Segera Berakhir, Intip Keutamaan Bulan Ramadan

Jumat, 21 April 2023 | 10:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Segera Berakhir, Intip Keutamaan Bulan Ramadan

Keutamaan Ramadan. (Special)

Ladiestory.id - Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim. Pasalnya dalam bulan Ramadan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, serta amal ibadah yang dilakukan selama Ramadan akan dibalas berkali-kali lipat dibandingkan dengan hari di luar bulan Ramadan.

Keutamaan Ramadan. (Special)

 

Tak hanya itu, terdapat banyak keutamaan lainnya yang terdapat pada bulan Ramadan. Yuk simak penjelasannya.

Bulan Penuh Berkah

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Disebut sebagai bulan yang penuh berkah, karena pada bulan Ramadan ini pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, setan-setan akan diikat, ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan sebagaimana yang disebutkan dalam Hadis Riwayat An Nasa’i.

Bulan Penuh Ampunan

Sebagaimana yang disebutkan dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, ketika datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup. Maka dari itu, Allah akan mengampuni setiap orang yang bertaubat di bulan Ramadan.

Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan lain yang menjadikan bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa adalah terdapat malam lailatul qadar pada bulan Ramadan. Malam lailatul qadar merupakan malam dimana Allah menurunkan ayat-ayat pertama dalam Al-Qur’an. Pada malam lailatul qadar, atas izin Allah, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberkahi orang-orang yang beribadah kepada Allah.

Dilipatgandakannya Pahala

Di bulan Ramadan, setiap amalan baik yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.

Terdapat Doa yang Mustajab

Di bulan Ramadan terdapat beberapa waktu-waktu tertentu apabila seseorang berdoa, maka doanya itu sulit tertolak. Waktu mustajabnya berdoa selama bulan Ramadan  yaitu saat sahur, selama berpuasa, dan ketika berbuka puasa. 

Dibelenggunya Setan-setan

Memasuki bulan yang penuh berkah ini, setan-setan akan dibelenggu sebagaimana yang disebutkan dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim.

Bulan Umrah

Keutamaan lain dari bulan Ramadan adalah bulan umrah, di mana jika seseorang melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan maka setara dengan haji bersama Rasulullah SAW.