Sedang Sakit? Yuk Baca Kumpulan Doa Ketika Sakit Ini!

Rabu, 24 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sedang Sakit? Yuk Baca Kumpulan Doa Ketika Sakit Ini!

Foto: kumparan

Ladiestory.id - Sakit merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari, meskipun seseorang sudah berusaha menjaga kesehatan. Namun dalam ajaran Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berusaha sendiri (ikhtiar) seraya berdoa kepada Allah SWT dalam menghadapi cobaan-cobaan-Nya.

Bahkan di dalam Islam, doa menghilangkan rasa sakit sudah diatur sedemikian rupa. Berdasarkan apa yang dilandaskan pada apa yang dipraktikkan oleh nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW memiliki doa-doa tertentu yang beliau lafazkan kala ingin mengobati bagian-bagian tubuh yang sedang sakit.

Doa Ketika Sakit untuk Diri Sendiri

Bacaan doa ketika sakit agar diberi kesembuhan,  ada satu riwayat yang diabadikan dalam Al-Qur’an yang mengisahkan tentang Nabi Ayyub AS.

Nabi Ayyub AS diuji oleh Allah SWT menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan selama bertahun-tahun. Namun, Nabi Ayyub tidak pernah menyerah dan terus memohon kesembuhan dengan selalu memanjatkan bacaan doa agar diberi kesembuhan.

Doa ketika sakit agar diberi kesembuhan Nabi Ayyub AS terabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al Anbiyaa ayat 83. Berikut lafal doa tersebut.

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

doa untuk sakit
Foto: CNN Indonesia

Selain itu, ada bacaan doa agar diberi kesembuhan lainnya:

“Bismillah, bismillah, bismillah. U'idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal 'adhima rabbal 'arsyil 'adhim an yasyfiyaka”

Artinya: "Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu."

1. Doa Menghilangkan Rasa Sakit Nyeri

doa untuk sakit
Foto: Halodoc

Berikut adalah bacaan doa yang dapat dilafazkan saat kita sedang merasakan sakit nyeri di tubuh.

“A'udzubillahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhadzir.”

Artinya; "Aku berlindung kepada Allah dengan kemuliaan dan kekuasaan-Nya dari segala keburukan yang kudapatkan dan kukhawatirkan."

2. Doa Menghilangkan Rasa Sakit Ringan

Ketika tubuh dilanda sakit ringan, dianjurkan untuk memohon kesembuhan dengan doa ketika sakit berikut ini. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Imam Ibnu Sunni dari Abu Abbas RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

“Bismillahil kabiri, a'udzu billahil 'azhimi min syarri kulli 'irqin na'arin wa min syarri harrin nari.”

Artinya; "Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka."

3. Doa untuk Menghilangkan Rasa Sakit Gigi

doa untuk sakit
Foto: Klikdokter

Jika kita sedang sakit gigi, hendaklah meletakkan tangan kita pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah sebanyak tiga kali lalu baca doa menghilangkan rasa sakit gigi berikut ini:

"A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru"

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

Atau, bisa juga Anda baca doa menghilangkan rasa sakit gigi yang satu ini, sesuai ajaran nabi Muhammad SAW.

"Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka”

Artinya; "Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu."

Inilah berbagai kumpulan doa ketika sakit. Bagi kamu atau orang terdekatmu yang sedang sakit, semoga cepat sembuh!