Selamat! Maricielo Gamarra Wakil Peru Raih Mahkota Reina Hispanoamericana 2023/2024

Jumat, 2 Februari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selamat! Maricielo Gamarra Wakil Peru Raih Mahkota Reina Hispanoamericana 2023/2024

Maricielo Gamarra Reina Hispanoamericana 2023/2024. (Instagram.com/rhispanaoficial)

Ladiestory.id - Ladies, kontes kecantikan internasional yakni Reina Hispanoamericana 2023 baru saja usai, wakil dari Peru yakni Maricielo Gamarra berhasil keluar sebagai pemenang utama Reina Hispanoamericana 2023/2024 edisi ke-32 dan berhasil  mengalahkan 35 wanita dari berbagai negara pada malam final yang digelar di Santa Cruz de la Sierra, Bolivia, pada Minggu  (28/1/2024) waktu setempat, dengan proses karantina yang berlangsung sejak 11 Januari 2024 hingga malam grand final 28 Januari 2024 (waktu Bolivia) dan 29 Januari 2024  (waktu Indonesia).

Reina Hispanoamericana merupakan sebuah kontes kecantikan wanita internasional yang diikuti oleh negara-negara memiliki bahasa, budaya atau keturunan Spanyol. Kontes kecantikan ini berbasis di Santa Cruz de la Sierra, Bolivia. Sebelumnya kontes kecantikan ini bernama Reina Sudamericana (dalam bahasa Inggris berarti South American Queen). Pada tahun 2007 kontes ini berganti nama menjadi Reina Hispanoamericana. Oleh sebab itu, kontes kecantikan ini pun didominasi oleh wanita dari negara Amerika Latin.

Arlette Rujel dari Peru  merupakan pemenang Reina Hispanoamericana 2022 menyerahkan mahkotanya kepada  Maricielo Gamarra pada sesi crowning moment saat malam grand final.  Wanita  berusia 25 tahun yang  berprofesi sebagai model, presenter  dan lulusan dari University of Piura jurusan Ilmu Komunikasi ini berhasil menjuarai kontes kecantikan yang telah digelar sejak tahun 1991. Fakta menariknya Maricielo Gamarra merupakan perwakilan Peru di kontes kecantikan tersebut terpilih kembali (back to back) memenangkan gelar Reina Hispanoamericana 2023/2024.

Dari ke-35  finalis Reina Hispanoamericana 2023/2024 terpilih Top 13 semifinalis kemudian dipilih kembali menjadi Top 6 finalis. Adapun penilaian ini juga berdasarkan dari proses karantina harian yang dinilai oleh para juri serta deep interview maupun beberapa challenge diantaranya swimsuit competition, national costume competition hingga evening gown.

Adapun negara yang berhasil lolos dalam jajaran Top 13 semifinalis ini diantaranya adalah

  •         Brasil – Cinthya Moura
  •         Venezuela  – Fernanda Rojas
  •         Kolombia  – Paula Andrea Alarcon
  •         Indonesia  – Chesy Anribka Mose
  •         Republik Dominika – Melissa Dominguez
  •         Bolivia –  Darla Reyes
  •         Ekuador – Juliana Robles
  •         Curacao  – Bianty Gomperts
  •         Filipina – Michelle Arceo
  •         Puerto Riko – Sarahi Figueroa
  •         Italia – Vanessa Ortiz
  •         Peru  – Maricielo Gamarra
  •         Meksiko – Carolina Perez (Popular Vote)

Kemudian seluruh finalis yang berhasil masuk ke jajaran Top 13 ini akan dipilih kembali untuk menentukan Top 6  finalis dalam sesi Q&A. Adapun ke-6 besar finalis yang berhasil lolos ialah Peru, Venezuela, Brasil, Filipina, Curacao dan Kolombia.

Top 5 Reina Hispanoamericana 2023/2024. (Instagram.com/rhispanaoficial)

 

Maricielo Gamarra berhasil  mencuri perhatian juri dan  mengalahkan ke-enam besar finalis Reina Hispanoamericana 2023/2024 diantaranya Fernanda Rojes dari Venezuela  meraih gelar  Virreina Hispanoamericana 2023/2024, Cynthia Moura wakil dari Brasil meraih 1st-Runner Up, Michelle Arceo wakil dari Filipina meraih 2nd-Runner Up,  Bianty Gomperts wakil dari Curacao meraih 3rd-Runner Up dan Paula Andrea Alarcon wakil dari Kolombia meraih 4th-Runner Up.

Chesy Anribka Mose Top 13 Reina Hispanoamericana 2023/2024. (Instagram.com/chesy.mose)

 

Sementara itu wakil Indonesia yakni Chesy Anribka Mose yang juga merupakan Top 5 Miss Mega Bintang Indonesia 2023 yang berasal dari Yayasan Dunia Mega Bintang Indonesia dan diprakarsai oleh Ivan Gunawan debut pertama kalinya dalam ajang kecantikan Reina Hispanoamericana 2023/2024. Chesy berhasil lolos dalam Top 13 semifinalis dan berhasil meraih gelar Miss Elegancia.

Maricielo Gamarra berhasil membawa pulang kembali mahkota Reina Hispanoamericana 2023/2024 setelah wakil Peru di tahun sebelumnya juga berhasil keluar sebagai pemenang utamanya. Kesuksesan Maricielo Gamarra kembali membawa kabar bahagia bagi seluruh masyarakat Peru dan pageant lovers di negaranya. 

Selain itu, wanita yang dikenal sebagai pageant fighter  dan pernah mewakili Peru di ajang kecantikan grand slam Miss Grand International 2020 di Bangkok, Thailand  ini akan menjalankan visi dan misi serta tugasnya sebagai Reina Hispanoamericana 2023/2024 selama satu tahun kedepan.

Sekali lagi selamat untuk kemenangan  Maricielo Gamarra.