Sempat Terdampak Pandemi, Ramadhan Jazz Festival 2022 Kembali Digelar Offline

Selasa, 26 April 2022 | 00:01:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Sempat Terdampak Pandemi, Ramadhan Jazz Festival 2022 Kembali Digelar Offline

Mahalini dan Rizky Febian di Ramadhan Jazz Festival 2022, Jakarta. (Instagram.com/mahaliniraharja)

Ladiestory.id - Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival” dengan tema Melody of Kindness. Kegiatan yang memiliki makna "tatkala melodi dilantunkan kebaikan senantiasa disyiarkan" ini digelar di Plataran Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat pada Jumat dan Sabtu, 22-23 April 2022.

Ketua Umum Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA), Muhammad Husein, mengatakan, pelaksanaan kegiatan tahunan Ramadhan Jazz Festival bertujuan tidak hanya memberikan kegiatan konser musik yang biasa, tetapi juga mempunyai nilai-nilai positif baik bagi penyelenggara maupun pengunjung RJF itu sendiri.

“Kegiatan ini memiliki nilai dakwah untuk anak muda yang hadir di Masjid, bukan hanya sekedar beribadah tetapi juga melakukan aktifitas yang positif, khususnya bagi audiens yang hadir yakni melalui kegiatan donasi. Melalui kegiatan RJF ini dapat memberikan nuansa damai serta cinta untuk semua kalangan, khususnya lintas agama, serta ikut andil dalam mendukung pemerintah dalam hal memajukan bangsa," ujar Husein dalam rilis yang Ladiestory.id terima.

GANGGA menjadi pengisi acara di Ramadhan Jazz Festival 2022, Jakarta. (Instagram.com/ganggaksm)

 

Ramadhan Jazz Festival tahun ini akhirnya dilaksanakan secara offline meskipun dengan pembatasan jumlah penonton dan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai panduan CHSE yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Project Officer 11th Ramadhan Jazz Festival, Wildan Anugerah mengatakan, dengan rangkaian acara yang akan dimulai setelah salat Tarawih ini, Ramadhan Jazz Festival dimeriahkan oleh beberapa artis Ibu Kota, seperti Dwiki Dharmawan n Friends feat Innayah dan Ustadz Erick Yusuf, MALIQ & D’Essentials, Rio Moreno Latin Combo, GANGGA, Mahalini, Teddy Adhitya, Rizky Febian, Saxx in The City, SIVIA, Ecoutez, serta Ziva Magnolya.

Sivia Azizah menjadi pengisi acara di Ramadhan Jazz Festival 2022, Jakarta. (Instagram.com/siviazizah)

"Seperti melodi yang dapat didengar & dinikmati oleh berbagai kalangan, dari tahun ke tahun RJF juga akan terus menyebarkan melodi-melodi kebaikan, seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT lewat Firman-NYA dan dan dicontohkan oleh para Nabi agar umat manusia harus dapat berbagi kebaikan terhadap sesama," ungkapnya.

Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan Founder RJF yang juga Managing Director WartaJazz mengungkapkan, RJF yang dirancang sebagai sarana dakwah kekinian ini akan terus relevan di kalangan muda atau millenial bahkan generasi Z, meredefinisi tentang hubungan anak muda dan masjid lewat musik jazz sebagai medium perekatnya.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan meridhoi sehingga kegiatan ini menebarkan manfaat bagi penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir secara langsung ataupun menonton secara live streaming. Kekuatan RJF ada pada narasi & syiar yang mendobrak gaya dan cara yang out of the box," tuturnya.

Meski hujan sempat turun semenjak sore hingga jelang acara, namun tidak menyurutkan antrian penonton memasuki area festival. Para penonton melakukan scan aplikasi Peduli Lindungi dan pemakaian wrist-band untuk pembeli tiket donasi yang hasilnya sekitar Rp186 Juta ditambah donasi via KitaBisa sebesar Rp8.031.694.

Kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2022 didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Experience Board, Yayasan Masjid Cut Meutia, serta para sponsor pendukung, seperti: Wardah Cosmetics, Kahf, Derma Express, GOERS, Pocari Sweat, Prodia, IDQ Loyalty, Hotel Sofyan, dan Kitabisa.