Semakin Kompetitif, "Grammy Awards 2023" Tambah 5 Kategori Baru

Senin, 13 Juni 2022 | 11:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Semakin Kompetitif, "Grammy Awards 2023" Tambah 5 Kategori Baru

Grammy Awards (Special)

Ladiestory.id - Recording Academy beberapa waktu lalu resmi mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan lima kategori baru di "Grammy Awards 2023". Kategori tersebut terdiri dari Songwriter of the Year (Non-Classical), Best Alternative Music Performance, Best Americana Music Performance, Best Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media, dan Best Spoken Word Poetry Album.

Sejumlah perubahan aturan juga ditambahkan dalam ajang penghargaan musik bergengsi itu. Perubahan aturan ini dibuat berdasarkan voting dan diajukan dalam rapat dewan pengawas Recording Academy per setengah tahun pada bulan lalu. Kemudian, keputusan akhirnya ditetapkan pada Rabu (9/6/2022).

Aturan tentang pembatasan pengajuan oleh setiap anggota adalah salah satu perubahan aturan penting yang diajukan. Di mana sebelumnya, jumlahnya tidak dibatasi, tetapi kali ini setiap anggota hanya dapat mengajukan maksimal lima pengajuan.

Untuk yang ingin mengajukan lebih dari lima, maka akan dikenakan biaya. Namun, berdasarkan Recording Academy, pembebanan biaya untuk tambahan pengajuan ini juga akan mempertimbangkan artis yang tengah mengalami kesulitan finansial.

Lima kategori baru yang akan dimasukkan ke dalam "Grammy Awards 2023" menjadikannya memiliki total 91 kategori. Jumlah ini naik dari tahun-tahun sebelumnya, di mana "Grammy" hanya memiliki 78 kategori setelah terakhir kali pada 2010 menyuguhkan 109 kategori.

“Kami melakukannya dengan cara untuk memastikan kami mewakili musik dan pada akhirnya itulah tujuan kami. Saya tidak peduli apakah itu 50 kategori atau 150 kategori. Nomornya tidak penting. Yang penting bagi saya dan bagi kami dan dewan [pengawas] kami adalah bahwa kami mengenali musik dengan cara musik itu dibuat," jelas CEO Recording Academy, Harvey Mason Jr, yang dilansir Billboard.

Kategori Songwriter of the Year (Non-Classical) ditujukan untuk para penulis lagu yang bukan merupakan penampil maupun produser. Kemudian untuk kategori Best Alternative Music Performance diadakan agar musik alternatif juga memiliki dua kategori berbeda seperti kategori untuk bidang lainnya. 

Untuk kategori Best Americana Music Performance, alasan diadakannya adalah karena selama ini musik Americana dimasukkan ke dalam kategori The Best American Roots Performance yang juga mencakup jenis musik bluegrass, blues, folk, dan regional. Maka dengan diadakannya kategori baru ini diharapkan angka pengajuan untuk kategori tersebut dapat dibagi menjadi dua.

Sama halnya dengan Best Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media yang diadakan untuk memisahkannya dari kategori Best Score Soundtrack for Visual Media. Best Spoken Word Poetry Album juga diadakan untuk memisahkannya dari kategori Audio Books and Storytelling for Best Spoken Word Poetry Albums.

s