Selain Percantik Ruang, 7 Tanaman Khas Imlek Miliki Makna Keberuntungan

Jumat, 9 Februari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Percantik Ruang, 7 Tanaman Khas Imlek Miliki Makna Keberuntungan

Tanaman Khas Imlek. (Special)

Ladiestory.id - Sambut perayaan Imlek atau tahun baru Cina, masyarakat Tionghoa akan disibukkan dengan mempersiapkan segala pernak-pernik maupun hiasan untuk memperindah  tampilan ruang. Seperti tujuh  tanaman khas  Imlek yang memiliki makna khusus seperti yang telah Ladiestory.id rangkum.

1. Mei Hwa

Mei Hwa. (Pinterest.com)

 

Banyak orang yang mengira jika bunga Mei Hwa sama dengan bunga sakura, padahal kenyataannya bunga ini memiliki karakteristik dan perbedaan yang cukup jelas. Bunga sakura sendiri hanya mekar saat musim semi, sedangkan bunga Mei Hwa dapat mekar sepanjang tahun. Bunga Mei Hwa memiliki arti bunga yang cantik. 

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, bunga mei hwa ini merupakan bunga yang ditanam sendiri oleh Dewi Kwan Im menjelang Imlek. Selain itu bunga Mei Hwa diartikan sebagai simbol kemakmuran, kesejahteraan serta membawa keberuntungan. Maka tak heran, jika di rumah-rumah banyak yang mendekorasi ruangannya dengan tanaman ini khususnya pada perayaan Imlek.

1. Bunga Krisan

Bunga Krisan. (Freepik.com)

 

Bunga krisan juga sering dipajang sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan rumah saat perayaan Imlek. Namun, dibalik itu terkandung makna khusus jika warna-warni bunga krisan memiliki arti dan makna khusus, diantaranya warna merah diartikan sebagai ungkapan rasa cinta, warna ungu diartikan sebagai lambang  semangat, warna kuning diartikan sebagai keceriaan dan kebahagiaan sedangkan warna putih diartikan sebagai kesetiaan dan kejujuran.

3. Bunga Lily

Bunga Lily. (Freepik.com)

 

Bunga lily juga merupakan salah satu tanaman hias yang khas saat perayaan Imlek. Bunga lily ini dilambangkan sebagai simbol keberuntungan atau kesuksesan oleh masyarakat Tionghoa, namun ada pula yang beranggapan bahwa bunga lily ini sebagai simbol kesucian, kemurnian serta memiliki makna kesopanan. 

Selain itu, setiap warna bunga lily ini pun memiliki makna khusus yang berbeda-beda pula diantaranya warna putih memiliki makna kesucian, kemurnian, kemuliaan serta persahabatan, warna merah memiliki makna kemakmuran dan kekayaan yang melimpah, warna oranye memiliki makna kebencian atau penghinaan sedangkan warna kuning dapat diartikan sebagai perasaan bahagia namun ada pula yang menyebutkan dapat memberikan makna kepalsuan atau kebohongan.

4. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek. (Freepik.com)

 

Karena keindahannya, anggrek juga memiliki simbol yang khas dalam kebudayaan Cina. Anggrek dianggap sebagai tanaman yang membawa kemuliaan, lekat dengan keindahan, selera yang baik dan lambang kemurnian. 

Selain itu, bunga anggrek memiliki makna kesuburan dan kelimpahan. Beberapa pasangan suami istri bisa memberikan tanaman anggrek sebagai hadiah saat Imlek  supaya menjadi keberkahan dalam rumah tangga atau menciptakan keluarga yang langgeng dan harmonis.

5. Pohon Jeruk Kumquat

Jeruk Kumquat. (Freepik.com)

 

Selain bunga, saat perayaan Imlek salah satu tanaman yang tak tertinggal adalah pohon jeruk kumquat atau pohon jeruk mandarin. Selain buahnya yang disajikan sebagai persembahan untuk sembahyang, pohon jeruk kumquat memiliki arti emas atau keberuntungan. 

Warna oranye pada jeruk kumquat atau jeruk mandarin ini melambangkan emas atau uang yang dapat memberi keberuntungan serta energi positif. 

Selain itu, ada pula yang beranggapan jika jeruk  kumquat diibaratkan sebagai sinar matahari yang dapat memberi energi semangat yang positif.

6. Tanaman Bambu

Tanaman Bambu. (Freepik.com)

 

Tanaman bambu atau yang biasa dikenal dengan lucky bamboo ini juga merupakan tanaman khas saat perayaan Imlek. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan apabila disimpan di dalam rumah. 

Menurut kepercayaan Feng Shui, lucky bamboo ini memiliki lima elemen dasar didalamnya seperti elemen kayu, logam, air, api dan bumi. 

Selain itu, jumlah batang dari tanaman ini pun bisa menjadi simbol pembawa rejeki  diantaranya dua batang memiliki makna penguat cinta dan pernikahan, lima batang memiliki makna kesehatan, delapan batang memiliki makna rezeki sedangkan sembilan batang memiliki makna keberuntungan.

7. Jade Plant

Jade Plant. (Freepik.com)

 

Jade Plant atau memiliki nama lain, Crassula Ovata atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai tanaman giok, sangat populer di rumah tangga Cina di seluruh dunia. Tanaman ini juga sangat populer untuk tahun baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa. Tanaman ini dilambangkan sebagai simbol kekayaan dan rezeki yang melimpah.

Nah, Ladies itulah tujuh  tanaman khas yang ada di setiap momen perayaan Imlek. Selain dapat memperindah tampilan ruang tentunya ke tujuh  tanaman hias tersebut juga memiliki simbol dan makna unik yang mendalam menurut kepercayaan masyarakatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Sumber :

 : https://www.lifestyleasia.com/hk/culture/chinese-new-year-plants-that-you-need-at-home-to-usher-luck-and-abundance-for-2024/