Senyum Sumringah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Diarak Naik Kereta Kencana

Minggu, 11 Desember 2022 | 11:15:00

Senyum Sumringah Kaesang Pangarep Dan Erina Gudono Diarak Naik Kereta Kencana

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Ladiestory.id - Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (11/12/2022). Sebelum ditutup dengan acara tasyakuran dan resepsi, pasangan pengantin akan melakukan prosesi kirab.

Kaesang dan Erina diarak dari Loji Gandrung di Jalan Slamet Riyadi, menuju ke Pura Mangkunegaran pada pukul 8.15 WIB. Mereka menaiki kereta kencana melewati kawasan car free day (CFD). Rangkaian kereta Kaesang dan Erina dikawal oleh jajaran Abdi Dalem Keraton Surakarta. 

Senyum sumringah tampak menghiasi wajah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pasangan ini tak henti-hentinya melempar senyuman seraya melambaikan tangan untuk menyapa masyarakat yang hadir. Kedatangan mereka disambut antusias oleh warga lokal yang memadati ruas jalan sepanjang 1,8 kilometer. 

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Kereta kencana Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berjalan beriringan dengan kereta kuda yang mengangkut keluarga besar mereka. Tampak Presiden RI Joko Widodo menyapa warganya sambil membagikan suvenir pernikahan. Dia didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan busana serupa.

Keluarga Kaesang dan Erina kompak memakai kebaya beludru berwarna biru tua. Para pria mengenakan blangkon di kepala mereka, sementara para wanita memakai sanggul klasik khas Jawa. Untuk sang pengantin baru, mereka memakai baju pengantin adat Jawa, dodotan.

Kirab Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Sebelum acara kirab, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi ngunduh mantu terlebih dulu. Upacara ngunduh mantu memang sengaja digelar oleh pihak keluarga Kaesang dan Erina untuk melestarikan budaya Indonesia. 

Serangkaian prosesi dalam ngunduh mantu dimulai dari gepyokan, sungkeman, tumplak punjen, nyebar udik-udik (uang), sampai gegalan atau membagi perlengkapan rumah tangga. Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina dilakukan pada pagi hari, dimulai pukul 7.30 WIB sampai 8.15 WIB.