Selain ESQA Cosmetics, Sociolla Sebut Dua Brand Lokal Ini ke Vietnam

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:30:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Selain Esqa Cosmetics, Sociolla Sebut Dua Brand Lokal Ini Ke Vietnam

Sociolla. (Spesial)

Ladiestory.id - Perusahaan beauty-tech Social Bella kembali membawa 2 brand kecantikan asli tanah air untuk menjangkau pelanggan di pasar mancanegara, setelah sukses memboyong ESQA Cosmetics ke Vietnam pada 2020. Dua brand tersebut adalah Avoskin dan Carasun.

Social Bella sudah fokus berekspansi ke Vietnam selama 2 tahun belakangan ini. Di tengah pertumbuhan lokal brand yang luar biasa pesat, upaya mengembangkan brand lokal di pasar regional menjadi ambisi penting bagi Social Bella.

“Ekspansi kami bersama ESQA Cosmetics, Avoskin dan Carasun barulah awal dari ambisi kami yang lebih besar untuk turut mendorong kemajuan industri brand lokal. Menggabungkan pemahaman pasar regional yang mendalam serta kualitas produk yang dihadirkan brand lokal, kami yakin sekali dengan ambisi kami untuk memperluas pengaruh brand lokal ke luar pasar Indonesia.” ucap Christopher Madiam.

Co-Founder & Presiden Social Bella, Christopher Madiam mengungkapkan alasan khusus mengapa memilih Vietnam sebagai negara pertamanya untuk berekspansi.

Christopher Madiam, Co-Founder & Presiden Social Bella.
(Press Release Sociolla)

“Yang pertama tadi karena ada kesamaan karakteristik market dari Indonesia dan Vietnam, ini sangat amat ketara sih. Yang kedua kita melihat potensi bisnis yang dimana kita melihat dunia retail disana itu masih belum semaju di Indonesia. Yang terakhir itu secara penduduknya, penduduk di Vietnam menjadi yang lumayan signifikan di Asia Tenggara,” jelasnya.

Social Bella meyakini ketiga brand lokal yang diboyongnya ke Vietnam dapat mendorong kemajuan industri brand lokal dan mampu merebut hati pencinta kecantikan di Vietnam. Sebab, dari ESQA Cosmetics, Avoskin maupun Carasun memiliki visi yang jelas dalam mengembangkan produk kecantikan mereka. 

“Baru beberapa bulan berjalan sejak kami membawa Avoskin dan Carasun ke Vietnam, tapi perkembangannya sudah baik sekali. Meski pasar kecantikan Vietnam sangat kompetitif, ketiga brand lokal Indonesia ini mampu merebut hati lebih banyak pencinta kecantikan dengan nilai dan pendekatan unik mereka,” ujar Christopher.

Founder ESQA Cosmetics, Cindy Angelina, sebagai brand lokal pertama yang berekspansi ke Vietnam sejak 2020 mengungkapkan, bahwa dirinya sangat bersyukur karena produk-produknya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Vietnam. Ia berharap kolaborasinya dengan Social Bella mampu menginspirasi dan meyakini brand-brand lokal untuk dapat unjuk gigi menjangkau pasar internasional. 

Cindy Angelina, Founder ESQA Cosmetics. (Press Release Sociolla)

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Social Bella dan mengungkapkan kebanggannya karena telah menjadi brand lokal pertama yang masuk ke pasar Vietnam. 

“First of all, aku mau ucapin terima kasih buat Sociolla Team. Karena dari awal Sociolla its been excellent strategic partner buat ESQA,” tuturnya.

“Sebuah kebanggaan bagi kami untuk menjadi brand lokal pertama yang hadir di Vietnam bersama Social Bella. Kami bersyukur atas dukungan Social Bella sebagai mitra strategis kami dalam mengembangkan bisnis baik hingga ke pasar luar Indonesia. Banyak pengalaman menarik yang membuka mata kami selama 2 tahun berekspansi ke Vietnam. Tidak terbayangkan saat memulai ESQA kami bisa tumbuh seperti sekarang,” tambahnya.

Ekspansi Social Bella ke Vietnam terjadi di masa pandemi pada 2020 dilihat sebagai langkah yang sangat berani. Namun selama 2 tahun terakhir, perusahaan telah mencatat pertumbuhan yang memuaskan di Vietnam dengan pertumbuhan pengguna baru sebesar lebih dari 30 persen (month on month).

Dimulai dengan 1 flagship store di jantung Kota Ho Chi Minh pada 2020, hingga saat ini Sociolla telah memiliki 13 gerai yang tersebar di 3 kota besar, seperti Ho Chi Minh dan Hanoi sebagai kota utama dan baru-baru ini kota pariwisata, Da Nang. 

Luar biasanya lagi, mereka melakukan ekspansi ini secara full remote. Dikarenakan tim Social Bella di Indonesia tidak bisa datang langsung ke Vietnam begitupun sebaliknya.