Sempat Alami GERD, Maia Estianty Disarankan Operasi Batu Empedu

Selasa, 5 April 2022 | 12:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Sempat Alami Gerd, Maia Estianty Disarankan Operasi Batu Empedu

Maia Estianty. (Instagram.com/maiaestiantyreal)

Ladiestory.id - Maia Estianty beberapa waktu lalu sempat dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) lantaran terserang GERD. Ia sudah dirawat di rumah sakit selama 4 hari, namun kondisinya tak kunjung membaik.

Mengetahui kondisinya, Maia Estianty lantas berkonsultasi ke dokter langganan spesialis penyakit dalam. Melalui cuplikan video Youtube yang diunggah melalui Instagram pribadinya, Maia mengungkapkan bahwa sang dokter menemukan adanya batu empedu.

“Karena aku empat hari nggak membaik, aku kontak dokter Chang, ahli pencernaan bagian dalamlah pokoknya. Oleh dokter Chang dikasih tahu kenapa GERD ku kambuh, ternyata karena batu empedu,” ucap Maia Estianty.

Unggahan Maia Estianty. (Instagram.com/maiaestiantyreal)

Maia Estianty melakukan USG dan tampak ada bulatan dua buah yang menghambat saluran empedunya. Menurut dokter Chang, batu empedu tersebut yang menyebabkan Maia lambungnya menjadi sakit.

“Karena batunya besar dia mau masuk ke saluran nggak bisa, nyangkut di situ, bikin sakit," kata Maia Estianty.

Batu empedu tersebut sudah berukuran cukup besar. Maia Estianty mengatakan bahwa empedunya memang telah mengalami masalah dari beberapa tahun lalu.

Hal ini bukanlah pertama kali Maia Estianty berkonsultasi dengan dokter Chang. Namun, batu empedu tersebut ukurannya mengecil usai melakukan konsultasi.

“Ditemukan batu empedu 2 cm, aku sebenarnya dari beberapa tahun lalu aku sudah bertemu dokter Chang dan disarankan potong aja kantung empedu, dan aku tuh ragu-ragu kan dok, which is dari 3cm menurun jadi 2cm karena terapi apel, tapi kan sekarang nyerang ke GERD, jadi menurut dokter gimana?" tanya Maia Estianty.

Dokter Chang menjelaskan bahwa batu empedu tak dapat hilang dengan melakukan terapi makan apel. Salah satu jalan keluarnya yaitu dengan melakukan tindakan operasi untuk memotong batu yang menyakut.

“Dokter Chang udah menyarankan aku untuk dipotong aja kantong empedu, jadi gimana nih guys operasi nggak nih?" ujar Maia Estianty.