Organisasi Dikabarkan Bermasalah, Miss USA dan Miss Teen USA 2023 Resign Bersamaan

Minggu, 19 Mei 2024 | 20:28:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Organisasi Dikabarkan Bermasalah, Miss Usa Dan Miss Teen Usa 2023 Resign Bersamaan

Miss USA & Miss Teen USA 2023. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, akhir-akhir ini dunia beauty pageant kembali dikejutkan dengan kabar Miss USA dan Miss Teen USA 2023 yang memilih resign dari jabatannya. Hal ini pun banyak menimbulkan tanda tanya serta spekulasi terkait hubungan pemenang kontes kecantikan dan pihak organisasi Miss USA dan Miss Teen USA yang tidak sejalan. 

Bahkan tak hanya para pemenang dari kontes kecantikan tersebut yang mengundurkan diri, beberapa karyawan pun memilih untuk resign dari pekerjaannya. Berikut sederet fakta dan kontroversi dari Miss USA dan Miss Teen USA 2023 yang telah Ladiestory.id rangkum.

Perbedaan Prinsip dan Kesehatan Mental

Miss USA & Miss Teen USA 2023. (Instagram.com/missusa)

 

Dilansir dari People, Miss USA 2023 Noelia Voigt dan Miss Teen USA 2023 UmaSofia Srivastava mengundurkan diri dari gelar mereka dalam beberapa hari setelahnya pada Mei 2024, membuat banyak orang bertanya-tanya apa yang mendasari keputusan mereka.

Noeila Voigt mengatakan bahwa pilihannya adalah untuk melindungi kesehatan mentalnya, sedangkan UmaSofia Srivastava menjelaskan bahwa ia memilih untuk mengundurkan diri karena “nilai-nilai pribadinya tidak lagi sepenuhnya selaras dengan arah organisasi,” tulisnya dalam pernyataan di Instagram pribadinya. Selain itu, UmaSofia Srivastava menambahkan bahwa masa depannya termasuk kuliah dan mempersiapkan diri untuk ujian.

“Saya masih duduk di kelas satu SMA dan akan mendaftar ke perguruan tinggi,” kata UmaSofia Srivastava. “Jadi saya bersemangat untuk menjelajahi masa depan saya dan menemukan apa yang membuat saya menjadi diri saya lagi, “ ungkapnya.

Sebelumnya Noeila Voigt yang mewakili Utah dalam kontes nasional Miss USA, berhasil keluar sebagai pemenang utama Miss USA 2023 pada September 2023. Bahkan ia berhasil mencetak sejarah sebagai waniita Venezuela-Amerika Serikat pertama yang berhasil meraih gelar Miss USA setelah tiga kali berturut-turut dirinya harus bertahan sebagai runner-up.

Sementara itu rekannya yang lebih muda yakni UmaSofia Srivastava yang mewakili New Jersey dalam pemilihan kontes kecantikan nasional Miss Teen USA berhasil keluar sebagai pemenang utamanya. Ia pun menjadi wanita pertama berdarah Meksiko-India yang berhasil meraih gelar Miss Teen USA 2023.

Mantan Direktur Media Sosial  Miss USA Mengundurkan Diri

Claudia Michelle. (Instagram.com/claudiamichelle)

 

Sebelum Voigt atau Srivastava mengundurkan diri, mantan direktur media sosial, Claudia Michelle mengumumkan di akun Instagram pribadinya, bahwa   ia akan mengundurkan diri dari jabatannya. Ia mengklaim bahwa organisasi tersebut menjanjikannya sebuah tim untuk bekerja sama saat ia dipekerjakan yang menurutnya tidak terjadi saat ia bergabung  dan mereka tidak membayarnya untuk dua bulan pertama bekerja.

Michelle mencatat bahwa “Ditawari pekerjaan impian Anda dan melihat bahwa pekerjaan itu sama sekali tidak sesuai dengan harapan Anda sangat mengecewakan” sebelum menambahkan bahwa karena ia tidak menandatangani NDA atau kontrak apa pun, ia dapat berbicara dengan bebas tentang apa yang ia anggap sebagai perlakuan yang tidak sopan dari para pemegang hak.

“Saya tidak percaya pada keberpihakan. Saya percaya untuk mengatakan yang sebenarnya," Michelle menyimpulkan. “Saya yakin kesehatan mental dan kebahagiaan Noelia dan Uma telah dirugikan dan saya tidak bisa tinggal diam tentang hal itu.”

Rekan Finalis Miss USA 2023 Angkat Bicara

Miss USA 2023 & Miss Teen USA 2023. (Instagram.com/missteenusa)

 

Setelah pengunduran diri Noelia Voigt, rekan-rekannya di Miss USA angkatan 2023 menyuarakan dukungan mereka, salah satunya datang dari  Miss Florida USA 2023, Caroline Dixon yang mengunggah pernyataan lewat media sosial Instagram-nya.

“Mayoritas anggota Miss USA angkatan 2023 mendukung keputusan Noelia Voigt untuk mengundurkan diri dari gelar Miss USA,” tulisnya. “Memprioritaskan kesehatan mental seseorang adalah hal yang paling penting, dan kami mendukungnya.”

Pernyataan tersebut kemudian meminta organisasi tersebut untuk membebaskan Voigt dari “klausul kerahasiaan NDA dalam kontraknya” sehingga ia dapat berbicara dengan bebas tentang pengalamannya.

Selain itu beberapa rekan lainnya yakni Miss Carolina USA 2023, Jordyn Ashlee McKey, Miss Wisconsin USA 2023, Alexis Loomans dan Miss New York USA 2023, Racheel di Stasio juga turut membagikan cerita dan dukungan mereka kepada Noelia di media sosial Instagram pribadinya “Tujuan kami adalah mengembalikan suara Noelia,”  tulis mereka. “Kami meminta transparansi penuh untuk para kontestan di angkatan 2023  dan seterusnya.”

Sistem Manajerial yang Buruk dan Pelecehan Seksual

Noelia Voigt. (Instagram.com/noeliavogt)

 

Tak hanya memberikan panggung hiburan yang spektakuler serta glamornya kontes kecantikan yang menjadi impian banyak wanita untuk merebut gelar dan mahkota yang langka didapatkan. Kontes kecantikan memberikan daya tarik yang luar biasa bahkan mampu mempertahankan eksistensinya hingga puluhan tahun sehingga menjadi pusat perhatian dunia. Namun, disisi lain ada banyak isu, kontroversi dan drama dibaliknya.

Dilansir dari CNN, dalam surat pengunduran diri yang diberikan kepada organisasi Miss USA dan diperoleh CNN, Noelia Voigt menguraikan sejumlah masalah, mulai dari masalah manajerial yang membuat frustasi hingga tuduhan yang lebih serius.

Di dalamnya, ia menggambarkan  “lingkungan kerja yang toxic” adalah manajemen yang buruk serta yang paling buruknya  adalah penindasan dan pelecehan.

Dia menuduh CEO kontes tersebut, Laylah Rose, “memfitnah” karakternya dalam percakapan dengan orang-orang di dalam dan di luar organisasi, termasuk menyebut Noelia Voigt “sakit jiwa”. Laylah Rose adalah seorang pengusaha dan CEO VIP Pageantry Network, yang mengambil alih organisasi tersebut pada tahun 2023.

Noelia Voigt mengatakan bahwa komunikasi Laylah Rose kepadanya dingin dan agresif,  ia tidak pernah menerima pertemuan formal tentang tanggung jawabnya. Terlepas dari kurangnya komunikasi tentang perannya, dia terus-menerus  diancam dengan tindakan disipliner, termasuk mengambil gaji sebagai haknya menjalankan tugas Miss USA 2023.

Organisasi ini juga gagal mengatur akomodasi perjalanan untuk Noelia Voigt beberapa kali dan tidak memberinya apartemen dan mobil selama berbulan-bulan, seperti yang telah diuraikan dalam paket hadiahnya.

Dia juga tidak memiliki pendamping atau pengawalan yang efektif dan yang  terakhir ini mengarah pada kejadian di mana Noelia Voigt mengatakan bahwa dia dilecehkan secara seksual saat acara parade Natal di Sarasota, Florida ketika sendirian dengan orang yang tidak disebutkan namanya di dalam mobil.

Dia juga tidak dapat menyuarakan keprihatinannya secara terbuka, dengan mengatakan bahwa dia dibungkam secara kontrak agar tidak dapat berbicara untuk diri saya sendiri.

Savannah Gankiewicz Gantikan Posisi Noelia Voigt Sebagai Miss USA 2023

Savannah Gankiewicz. (Instagram.com/savannahmarai)

 

Pada tanggal 9 Mei 2024, organisasi Miss USA mengumumkan bahwa Savannah Gankiewicz, Miss Hawaii USA 2023 yang juga  runner-up pertama di kontes Miss USA 2023, akan mengambil alih gelar nasional dan tanggung jawabnya. Ia akan secara resmi dinobatkan pada tanggal 15 Mei 2024.

“Kami bangga menobatkan Savannah sebagai Miss USA 2023, representasi sejati dari visi, kecerdasan dan kasih sayang,” kata Laylah Rose dalam sebuah pernyataan. “Dedikasinya untuk memberdayakan wanita melalui cinta diri dan kepercayaan diri sangat menginspirasi, dan kami menantikan masa pemerintahannya yang penuh dampak sebagai Miss USA.”