Sejarah Budae Jjigae yang Tak Senikmat Rasanya

Minggu, 20 Februari 2022 | 21:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sejarah Budae Jjigae Yang Tak Senikmat Rasanya

Ilustrasi Budae Jjigae, makanan khas Korea. (Special)

Ladiestory.id - Demam Korea tak hanya melalui drama dan musik, namun juga merambah hingga kuliner. Coba perthatikan, berbagai kuliner Korea sudah mulai bermunculan di Indonesia. Bahkan ada beberapa restaurant hingga supermarket yang menyediakan makanan Korea. Nah, salah satu makanan Korea yang sering muncul di drama adalah Budae jjigae.

Apa itu Budae jjigae?

Ilustrasi Budae Jjigae, makanan khas Korea. (Special)

 

Makanan Korea ini akan sangat digemari banyak orang sebab merupakan salah satu makanan yang bahan utamanya adalah mi instan. Budae jjigae adalah makanan kreasi mi instan dari Korea Selatan yang terkenal nikmat. Ada mi instan, sayuran, daging, yang dicampur jadi satu dalam bentuk sup layaknya jjigae yang berarti sup.

Budae jjigae menjadi salah satu hidangan andalan masyarakat Korea saat berkumpul bersama keluarga ataupun teman. Sebab porsi dari makanan Korea tersebut besar dengan disajikan dalam sebuah panci atau steamboat. Makanan Korea yang satu ini lebih mempersilahkan Anda untuk bebas berkreasi menambahkan berbagai toping sesuai dengan selera.

Sejarah Budae jjigae

Ilustrasi Budae Jjigae, makanan khas Korea. (Special)

 

Siapa sangka bahwa sejarah terciptanya budae jjigae, tak seindah rasanya. Rupanya, makanan Korea ini lahir akibat krisis pangan yang diakibatkan perang Korea. Pada zaman itu, tidak ada resep budae jjigae dan dibuat tanpa sengaja oleh orang Korea Selatan yang memunguti makanan sisa dari tentara Amerika pada zaman perang. Bahkan budae jjigae sebenarnya memiliki arti 'sup pangkalan militer'.

Dilansir dari Atlas Obscura, selama perang Korea, warga berjuang melewati masa kelangkaan makanan. Bahkan sangat jarang toko yang menjual daging. Namun di dekat pangkalan militer Amerika Serikat dipenuhi makanan Amerika seperti daging kaleng dan ham.

Dari sisa makanan yang dikumpulkan, mereka menambahkan menambahkan kimchi, bawang putih, sayuran, sambal, dan mi instan khas Korea. Sup yang dihasilkan ternyata menjadi sajian yang layak makan. Hidangan ini terdiri dari campuran daging pedas, keju, dan sayuran yang gurih.

Makanan ini secara tidak sengaja merupakan makanan yang mencampurkan cita rasa Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Resep Budae jjigae

Bahan yang diperlukan :

300 gram fillet ayam, potong sesuai selera

150 gram kimchi

2 bonggol bok choy

300 gram kol, iris tipis

2 bungkus mi instan

3 batang daun bawang iris tipis

2 buah sosis, iris tipis

1 buah tahu, iris tipis

Tteokbokki secukupnya

100 gram jamur enoki

Keju mozzarella secukupnya

Bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan :

2 siung bawang putih

2 sdm gochujang

1 liter kaldu ayam

1 sdm kecap asin

1 sdm gula pasir

1 sdm minyak untuk menumis

Cara Memasak Budae Jjigae :

  1. Panaskan minyak di panci yang agak besar, lalu tumis daging ayam.
  2. Masukkan bawang putih dan daun bawang, lalu masukkan kimchi dan masak hingga bawang layu.
  3. Masukkan pasta gochujang, aduk rata.
  4. Masukkan kaldu ayam, aduk rata, bumbui dengan kecap asin dan gula, lalu didihkan.
  5. Kecilkan api, susun isian budae jjigae di panci, lalu tutup panic dan masak hingga semua bahan matang. Sajikan selagi hangat.