Sebabkan Penuaan Dini, 5 Dampak dari Menyimpan Dendam

Senin, 9 Mei 2022 | 10:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Sebabkan Penuaan Dini, 5 Dampak Dari Menyimpan Dendam

Ilustrasi kesalahan logika berpikir. (Special)

Ladiestory.id - Apakah Kamu tahu jika menyimpan dendam terlalu lama bahkan sampai berlarut-larut, maka akan mengakibatkan hidup Kamu tidak tenang? Bahkan menyimpan dendam terlalu lama bukanlah suatu hal yang positif. Mengapa? Karena hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan Kamu baik dari segi psikis maupun fisik. 

Setiap orang pasti pernah memiliki suatu masalah dengan orang lain. Namun, cara mengatasinya tentu berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memang mau mengakui kesalahannya dan saling memaafkan, ada yang mengabaikan masalah, bahkan ada juga yang sampai menyimpan dendam.

Dendam sendiri memiliki arti dari sebuah keadaan yang mana seseorang tidak dapat melupakan kesalahan orang lain, atau dalam garis besarnya menyimpan kemarahan sampai ada niat untuk membalas perbuatan orang tersebut. 

Apa Kamu sedang merasakan hal itu saat ini? Ketahuilah, bahwa menyimpan dendam terlalu lama tidak cuma berakibat terhadap rusaknya hubungan, tetapi juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan gangguan emosi. Supaya Kamu dapat melupakan dendam yang Kamu simpan, coba cari tahu dampak apa yang akan ditimbulkan bila Kamu terlalu lama menyimpan dendam.

Mengalami Cemas dan Sulit Tidur

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Ketika Kamu menyimpan dendam terlalu lama, tubuh Kamu secara tidak sadar juga akan menderita tekanan darah dan stres yang berlebih. Selain itu, Kamu juga akan mengalami sulit tidur, mudah lelah, khawatir yang berlebihan, dan juga cemas.

Dengan demikian, Kamu harus berusaha untuk memaafkan dan melupakan hal yang sudah terjadi agar dapat memperbaiki semuanya. Sehingga Kamu juga akan merasa tenang dan damai.

Penuaan Dini

Foto: Ladiestory.id

Wah ternyata dengan menyimpan dendam, Kamu dapat mengalami penuaan dini. Karena ketika Kamu menyimpan dendam dan masalah, maka tubuh secara tidak langsung akan mengeluarkan hormon stres yang lebih banyak. Hormon itulah yang dinamakan koristol, yang mana dapat menyebabkan frustasi dan depresi.

Hasilnya, Kamu akan sulit tidur dan pola makanmu juga akan terganggu, sehingga mendorong gaya hidup tidak sehat. Hal ini juga akan berdampak pada metabolisme dan kesehatan kulit, alhasil menimbulkan penuaan dini.

Menambah Risiko Kerusakan Jantung

Ilustrasi perempuan sakit jantung. (Special)

Apabila Kamu menyimpan dendam terlalu lama, maka itu akan menumbuhkan emosi negatif di dalam diri. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab timbulnya tekanan darah tinggi. Bila dibiarkan terus menerus, pasti akan mengancam kesehatan tubuh.

Bagaimanapun cara Kamu menyimpan dendam, pasti akan selalu membuat Kamu merasa marah dan tertekan. Rasa marah dan tertekan ini jika berulang akan menambah risiko penyakit jantung.

Memicu Penyakit dengan Rasa Nyeri Kronis

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Orang yang menyimpan dendam terlalu lama akan kerap merasakan beberapa kondisi medis. Seseorang yang menyimpan dendam, mepunyai peluang yang lebih tinggi untuk menderita penyakit dengan rasa nyeri.

Penyakit tersebut seperti sakit kepala, sakit punggung, atau ulserasi lambung. Oleh karena itu, hal ini yang menjadi kemungkinan berhubungan dengan adanya gangguan psikosomatis.

Mempengaruhi Anak

Ilustrasi anak keras kepala.

Jika Kamu sebagai orang tua dan sedang menyimpan dendam untuk orang lain, maka hal itu juga akan mempengaruhi anak. Ingatlah bahwa anak merupakan seorang peniru yang handal dalam meniru dan mempraktekkan perilaku orang tuanya yang dia rekam dan lihat. Terutama jika itu berhubungan dengan perilaku kasar dan amarah.

Seorang balita bahkan tidak hanya akan merasakan amarah, namun juga dapat menyesuaikan perilaku diri terhadap amarah yang ia lihat pada orang tua. Jadi sebaiknya ketika Kamu menyimpan dendam berhati-hatilah. Jangan sampai anak melihat dan meniru perilaku tersebut.

s