Selalu Dianggap Pendiam, Ini Ciri Kepribadian Introvert Sebenarnya

Kamis, 27 Januari 2022 | 11:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Selalu Dianggap Pendiam, Ini Ciri Kepribadian Introvert Sebenarnya

Ilustrasi orang dengan kepribadian introvert. (Special)

Ladiestory.id - Kepribadian introvert selalu digambarkan dengan karakter pendiam dan pemalu. Beda dengan kepribadian ekstrovert yang digambarkan dengan cerewet dan selalu ceria. Namun sebenarnya hal itu tidak selalu tepat, baik introvert atau ekstrovert tidak ada yang seratus persen benar-benar memiliki karakter seperti yang digambarkan tersebut. 

Itu artinya setiap orang punya kepribadian yang seimbang, ada sisi introvert dan ada juga sisi ekstrovertnya. Namun pasti ada salah satu dari dua kepribadian tersebut yang lebih dominan.  Jadi, bila seseorang lebih sering menjadi pemalu dan pendiam maka itu berarti Ia seseorang yang introvert, meskipun terkadang Ia juga bisa bersikap ekstrovert pada situasi tertentu. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Ladiestory.id merangkum delapan ciri dari kepribadian introvert. 

1. Tidak Suka Basa-Basi

Ilustrasi perempuan sedang ngobrol. (Special)

Orang introvert biasanya tidak suka pembicaraan yang basa-basi. Walaupun introvert sering dianggap sebagai seseorang yang pendiam, tapi bukan berarti mereka tidak suka dengan pembicaraan yang mendalam. Banyak hal menarik yang bisa dipertanyakan dan dibahas dengan kepribadian introvert.

2. Lebih Pilih Lingkaran Pertemanan yang Kecil

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Ada seseorang yang memiliki jaringan pertemanan luas dan mengenal semua orang. Kemungkinan besar orang itu berkepribadian extrovert.

Tapi tidak dengan orang introvert, Ia biasanya tidak dekat dengan banyak orang karena Ia lebih memilih berteman dengan orang terdekat. Meski begitu, orang introvert biasanya loyal dan menghargai temannya.

3. Suka Berimajinasi

Ilustrasi perempuan sedang berimajinasi. (Special)

Ciri kepribadian introvert berikutnya ialah adanya dunia batin di mana Ia membiarkan pikirannya berimajinasi  tentang hal menarik dan melepaskan diri dari suasana yang membosankan. 

4. Lebih Suka Kerja Sendiri

Ilustrasi perempuan sedang bekerja. (Special)

Bagi orang introvert saat sendirian  adalah waktu yang tenang dan produktif untuk bekerja atau melakukan aktivitas apapun yang Ia sukai. Kesempatan ini juga digunakan orang introvert untuk berpikir dan kreatif.

Beda dengan extrovert yang seringkali merasa bosan dan kontraproduktif saat sedang sendirian. Extrovert perlu rangsangan dari lingkungan sekitarnya untuk bisa bersemangat.

5. Bersosialisasi Hanya Buang-buang Energi

Ilustrasi orang introvert yang sulit bersosialisasi. (Special)

Bersosialisasi dengan lingkungan baru dan dikelilingi orang-orang yang tidak dikenal kadang terasa sulit bagi orang introvert.

Namun, ada juga orang introvert yang dapat beradaptasi dan interaksi dengan orang lain dalam lingkungan yang baru. Tapi, biasanya setelah itu, Ia merasa kelelahan dan butuh waktu untuk sendiri atau bersama dengan  teman dekatnya.

6. Lebih Suka Menulis daripada Bicara

Ilustrasi orang sedang menulis. (Special)

Orang dengan kepribadian introvert lebih memilih menulis apa yang ada dipikirannya daripada mengatakan pendapatnya secara langsung. Hal ini karena cara komunikasi orang introvert yang memperhatikan secara detail apa yang disampaikan dengan benar. Dengan menulis, orang introvert bisa berpikir  apa yang ingin dibicarakan terlebih dahulu.

7. Dapat Dipercaya

Ilustrasi orang ngobrol. (Special)

Orang introvert adalah orang yang dapat dipercaya, ia bisa menyimpan rahasia dengan baik. Hal ini karena sifat introvert yang peduli, ia mengerti bagaimana sulitnya mendapatkan seseorang yang benar-benar bisa dipercaya.

8. Lebih Pilih Profesi yang Memberikan Kebebasan 

Ilustrasi orang profesi penulis. (Special)

Seorang yang berkepribadian introvert tidak suka dengan profesi yang mengharuskannya berinteraksi dengan banyak orang. Ia lebih memilih profesi yang memberikannya kebebasan dalam mengekspresikan ide dan pikirannya, seperti penulis, desain grafis, atau seniman.