuk sistem pencernaan. Terdapat dua jenis serat yang ada di dalam granola, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kandungan serat larut memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi bagi bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Sedangkan, serat tidak larut bermanfaat untuk melancarkan sistem pembuangan pada pencernaan.

Dapat membantu mengontrol berat badan

Tidak hanya baik bagi pencernaan, manfaat granola lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu untuk mengontrol berat badan. Hal ini karena granola sangat kaya serat, sehingga jika rutin mengonsumsi granola maka pencernaanmu akan baik. Metabolisme tubuh juga tentunya akan ikut membaik. Tidak hanya itu, kandungan serat pada granola juga membuat rasa kenyang yang lebih lama sehingga pola menjadi makan lebih teratur.

Menangkal radikal bebas penyebab kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh kamu dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

Melindungi sistem saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

Baca juga: Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19


Meskipun ada banyak manfaat granola, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan setelah kamu memahami apa itu granola. Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Selain itu, beras yang terdapat di dalam granola memiliki kandungan nutrisi yang tidak terlalu banyak.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Manfaat Granola Granola Menu Diet Makanan Diet Granola Untuk Kesehatan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health