Selain Menyehatkan Tubuh, Ini 7 Manfaat Kale Bagi Kecantikan

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 19:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Menyehatkan Tubuh, Ini 7 Manfaat Kale Bagi Kecantikan

Ilustrasi Kale. (Creative Market)

Ladiestory.id - Ladies, makanan seperti sayuran dan buah-buahan dikenal dapat menyehatkan bagi tubuh dan kulit. Sayuran pula dapat menangkal radikal bebas yang dapat masuk ke tubuh, bahkan saat ini berbagai produk kecantikan memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan dan sayuran sebagai kandungan alaminya.

Tentunya akan ada kandungan zat dan vitamin yang baik bagi tubuh dan kulit sehingga dapat menjadikannya agar lebih sehat salah satunya kale. Yup, sayuran yang satu ini diperkaya dengan vitamin A, K dan C yang mampu memberikan manfaat baik bagi kecantikan kulit, lho. Apa saja? Berikut diantaranya.

1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Ilustrasi Kulit Sehat. (Freepik)

 

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari kale ini ialah dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, hal ini dikarenakan kale mengandung lutein yang dapat menjaga tubuh untuk menangkal dari radikal bebas seperti polusi udara, kabut asap, rokok dan debu. Sama seperti bayam dan brokoli, kale juga mengandung anti oksidan tinggi yang dapat menjadikan kulitmu lebih lembap dan terhidrasi, selain itu mengonsumsi kale juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit secara alami, lho.

2. Mengatasi Peradangan

Ilustrasi Peradangan Kulit. (Glam)

 

Dilansir dari Styles at Life, mengonsumsi kale dengan rutin dapat membantu mencegah peradangan pada kulit diantaranya eksim, ruam kulit hingga psoriasis. Tak hanya itu, kale mengandung omega-3 dan omega-6 yang dapat menutrisi kulit serta dapat meningkatkan sifat anti inflamasi pada tubuh. Selain mengonsumsi kale, saat ini pun sudah ada produk skincare dengan kandungan kale yang bisa kamu gunakan untuk melawan masalah kulit seperti kulit sensitif dan kemerahan untuk mengurangi peradangan, Ladies.

3. Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Penuaan. (Freepik)

 

Yup, tanda-tanda yang muncul seperti kerutan dan garis halus diidentikan dengan faktor penuaan. Nah, walaupun umurmu masih terbilang muda untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulitmu, maka kamu pun bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kale. Kandungan anti oksidan pada kale ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab munculnya tanda penuaan. Kamu bisa menggunakan krim ataupun serum dengan bahan kale yang sudah banyak dijual di pasaran.

4. Menyamarkan Lingkar Hitam dibawah Mata

Ilustrasi Mata Panda. (SHEfinds)

 

Kale memiliki kandungan vitamin K yang dapat mengurangi lingkaran hitam dibawah mata serta dapat membantu mengencangkan kulit. Nah, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi kale secara langsung atau dibuat sebagai jus untuk membantu memudarkan lingkaran hitam dan kerutan dibawah matamu. Kamu pun bisa memilih rangkain produk eye cream atau anti aging dengan kandungan kale didalamnya.

5. Mendetoksifikasi Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat. (Freepik)

 

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari kale ini adalah dapat membantu mendetoksifikasi kulitmu secara alami. Saat ini pun sudah ada masker kale maupun produk facial foam berbahan dasar kale yang bisa kamu gunakan sebagai langkah mendetoksifikasi kulitmu. Tak hanya itu kamu pun bisa memasak sayur kale sesuai dengan resep kesukaanmu bahkan kale ini bisa dibuat jus untuk dikonsumsi secara langsung untuk menyehatkan kulitmu.

6. Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat. (Freepik)

 

Masalah jerawat yang membandel dapat kamu atasi dengan mengonsumsi kale. Walaupun hal ini tidak langsung memberikan efek yang instan namun kale bisa menjadi solusi alami yang bisa kamu gunakan, Ladies. Mengonsumsi kale secara rutin juga dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh untuk mencegah munculnya jerawat baru, kandungan antioksidan dalam kale ini juga dapat melawan jerawat serta sebagai anti bakteri dan anti infeksi untuk melindungi kulitmu dari masalah jerawat.

7. Menjadikan Rambut Tumbuh Lebat dan Kuat

Ilustrasi Rambut Sehat. (Tumblr)

 

Kandungan protein dalam kale juga menjadi alasan utama untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut. Fakta lainnya, kale tak hanya memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan menguatkan rambut, namun juga dapat menyehatkan kulit kepalamu. Kandungan antioksidan pada kale ini juga bisa menjadi vitamin yang mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga menjadikan rambut lebih tebal, sehat dan kuat.