Sepatu Putih Menguning? Bersihkan dengan 5 Bahan yang Ada di Rumah

Rabu, 15 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sepatu Putih Menguning? Bersihkan Dengan 5 Bahan Yang Ada Di Rumah

Ilustrasi sepatu menguning. (Special)

Ladiestory.id - Beberapa orang gemar memilliki sepatu berwarna putih lantaran sangat mudah untuk dipadukan dengan berbagai macam outfit. Namun, banyak orang juga kesal memiliki sepatu warna putih lantaran cepat kotor.

Agar tetap bisa tampil kece tanpa perlu berpikir pusing, ada beberapa cara mudah membersihkan sepatu berwarna putih. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan pun tersedia di rumah.

Sabun Cuci Piring dan Air Hangat

Ilustrasi sabun cuci piring. (Special)

Bahan di rumah yang bisa dijadikan bahan untuk mencuci sepatu putih yang menguning adalah sabun cuci piring dicampur dengan air hangat. Perpaduan bahan ini mampu membuat sepatu berwarna putih bersih kembali.

Caranya pun terbilang mudah. Siapkan air hangat sebanyak 240 ml. Kemudian, larutkan dua sendok teh sabun cuci piring ke air hangat tersebut.

Pastikan larutan tersebut tercampur dengan baik. Lalu celupkan sikat yang hendak digunakan membersihkan sepatu putih. Agar sepatu tidak rusak, sebaiknya gunakan sikat yang lembut. Lalu sikat sepatu secara keseluruhan terutama pada bagian noda yang susah hilang.

Sebenarnya, cara seperti ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun, cara ini bisa digunakan untuk membersihkan semua jenis sepatu. Mulai dari sepatu berbahan kets, kain, hingga sepatu kulit.

Baking Soda dan Deterjen

Ilustrasi baking powder. (Special)

Baking soda menjadi salah satu bahan yang paling ampuh untuk membersihkan noda. Bahkan, bahan yang satu ini sudah terkenal di sepanjang waktu.

Bahan dasar untuk roti ini kerap digunakan untuk membersihkan noda di karpet, pakaian, hingga sepatu terang. Salah satunya adalah sepatu berwarna putih yang sudah menguning. Cara penggunaan kedua bahan ini terbilang mudah. Pasalnya, Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan deterjen.

Perbandingan kedua bahan ini yakni 1:2 yang kemudian dicampur menjadi satu dan dibiarkan hingga mengering. Seusai menjadi kering, Kamu hanya perlu menaburkan campuran tersebut pada sepatu putih yang memiliki noda. Lantas, biarkan sepatu itu kira-kira selama dua jam. Barulah bersihkan sepatu dari taburan baking soda dan deterjen menggunakan air hangat.

Kamu juga bisa memasukkan sepatu tersebut ke dalam mesin cuci. Namun perlu diingat, agar sepatu tidak rusak, Kamu perlu mengatur mesin cuci dengan pengeringan paling rendah.

Pasta Gigi

Ilustrasi pasta gigi mengandung flouride. (Special)

Pasta gigi menjadi salah satu bahan yang terkenal dapat digunakan untuk membersihkan sepatu berwarna putih. Ya, pasta gigi tak hanya digunakan untuk membersihkan atau memutihkan gigi saja. Bahan yang satu ini memang kerap digunakan oleh anak muda saat menyuci sepatu. Pasalnya, pasta gigi sangat mudah didapatkan.

Selain itu, membersihkan sepatu dengan pasta gigi pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke area sepatu yang memiliki noda. Seusai dioleskan secara merata, diamkan pasta gigi itu mengering di sepatu selama 15 hingga 20 menit. Barulah bersihkan sisa pasta gigi di sepatu dengan kain yang lembab.

Pemutih

Ilustrasi pemutih. (Special)

Pemutih memang menjadi salah satu bahan yang terbilang keras. Meski begitu, pemutih adalah bahan yang ampuh untuk membersihkan sepatu putih yang sudah menguning atau pun memiliki noda.

Namun ingat, jika Kamu memilih pemutih untuk membersihkan sepatu putih, sebaiknya gunakan sarung tangan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan Kamu sedang berada di tempat yang terbuka. Kemudian, gunakan handuk microfiber yang sudah dibasahi untuk mengusap sepatu yang menguning. Jika sudah, biarkan sepatu kering dengan sendirinya lantaran terkena tiupan angin alami.

Micellar Water

Ilustrasi micellar. (Special)

Mungkin bahan yang satu ini jarang diketahui oleh beberapa orang terutama para laki-laki. Micellar water merupakan salah satu skincare yang digunakan untuk membersihkan wajah yang kotor. Fungsi utama dari micellar water adalah untuk membersihkan makeup di wajah. Sehingga, bahan yang satu ini sangat akrab bahkan hampir semua perempuan memilikinya.

Micellar water juga dapat digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Cara menggunakannya pun terbilang mudah lantaran tidak ada bedanya dengan pengaplikasian pada wajah. Kamu hanya perlu menuang micellar water di kain bersih. Kemudian gosokkan kain tersebut pada sepatu putih terutama di bagian noda yang melekat.

Tak hanya sepatu putih, namun micellar water juga dapat membersihkan berbagai macam sepatu. Di antaranya, sepatu karet, kulit, hingga sepatu bahan suede. Namun sayangnya micellar water tidak dapat digunakan untuk membersihkan noda minya atau tinta secara sempurna.

s