SEKAT Studio Siap Tampilkan "Permainan Jailangkung" di Minggu Kedua Helateater 2023

Sabtu, 25 Februari 2023 | 10:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Sekat Studio Siap Tampilkan "Permainan Jailangkung" Di Minggu Kedua Helateater 2023

Identikit by SEKAT Studio. (Special)

Ladiestory.id - Sukses dengan penampilan “Jalinan Kusam di Lemari Sosi” yang ditampilkan oleh Flying Balloons Puppet pada minggu lalu, Helateater 2023 yang mengusung tema “Teater Objek” telah memasuki minggu kedua pertunjukannya. Di minggu kedua ini, Helateater 2023 menghadirkan teater bertajuk “Identikit” yang ditampilkan oleh SEKAT Studio.

“Identikit” bercerita tentang seorang seniman yang mencoba menembus kerinduan kepada kekasihnya melalui permainan jailangkung, yang pada beberapa tempat di Indonesia dipercaya sebagai ritual penghubung dunia manusia dengan dunia arwah. 

Di dalamnya, pemanggung akan menghadirkan serangkaian objek, mulai dari topeng, boneka, aktor, bayangan hingga instrumen musik. Pada bentuknya yang paripurna, pentas ini akan menyuguhkan serangkaian permainan metafora terkait tubuh, pikiran dan jiwa manusia.

Kelompok teater asal Bekasi, Jawa Barat tersebut akan menampilkan aksinya pada Sabtu (25/2/2023) pukul 22.00 WIB dan Minggu (26/2/2023) pukul 16.00 WIB di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tiket bisa dibeli di laman tiket.salihara.org dengan harga Rp50 Ribu untuk pelajar dan Rp75 Ribu untuk umum. 

SEKAT Studio muncul sebagai sebuah komunitas rumah hantu yang terus mencari formula dan media komunikasi yang tepat dengan ‘dunia hantu’ pada 2010. Dalam perjalanannya, SEKAT Studio berusaha mendengar dan melihat cerita-cerita tentang hantu, kemudian mereka mencoba menghidupkannya lewat berbagai bentuk interaksi dan imitasi di tempat-tempat yang penuh dengan aktivitas manusia. Beberapa karya SEKAT Studio, di antaranya adalah "Trektrek dan Lapangan Bintang" (2021) hingga "Si Mata Besar dan Si Mulut Besar" (2022). 

Helateater 2023. (Special)

Untuk dikeahui, Helateater merupakan salah satu program unggulan di Komunitas Salihara. Program ini merupakan acara dua tahunan yang berjalan beriringan dengan Helatari, yaitu sebuah festival yang berfokus pada seni tari yang berakar dari berbagai latar belakang baik kontemporer maupun tradisi.