Sedang Viral Dimiliki Para Artis, Apa Itu Boneka Arwah?

Sabtu, 8 Januari 2022 | 18:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Sedang Viral Dimiliki Para Artis, Apa Itu Boneka Arwah?

Ivan Gunawan dan boneka arwah miliknya. (Instagram.com/@ivan_gunawan)

Ladiestory.id - Boneka arwah atau spirit doll akhir-akhir ini sangat viral dibicarakan oleh netizen. Hal ini bermula ketika beberapa artis kenamaan ibu kota seperti Ivan Gunawan dan Ruben Onsu mengadopsi boneka bayi yang terdapat arwah di dalamnya. Tentunya mengadopsi boneka arwah bukan sesuatu yang lazim dilakukan oleh banyak orang. Lantas apa itu boneka arwah atau spirit doll?

Apa Itu Boneka Arwah? Ini Penjelasannya

 

Ivan Gunawan and boneka arwah miliknya. (Instagram.com/ivan_gunawan)

Boneka arwah bukanlah boneka sembarangan. Selain harganya yang bisa dikatakan cukup fantastis, konon boneka tersebut sudah diisi arwah di dalamnya. Sekilas jika dilihat-lihat boneka arwah atau spirit doll akan tampak seperti bayi sungguhan. Apalagi pemiliknya juga memperlakukannya sama seperti anak manusia pada umumnya dengan memberi nama, makan, minum, dan pakaian.

Seperti pada sebuah video TikTok yang viral beberapa waktu lalu, seorang perempuan terlihat memberikan minuman bersoda kepada boneka arwah miliknya. Dirinya melekakkan minuman tersebut di depan boneka arwah tersebut dan terlihat jika minuman tersebut tersedot sedikit demi sedikit.

Boneka arwah memang baru viral di Indonesia pada 2021 ini lantaran postingan beberapa artis dengan anak bonekanya. Namun ternyata fenomena boneka arwah atau spirit doll sudah ada sejak 2016 lalu. Tepatnya dikenalkan pertama kali oleh Mae Ning, seorang penyiar radio yang berasal dari Thailand.

Mae Ning memperkenalkan boneka miliknya yang bernama Child Angel atau Luk Thep. Dirinya pun menuturkan jika di dalam boneka miliknya tersebut dihuni oleh arwah. Meskipun terkesan aneh, namun dikatakan jika interaksinya dengan Luk Thep mampu memberikan keberuntungan bagi Mae Ning selaku pemiliknya. Mae Ning pun juga harus bertanggung jawab merawat Luk Thep selayaknya merawat anak manusia dengan memberiknya makan, pakaian, serta menghiburnya.

Sejak kemunculan Luk Thep ini, banyak wanita Thailand yang kemudian mulai mengadopsi boneka arwah juga. Hal ini terjadi akibat rendahnya angka kelahiran di Thailand. Sehingga mengadopsi Luk Thep yang konon dihuni arwah bayi, bisa menggantikan kehadiran buah hati yang tidak dimiliki selama ini.

Namun selain alasan rendahnya angka kelahiran, diduga banyak masyarakat Thailand yang mengadopsi Luk Thep juga berkaitan dengan kondisi perekonomian di negara tersebut yang memburuk di 2016 lalu. Sehingga mereka percaya dengan mengadopsi spirit doll akan memberikan keberuntungan.

Entah untuk alasan apa maraknya masyakarat Thailand mengadopsi Luk Thep, namun umumnya hal ini dipercaya sebagai produk pertemuan antara beberapa kebudayaan, seperti kebudayaan Budha, Hindu, dan Animisme. Karena seperti yang kita ketahui animisme merupakan kebudayaan yang erat hubungannya dengan kepercayaan kepada makhluk halus dan roh. Sedangkan kebudayaan Budha dan Hindu juga menyembah patung kepercayaan.

Namun jika menelusuri sejarahnya lebih jauh lagi, spirit doll ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Jauh sebelum tren di Thailand pada 2016 lalu. Bentuk spirit doll pada zaman dulu pun juga sangat beragam, mulai dari berupa patung, boneka, bahkan voodoo. Pada zaman dulu boneka arwah digunakan dalam ritual magis untuk menghubungkan dengan dewa atau dewi oleh masyarakat Roma. Sedangkan di Mesir, spirit doll digunakan untuk pelepasan spiritual atau upacara keagamaan.

Saat ini untuk mendapatkan spirit doll biasanya via online. Ada beberapa situs online seperti eBay, Amazon, dan Etsy yang menjual boneka ini dengan akun penjual yang biasanya anonim. Namun siap-siap dengan pro dan kontra yang menghampiri jika Kamu berniat memilikinya. Hal ini tentunya berdasarkan dari pandangan agama dan beberapa aspek lain sehingga ada yang tidak membenarkan perbuatan tidak lazim ini.