Sebuah Kewajiban, Simak Contoh Adab Bergaul Kepada Orang Yang Lebih Tua Di Bawah Ini

Senin, 9 Agustus 2021 | 03:22:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sebuah Kewajiban, Simak Contoh Adab Bergaul Kepada Orang Yang Lebih Tua Di Bawah Ini

foto:ladiestory.id

Islam sudah memerintahkan umatnya dalam menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi sosok yang lebih muda. Pada kamus bahasa Indonesia orang yang lebih tua yaitu orang yang dipandang tua atau berpengalaman seperti orang tua, para pemimpin dan para penasihat.

Orang tua  memiliki peran yang sangat penting dalam proses membesarkan anaknya. Orang tua merupakan orang yang bertanggung jawab akan suatu keluarga atau tugas rumah tangga yang pada kehidupan sehari-hari disebut sebagai bapak dan ibu

Untuk orang yang lebih muda, menghormati orang yang lebih tua adalah suatu kewajiban, sebab pada dasarnya orang yang lebih tua sudah berjasa mewariskan suatu hal yang lebih bermanfaat untuk perkembangan generasi setelahnya. Sebab kemajuan suatu generasi merupakan sesuatu hal yang penting dan pernah dicapai oleh generasi sebelumnya.

Ajaran agama Islam menegaskan bahwa menghormati orang yang lebih tua usianya adalah suatu kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Artinya Allah Swt memberikan pahala yang besar terhadap orang muda yang berlaku hormat kepada orang yang lebih tua usianya.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Orang-orang yang lebih tua dari kita yang mereka paling dekat dan yang paling berhak diutamakan untuk dihormati adalah kedua orang tua kita. Kepada kedua orang tua kita, Allah Swt tidak hanya memerintah kita untuk berbuat baik, namun juga memerintahkan kita guna menghormati dan berbakti kepada mereka.

Ketika bergaul dengan orang yang lebih tua, kita harus berperilaku, bertutur kata dan berbuat hal yang baik terhadap mereka. Hal ini berdasarkan petunjuk dari Kitab Allah al Qur'an Al-karim yang antara lain sebagai berikut :

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa (An-Nisa’ : 36)

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia."

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS. Al Isra’ : 23-24)

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Terdapat adab bergaul dengan orang yang lebih tua adalah seperti di bawah ini:

  • Sikap hormat dan sopan santun dimana berada.
  • Sikap rendah hati.
  • Sikap tolong-menolong dalam kebaikan dan jangan bertolong menolong dalam hal kejahatan.
  • Berkata jujur dan mulia serta tidak menyakiti hati.
  • Berbicara dengan baik apabila tidak bisa lebih baik diam
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Adab sikap hormat kepada orang yang lebih tua adalah suatu hal yang penting, dikarenakan mereka lebih banyak pengalaman dalam hidup, ilmu dan hal lainnya yang belum tentu kita yang lebih muda bisa seperti mereka. Sehingga sudah seharusnya kita bersikap dengan berbuat baik, hormat, bersopan santun, dan bertutur kata.

Berbuat yang baik terhadap semua orang yang jauh lebih tua dari kita, baik dari lingkungan keluarga sendiri atau keluarga dekat maupun keluarga jauh, tetangga atau lingkungan manapun yang kita jumpai juga harus dilakukan.